search-button

Dec 19, 2018

4 Cara Merekam Suara Audio Internal Android Tanpa Root

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Begini cara merekam suara audio internal Android tanpa root. Semakin banyak orang khususnya gamer menggunakan video untuk membantu mereka mengekspresikan ide mereka dan menunjukkan diri. Android OS KitKat akhirnya memungkinkan pengguna Android Smartphone untuk merekam layar pada perangkat mereka, ini tentu sangat bermanfaat untuk merekam aksi permainan para gamer. Tetapi itu hanya untuk rekaman video layar saja, karena merekam audio internal yang jelas dan sempurna bukanlah pekerjaan mudah.


Mungkin kamu berpikir untuk merekam suara internal dengan mikrofon saja tetapi itu hanya akan membuat suara latar belakang juga ikut terekam, mungkin juga kamu berpikir untuk menggunakan cara yang mengharuskan Android kamu untuk diroot. Alih – alih meroot android kamu hanya untuk merekam audio internal, lebih baik kmau coba cara - cara merekam suara audio internal Android tanpa root ini.

Cara Merekam Suara Audio Internal Android Tanpa Root

Cara Merekam Suara Audio Internal Android Tanpa Root


1. Aplikasi Perekaman Layar Android

Dulu, satu-satunya cara untuk merekam audio internal dengan Smartphone Android adalah melalui mikrofon eksternal perangkat. Metode perekaman audio ini memiliki banyak kelemahan, termasuk kualitas audio yang buruk dan menangkap suara latar belakang yang mengganggu. Tapi sekarang perusahaan RSUPPORT telah mengembangkan aplikasi Perekam Layar Mobizen yang dilengkapi dengan semua alat perekaman layar yang penting, juga memungkinkan penggunanya untuk merekam hanya suara yang dihasilkan oleh Smartphone mereka selama perekaman layar.

Kamu dapat mengunduh aplikasi ini secara gratis di Google Play store, tetapi jika kamu memilih untuk memasangnya di ponsel Android, kamu harus mempersenjatai diri dengan kesabaran karena aplikasi ini berisi banyak iklan. Setelah berhasil menginstal Perekam Layar Mobizen di Android, kamu harus meluncurkan aplikasi dan mencari ikon roda gigi / Pengaturan, yang terletak di sudut kanan atas layar. Klik opsi suara, dan sebelum melanjutkan lebih jauh kamu harus memastikan bahwa suara yang akan direkam diaktifkan.

Setelah mengaktifkan fitur suara, kamu akan dapat melihat menu opsi yang menawarkan fitur Eksternal dan Internal. Dengan memilih opsi Internal kamu akan menginstruksikan aplikasi untuk merekam hanya suara yang dihasilkan oleh permainan video yang direkam atau video YouTube yang dimainkan saat perekaman layar sedang berlangsung. Hasil yang akan didapatkan adalah audio yang jernih dalam perekaman layar mu, tetapi aplikasi Mobizen berkinerja baik hanya dengan ponsel Samsung dan LG Android, jadi jika Kamu memiliki perangkat Android dari beberapa pabrikan lain, aplikasi ini mungkin berkinerja tak sebaik itu.

2. Mikrofon dan Perekam Layar AZ

Jika kamu memilih untuk menggunakan cara merekam suara audio internal Android tanpa root ini, pastikan bahwa ruangan di mana rekaman kamu benar-benar sunyi karena mikrofon yang akan kamu gunakan dapat merekam suara eksternal serta audio internal. Kamu dapat mengunduh AZ Screen Recorder dari Google Play secara gratis. Setelah instalasi selesai, luncurkan aplikasi dan klik ikon Pengaturan lalu cari fitur Rekam Audio kemudian aktifkan. Pada titik ini, kamu harus keluar dari aplikasi dan klik pada bubble AZ di sisi layar Smartphone.

