search-button

Mar 23, 2018

Cara Memperbaiki Power Bank Xiaomi yang Rusak

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comCara Memperbaiki Power Bank Xiaomi yang Rusak. Orang-orang dewasa ini memang cenderung sukar untuk berpisah dengan smartphone, hal ini dikarenakan smartphone begitu dibutuhkan dalam segala hal. Untungnya sudah ada power bank yang memungkinkan para pengguna untuk melakukan proses charging walaupun sedang berada di luar ruangan, agar pengguna tetap dapat membawa dan menggunakan smartphone dengan leluasa sembari melakukan pengisian baterai.

Saat inipun sudah banyak beredar berbagai macam merk power bank, salah satunya yang banyak menjadi pilihan adalah merk asal China yaitu Xiaomi. Walaupun power bank menawarkan banyak keuntungan tetapi tidak jarang power bank mengalami kerusakan yang membuat fungsionalitasnya berkurang, untuk itu pada artikel ini akan sedikit dibahas mengenai cara memperbaiki power bank Xiaomi yang rusak.

Cara Memperbaiki Power Bank Xiaomi yang Rusak

Cara Memperbaiki Power Bank Xiaomi

Perlu diketahui sebelumnya bila kerusakan yang dapat diperbaiki secara mandiri oleh orang awam adalah kerusakan yang tergolong ringan. Sebab bila kerusakan sudah tergolong berat lebih baik diserahkan kepada orang yang sudah ahli agar dapat dilakukan tindakan lebih tepat karena tentu peralatan yang dibutuhkan juga semakin kompleks.

Nah pada artikel ini akan diberikan penjelasan tentang perbaikan power bank dengan kerusakan yang masih tergolong ringan, cara memperbaiki power bank Xiaomi di bawah ini dapat dilakukan sendiri di rumah karena alat yang dibutuhkan hanyalah obeng standar.

Masalah yang mungkin ditemui dan menjadi keluhan umum pada power bank Xiaomi adalah proses charging yang tidak stabil. Maksudnya adalah ketika power bank dihubungkan ke HP, power bank tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya kadang masuk kadang tidak atau terkadang tidak masuk sama sekali padahal power bank dapat dicas.

Jika hal ini dibiarkan terus menerus justru akan merusak HP jadi lebih baik bila sudah terjadi hal ini langsung saja perbaiki power bank Xiaomi anda dan jangan gunakan power bank tersebut untuk sementara waktu. Cara memperbaikinya sebagai berikut:

1. Buka bodi power bank, biasanya hal ini terjadi karena salah satu kabel penghubung ada yang putus jadi mau tidak mau harus membuka casing power bank. Casing power bank dapat dibuka dengan terlebih dahulu membuka salah satu ujungnya yang terdapat port USB dan dilanjutkan dengan sisi satunya.

2. Ketika kedua tutup sudah terbuka maka akan terlihat di salah satu sisi yang dapat dibuka dengan cara melepas dua baut di ujung-ujungnya.

3. Setelah baut terlepas secara otomatis komponen power bank sudah dapat dikeluarkan, angkat pelan-pelan komponen tersebut.

4. Selanjutnya amati baik-baik komponen tersebut, carilah sesuatu yang mengganjal dan tidak semestinya yang memicu slewahnya kerja power bank. Biasanya berupa terputusnya salah satu kawat penghubung.

5. Bila sudah menemukan titik yang harus diperbaiki maka tinggal dieksekusi, caranya sambungkan kembali kawat yang putus tersebut dengan soldier. Tetapi bila tidak memiliki soldier bisa diakali dengan menggunakan potongan hansaplast dengan cara merekatkannya pada lokasi dimana seharusnya kawat tersambung.

6. Lakukan percobaan dengan menghubungkan kabel data, bila sudah terindikasi masuk (lampu hidup) maka proses perbaika tersebut berhasil, pasang kembali casing power bank seperti sedia kala.

Nah itulah sedikit tips yang bisa dilakukan sebagai cara memperbaiki power bank Xiaomi yang rusak, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan membantu anda.
Baca Juga: