search-button

Jul 2, 2014

Android Wear dan Kelebihannya

   
Advertisements
Advertisements
Semakin majunya dunia teknologi dan terus dikembangkannya sistem operasi Android menjadikan manusia akan semakin terbantu menjalani kegiatan dan rutinitas kesehariannya. Mulai dari komputer, smartphone hingga tablet adalah beberapa perangkat yang sudah terbukti dapat bermanfaat baik untuk keperluan bisinis atau penggunaan secara pribadi. Tak terbatas pula para pengguna hingga dari mulai balita, remaja, pelajar hingga orang dewasa benar-benar membutuhkan perangkat dengan sistem operasi yang hebat seperti Android.

Terlepas dari bebrapa perangkat di atas, disisi lain beberapa produsen ternama seperti Samsung, LG dan Motorolla telah mengembangkan perangkat pintar lain  yang dinamakan Smartwatch. Tentu dikalangan para pecinta teknologi jam pintar sudah tidak asing lagi atau bahkan anda sudah membeli dan menggunakannya. Pertanyaannya, apakah anda sudah tahu tentang Android Wear?

Android Wear dan Smartwatch
image source : http://www.android.com/wear/check

Apa itu Android Wear? Android Wear adalah sebuah versi dari sistem operasi Google Android yang diranjang dan dikembangkan untuk jam pintar atau Smartwatch atau perangkat lain yang bisa dipakai. Android Wear sendiri telah dirilis oleh Google secara resmi pada tanggal 18 juni di konferensi tahunan I/O 2014 yang secara bersamaan Google juga telah mengumumkan sistem operasi Android versi baru yaitu Android 5.0 L (Lollipop).

Untuk dapat menikmati dan merasakan fitur atau manfaat dari Android Wear tentunya anda harus memiliki Smartwatch yang di pasangkan dengan Smartphone yang anda gunakan. Tidak semua hp pintar dapat di integrasikan dengan jam pintar menggunakan Android Wear ini karena minimal versi Android yang anda gunakan harus versi Android 4.3 ke atas.  Bagaimana cara mengetahui smartphone anda bisa di integrasikan dengan smartwatch menggunakan Android Wear? Cukup mudah anda hanya perlu memeriksanya di http://g.co/WearCheck menggunakan smartphone yang saat ini anda gunakan untuk mengetahui apakah cocok tidaknya sistem operasi Android Anda saat ini. Jika tidak cocock, sudah tentu anda harus melakukan upgrade ke versi Android 4.3.

Apa kelebihan Android Wear? Android Wear dapat diintegrasikan dan di cocokkan antara Smartwatch dan Smartphone yang anda gunakan. Sebagai contoh Samsung telah merilis beberapa type dari Smartwatch yang telah diproduksinya namun sayangnya hal ini hanya bisa dicocokkan dengan sedikit type dari produk smartphone samsung itu sendiri. Namun dengan adanya Android Wear, apapun type dari Smartwatch yang akan anda beli atau yang saat ini anda gunakan selagi produsen tersebut telah bekerja sama dengan Google seperti LG, Motorolla dan Samsung maka anda bisa mencocokkannya.