search-button

Sep 10, 2019

2 Cara Mengembalikan Font Bawaan Di Android (🔥UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Mengembalikan font bawaan ke tampilan default dari sistem Android OS sebenarnya sangat mudah. Pentingnya membantu pengguna Android untuk memahami isi, fungsi, fitur, kegunaan, pengaturan yang ada dalam sistem Android salah satunya harus didukung oleh font. Gaya huruf yang mudah dibaca akan mempermudah pengguna Android untuk cepat memahaminya. Semenata itu pada Smartphone dan tablet Android sendiri mereka menggunakan font default mereka yang bernama Roboto. Jenis font ini sudah termasuk dalam framework setiap Android OS yang diproduksi oleh Samsung, Smartfren Andromax, Sony, LG, Advan, Oppo, Lenovo dan beberapa produk lainnya.
Tetapi terkadang para pengguna ingin mengganti gaya huruf yang ada ditablet dan smartphone Android mereka. Dengan alasan untuk merubah tampilan agar lebih keren dan tentu saja dapat memberikan pengalaman baru. Beberapa jenis font saat ini menjadi favorit para pengguna Android tertutama yang memiliki gaya tulisan bersambung. Dan biasanya font jenis ini disukai oleh para wanita untuk dierapkan di Android mereka. Permasalahannya, bagaimana jika kita ingin mengembalikan font bawaan di Android ke bentuk aslinya?
Cara Mengembalikan Font Bawaan Di Tablet dan Smartphone Android

Cara Mengembalikan Font Asli HP Android

Apa yang akan saya jelaskan dan tunjukkan pada tutorial ini ialah untuk mengembalikan font atau gaya huruf bawaan pada Android yang belum di root dan Android yang telah diroot atau dipasang custom ROM.
  1. Mengembalikan Font Bawaan Android Tanpa Root. Cara ini sangatlah mudah, biasanya Tablet yang belum diroot ketika ingin mengganti font adalah dengan menggunakan aplikasi pengubah font (font changer). Dan saya yakin andapun menggunakannya. Untuk mengembalikan font bawaan caranya hapus aplikasi font changer tersebut lalu matikan Smartphone anda kemudian cabut mulai dari baterai, sim card, hingga memori eksternal setelah itu pasangkan dan hidupkan kembali. Dengan cara tersebut seharusnya font anda sudah kembali ke font bawaan Android OS bawaan dari pabrik. Tetapi jika gagal, cara kedua ini akan selalu berhasil yakni dengan cara factory reset.
  2. Mengembalikan Font Bawaan Android Melalui CWM. Cara ini bisa kita lakukan terhadap Tablet atau Smartphone Android yang sudah menggunakan custom ROM. Tentu saja Android tersebut sudah diroot dan font yang anda instal dari aplikasi lain secara otomatis telah menjadi font default pada sistem sehingga memerlukan cara yang lebih advance untuk mengembalikan ke font default roboto. Simak acara berikut ini.
  • Download font roboto terlebih dahulu dari situs Android Developers lalu simpan di SD card. Unduh roboto.
  • Matikan Android anda lalu tekan kombinasi tombol untuk masuk ke ClockworkMod Recovery (CWM Mode).
  • Setelah berada dalam cwm mode, pilih Wipe cache dan Wipe dalvik cache (optional).
  • Selanjutnya pilih menu install zip from SD card, lalu cari dan pilih file font roboto yang baru saja diunduh.
  • Biasanya dengan nama roboto.zip kemudian tekan Yes.
  • Setelah berhasil terpasang, pilih menu reboot system now.
Baca juga :
Kedua cara tersebut akan berhasil untuk mengembalikan font bawaan di Android. Dengan begitu, Smartphone dan Tablet anda akan kembali menampilkan font default yakni roboto.