search-button

Sep 10, 2019

2 Cara Menghapus Akun Google Android Tanpa Factory Reset

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Menghapus akun gmail dan play store di smartphone Android pernah saya tunjukkan pada posting mengganti akun google. Dimana anda hanya punya pilihan untuk melakukannya dengan fitur factory reset. Kenapa demikian? yang jelas proses tersebut sangat mudah namun memang anda harus berhati-hati sebelum melakukannya karena andapun diharuskan untuk melakukan backup agar nantinya tidak ada data dan file pribadi yang hilang dan terhapus.
Pada tutorial kali ini, saya akan mencoba menunjukkan trik terutama untuk smartphone dan tablet yang telah diroot. Karena bagaimanapun caranya, anda tidak akan bisa menghapus akun utama google atau biasa disebut dengan primary account di hp yang belum di root tanpa melakukan factory reset.

Menghapus Gmail Android dari Google Account Manager.

Trik ini terbilang sangat mudah yang bisa dilakukan pada Android yang telah di root dan masih terpasang Google Play Sevice. Caranya tap Setting » Apps » All » cari lalu tap aplikasi Google Account Manager kemudian tap Clear Data.
hapus akun google android tanpa factory reset

Menghapus akun Google di Android dengan remove Account.db

Cara ini merupakan trik yang paling ampuh, dan sangat mudah dilakukan. Buka aplikasi root explorer lalu masuk ke Phone Root. Perhatikan navigasinya seperti ini Root/data/system/ cari lalu hapus file accounts.db.
remove google android tanpa pengaturan pabrik
Jika salah satu dari dua cara diatas telah dilakukan untuk menghapus akun Gmail, Play Store dan semua google service di Tablet dan Smartphone Android, selanjutnya restart Android tersebut lalu buat atau masukkan akun baru dengan cara tap Setting » Account and Sync » Add Account. Semoga membantu.