Klik ikon Rekam untuk memulai perekaman layar dan lanjutkan untuk melakukan semua tindakan yang ingin kamu lakukan. Audio akan direkam bersamaan dengan video. Ketika telah selesai, geser ke bawah bilah notifikasi dan hentikan sesi perekaman layar. Untuk mengekstrak file audio, kamu harus mentransfer rekaman layar yang kamu buat dengan AZ Screen Recorder ke PC dan mengolahnya dengan software pengeditan video. Kamu mungkin harus membuat beberapa rekaman layar dari layar Smartphone kamu untuk mendapatkan audio yang sempurna karena mikrofon perangkat akan menangkap semua suara yang dapat diambil, baik eksternal maupun internal.

3. Capture Card

Capture card lebih dari sekadar perekam layar karena sebagian besar berfungsi sebagai jembatan antara PC dan perangkat yang layarnya ingin kamu rekam. Profesional sering menggunakan capture card, terlepas dari harganya, itu karena capture card memungkinkan pengguna untuk merekam rekaman layar berkualitas tinggi, membuat streaming langsung dan merekam audio internal dari perangkat apa pun yang terhubung. Sebagian besar capture card dilengkapi dengan software perekaman layar mereka sendiri, jadi proses penyesuaian pengaturan video dan audio tergantung pada capture card yang kamu gunakan.

Jika kamu memiliki Capture Card Elgato kamu dapat memiliki kontrol penuh atas proses perekaman audio dengan menggunakan fitur Elgato Sound Capture. Alat canggih ini akan memungkinkan kamu untuk menggabungkan suara dari berbagai sumber, pilih mikrofon mana yang akan digunakan selama streaming langsung dan sesuaikan volume musik dan suara. Namun, jika kamu ingin menggunakan Elgato, Kamu perlu memastikan bahwa PC Kamu kompatibel dengan capture card ini dan kamu harus menghubungkan Android Kamu dengan perangkat ini.

Menggunakan capture card untuk merekam layar di Smartphone mungkin terlalu mahal karena capture card sering digunakan sebagai bagian dari peralatan game profesional yang digunakan untuk streaming atau merekam permainan dari Xbox atau PS4, tapi peracaya deh its worth.

4. Bandicam dan Nox Emulator

Meskipun ini mungkin bukan cara merekam suara audio internal Android tanpa root termudah, tapi ini mungkin solusi terbaik jika kamu ingin membuat rekaman layar resolusi tinggi dari layar Smartphone kamu dan rekaman audio internal profesional pada saat yang bersamaan. Sebelum kamu dapat memulai sesi rekaman, kamu harus menginstal Bandicam pada PC terlebih dahulu. Software ini dapat digunakan untuk produksi rekaman layar berkualitas tinggi dari desktop dan juga menawarkan opsi perekaman audio yang hebat.
Baca Juga :
10 Cara Mengatasi Tidak Bisa Install Aplikasi Play Store di OPPO
4 Cara Upload Video IGTV Instagram Dengan Mudah
8 Cara Membuat Video Gaming Youtube Yang Menarik

Selain itu, kamu akan membutuhkan emulator Android, yaitu sebuah aplikasi yang mengirim gambar dari layar Android ke layar yang lebih besar dan menghubungkan perangkat Android kamu. Nox App Player memungkinkan untuk menjalankan aplikasi android yang ingin kamu rekam di PC, sementara bandicam dapat digunakan untuk menangkap aktivitas di desktop kamu, serta audio sistem selama perekaman layar. Metode merekam audio internal pada perangkat Android ini paling baik digunakan jika kamu ingin membuat rekaman audio resolusi tinggi yang nantinya dapat diedit dan digunakan dalam potongan akhir rekaman layar yang kamu hasilkan dengan Bandicam dan Nox App Player.


Itulah cara - cara merekam suara audio internal Android tanpa root yang dapat kamu coba. Silahkan pilih cara yang paling mudah untuk kamu, dan jangan lupa untuk menyesuaikan setiap cara dengan tipe Android juga besar RAM yang kamu miliki gengs. Thanks, have a good day !