search-button

Sep 10, 2019

10 Cara Mengatasi “Sayangnya, com.android.phone Telah Berhenti”

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM - Jika kamu salah satu pengguna smartphone yang tiba – tiba melihat pesan kesalahan "Sayangnya proses.com.android.phone telah berhenti" di layar smartphone, kami sarankan untuk tidak panik berlebihan. Karena banyak cara – cara mengatasi “Sayangnya, com.android.phone Telah Berhenti” tersebut. Yups, masalah seperti ini umum terjadi pada smartphone, apalagi smartphone yang mungkin telah mengalami instalasi ROM baru atau pembaruan firmware.


Pesan kesalahan ini juga bisa dipicu oleh masalah aplikasi telepon atau SIM toolkit. Jadi, jika kamu terus-menerus mendapatkan pesan kesalahan "Sayangnya proses.com.android.phone telah berhenti", tinggal perbaiki saja dengan cara – cara mengatasi “sayangnya, com.android.phone telah berhenti” berikut ini.

cara mengatasi sayangnya com.android.phone telah berhenti

Cara Mengatasi “Sayangnya, com.android.phone Telah Berhenti”


1. Reboot

Ini merupakan cara umum untuk mengatasi berbagai gangguan ringan pada smartphone. Jika pesan kesalahan ini muncul untuk pertama kalinya, kamu dapat mencoba me-reboot perangkat Android kamu, dan periksalah apakah kesalahan ini masih terjadi. Jika masalah tetap ada setelahnya, lanjutkan ke cara mengatasi “Sayangnya, com.android.phone Telah Berhenti” berikutnya.

2. Gunakan Pesan Kurang Dari 5

Kamu dapat mencoba solusi ini jika pesan error “Sayangnya Proses com.android.phone telah Berhenti” saat menerima panggilan. Cara untuk menolak panggilan dengan SMS tersebut seperti ini, Pengaturan > Pengaturan Umum > Tolak Dengan Pesan. Untuk kamu yang menggunakan Android KitKat atau Lollipop tinggal Pengaturan > Pengaturan Umum > Respons Cepat.

Sekarang periksa jumlah pesan default dalam daftar, jika jumlah pesan default lebih dari 5, hapuslah beberapa pesan, sehingga jumlah pesan default harus kurang dari 5. Setelah kamu menghapus pesan default, matikan ponsel dan hidupkan kembali, beres.

3. Hapus Cache dan Data Aplikasi Telepon

Untuk mengakses cara mengatasi “Sayangnya, com.android.phone Telah Berhenti” ini, buka Pengaturan kemudian pilih Aplikasi, ketuk tab Semua sehingga semua aplikasi perangkat akan ditampilkan dalam kolom. Gulir ke bawah hingga kamu melihat opsi "Telepon" atau opsi yang serupa dengannya, ketuk opsi tersebut diikuti dengan memilih opsi "Hapus Cache".

4. Hentikan Pembaruan Otomatis

Menurut survei, menghentikan pembaruan otomatis dapat membantu memperbaiki “sayangnya, proses com.android.phone telah berhenti” pada beberapa tipe android. Untuk melakukannya dari layar beranda ketuk Play Store > kilk ikon Menu > klik Pengaturan > Perbarui otomatis aplikasi > pilih Jangan perbarui aplikasi secara otomatis.

5. Hapus Cache dan Data dari Toolkit SIM


Cara Mengatasi Sayangnya, com.android.phone Telah Berhenti

Ulangi langkah-langkah yang ditunjukkan di cara mengatasi “sayangnya, com.android.phone telah berhenti” nomor 3. Tetapi kali ini, pilih Toolkit SIM dari daftar aplikasi di bawah tab Semua lalu lanjutkan persis seperti langkah – langkah nomor 3.

6. Nonaktifkan Tanggal dan Waktu Otomatis

Perubahan pengaturan sederhana ini dapat membantu kamu mengatasi munculnya pesan kesalahan untuk selamanya. Untuk mengubahnya, silahkan buka Pengaturan dari layar awal, lalu ketuk Tanggal & Waktu. Jika "Automatic Date & Time" opsi dicentang, hapus centang-nya.

7. Pengaturan APN Baru

Jika kamu mendapatkan pesan “Sayangnya, com.android.phone telah berhenti” setiap kali kamu mencoba untuk menghubungkan smartphone Android kamu ke 3G atau 4G, maka kamu harus mencoba cara mengatasi “Sayangnya, com.android.phone Telah Berhenti” ini dengan me-rooting perangkat kamu. Setelah rooting perangkat, aturlah setting APN baru untuk android kamu.

8. Gunakan Pemulihan Kustom

Beberapa pengguna Android memecahkan pesan kesalahan "Sayangnya, com.android.phone telah berhenti" pada Android mereka dengan menggunakan pemulihan kustom. Silahkan unduh dan instal pemulihan kustom, yang dapat ditemukan di situs - situs web. Dengan pengelola ini, kamu dapat menghapus cache atau folder sementara "Telepon" serta aplikasi perangkat SIM.

9. Bersihkan Partisi Cache

Banyak juga pengguna menghapus partisi cache ponsel mereka sebagai cara mengatasi "Sayangnya, com.android.phone telah berhenti". Pada dasarnya setiap ponsel menciptakan file temporer kecil (cache) yang dapat membuat aplikasi dapat berjalan dengan lebih cepat. Terkadang, ketika cache rusak dan sistem terus menggunakannya, masalah seperti "Sayangnya, proses com.android.phone telah berhenti" dapat terjadi. Di sini, kamu perlu menghapus seluruh direktori tempat mereka disimpan.

Berikut adalah langkah-langkahnya Matikan telepon > Tekan lalu tahan tombol Home dan Volume Up, lalu tekan dan tahan tombol Daya > Lepaskan tombol Daya tetapi terus tahan tombol Home dan Volume Naik ketika logo muncul di layar > Lepaskan kedua tombol tunggu sampai logo OS muncul > pilih Hapus Partisi Cache > Bersihkan Partisi Cache > Ya > setelah selesai, pilih Reboot system now.

10. Lakukan Pengaturan Ulang Pabrik


Cara Mengatasi Sayangnya, com.android.phone Telah Berhenti

Baca Juga :
2 Aplikasi Root Android Tanpa PC Terbaik
7 Cara Mengatasi Android Instal Aplikasi Sendiri (UPDATED)
3 Cara Mudah Mengatasi Bootloop Di Android

Sebagai upaya terakhir, cadangankan terlebih dahulu data pada ponsel kamu sebelum melakukan cara ini. Setelah itu matikan perangkat kamu selanjutnya, tahan tombol Volume Naik dan Daya sampai telepon bergetar. Setelah bergetar, lepaskan tombol Daya begitu kamu melihat logo Android, lepaskan. Dari sana, buat cadangan dan lakukan Penyetelan Ulang Pabrik.


Semoga cara - cara mengatasi “Sayangnya, com.android.phone Telah Berhenti” ini dapat membantu kamu memecahkan kesalahan "Sayangnya proses com.android.phone telah berhenti". Jika ada cara diatas yang berhasil, tak ada salahnya untuk berbagi informasi dengan teman – teman kamu yang mungkin mengalami masalah yang sama. Sekian dan selamat mencoba !