search-button

Aug 30, 2017

4 Tips Membuat Konsep Vlog Untuk Pemula Agar Sukses

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com4 Tips Membuat Konsep Vlog Untuk Pemula Sebagai Perhatian Utama Dalam Video Blogging. Apakah kamu tertarik untuk memulai video blogging? Tentunya, kegiatan ini sangat menarik perhatian kamu. Disamping menjadi media kita mengekspresikan diri, video blogging juga dapat menghasilkan uang.

Sebagai pemula dan bahkan jika kamu hanyalah orang biasa, penting adanya untuk kamu membuat konsep terlebih dahulu. Sebetulnya ada banyak hal yang perlu dipikirkan dan dilakukan dalam membuat konsep vlog untuk pemula. Akan tetapi, ada paling tidak 4 hal yang menjadi perhatian utama dalam pembuatan konsep.
Cara Membuat Konsep Vlog

Cara Membuat Konsep Vlog Untuk Pemula

1. Mencari Inspirasi, Ide Cerita, atau Ilustrasi

Hal pertama yang perlu kamu pikirkah adalah mencari inspirasi dalam pembuatan cerita. Bisa dikatakan kamu memerlukan ide cerita atau ilustrasi untuk video yang akan kamu buat. Tanpa dimulai dari inspirasi ini, kamu tidak akan mendapat arah yang jelas dalam membuat video untuk vblog kamu.

Mencari inspirasi adalah hal pertama yang tidak bisa dilompati dan kamu tidak akan dapat memulai video blogging tanpanya. Konsep video blogging untuk pemula tidak bisa dibuat tanpa rencana yang jelas dari awal. Inspirasi bisa apa saja yang menarik perhatian kamu ataupun hobi kamu selama ini.

2. Memikirkan Tema dari Ide Cerita Pilihan

Setelah kamu mendapatkan ide cerita untuk video kamu, yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah memikirkan tema ceritanya. Tema merupakan gambaran cerita. Jika kamu memilih traveling sebagai ide cerita kamu, bisa memilih wisata kuliner sebagai tema ceritanya.

Membuat konsep vlog untuk pemula perlu dilakukan secara urut seperti ini agar terarah dengan benar. Pastikan tema yang kamu pilih merupakan tema bagus yang dapat menarik banyak viewer dan subscriber. Bisa dikatakan tema menjadi kunci penting dalam kepopuleran video blog kamu dan kesuksesan yang dihasilkannya.
Baca juga:

3. Membuat Alur Cerita Secara Rapi dan Detail

Selayaknya membuat cerita utuh untuk diceritakan pada orang lain, cerita tersebut perlu memiliki alur yang rapi dan detail sehingga saling berhubungan hingga cerita berakhir. Oleh karena itulah, perlu adanya untuk kamu membuat alur secara tertulis terlebih dahulu atau membuat skenario vlog.

Ada banyak sumber contoh naskah vlog yang bisa kamu tiru namun harus membedakan dengan niche atau tema vlog kamu. Tentukan bagaimana pembukaannya, isi pentingnya, kesimpulannya, penutupnya, bahkan pesan-pesan pentingnya. Alur cerita untuk konsep video blogging yang dipikirkan sejak awal seperti ini akan mempermudah kamu dalam melakukan perekaman di lapangan dan pengeditan nantinya. Pastikan alurnya berhubungan agar kata-kata untuk membuat vlog semakin menarik.

4. Melakukan Survei Tempat Perekaman

Sebelum kamu melakukan perekaman, kamu perlu melakukan survey tempat terlebih dahulu. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, seperti pencahayaan, objeknya, posisi perekamannya, dll. kamu tidak akan mengetahui ini hanya dengan memikirkannya saja.

Melakukan survey seperti ini akan membantu kamu menganalisa dalam membuat konsep vlog untuk pemula. Akan tetapi, jika video kamu adalah untuk berkunjung ke suatu tempat, survei tidak perlu dilakukan agar kamu dapat lebih terbawa suasana dan rekaman lebih menarik.

Itulah beberapa rekomendasi membuat konsep vlog bagi para pemula agar nanti projek video berjalan dengan lancar dan sukse. Happy vlogging.
Baca juga: