search-button

Sep 10, 2019

10 Cara Menghemat Baterai Sony Xperia Paling Ampuh

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Inilah 10 cara ampuh menghemat baterai sony xperia android agar awet dan tidak boros. Saat ini banyak smartphone yang memiliki kapasitas baterai tinggi. Termasuk smartphone sony xperia. Tapi walaupun begitu, tidak bisa menjamin bahwa baterai bisa tahan lama. Apalagi jika internet selalu aktif dan dipakai selama 24 jam. Hal ini akan membuat daya baterai akan cepat habis. Ketika daya baterai begitu boros, pasti akan sangat menyebalkan.

Salah satu cara mengatasi baterai sony yang cepat habis adalah dengan sering mengisi daya. Jika diluar rumah harus membawa powerbank kemanapun. Lalu apakah ada trik lain untuk mengatasinya?

Cara Menghemat Baterai Sony Xperia

1. Matikan GPS

Salah satu alasan paling umum baterai sony xperia cepat habis adalah karena fitur GPS yang selalu aktif. Jangan terlalu sering mengaktifkan GPS. Apalagi jika tidak digunakan. GPS hanya digunakan untuk maps atau hal yang penting saja. Jika Anda tidak sedang butuh menemukan posisi, tak perlu aktifkan GPS. Ketika GPS aktif, dia akan mencari sinyal secara terus menerus dan membuat jaringan internet semakin meningkat. Sehingga daya baterai akan cepat habis. Pada pengaturan, pilih GPS dan nonaktifkan.

2. Fitur Penghemat Baterai

Sony xperia sudah dilengkapi fitur penghemat baterai bawaan sony. Jadi Anda tak perlu mendownload aplikasi penghemat baterai lagi. Aktifkan mode penghemat baterai, sehingga penggunaan daya akan lebih hemat. Misalnya akan langsung menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan. Sehingga tidak menguras daya baterai.

3. Nonaktifkan Semua Koneksi

Tidak selamanya Anda harus terhubung dengan koneksi internet. Salah satu cara menghemat baterai sony ini bisa dilkaukan dengan mudah. Jika Anda dalam perjalanan dan tidak sempat membuka smartphone lebih baik matikan jaringan internet.

Misalnya ketika ada koneksi wifi, lebih baik hubungkan dengan wifi dibandingkan koneksi data. Jika sudah tidak terhubung dengan koneksi wifi langsung matikan koneksi wiifinya. Jika wifi masih aktif, wifi akan terus mencari jaringan dan menguras daya baterai. Selain itu koneksi bluetooth, nfc dan lainnya juga harus dimatikan jika tidak dibutuhkan.
Baca juga:

4. Pengaturan Mode Sleep

Mode sleep digunakan untuk mengatur layar handphone kapan untuk terkunci. Ketika mode sleep diatur terlalu lama, maka akan menghabiskan daya baterai yang sangat besar. Cukup atur mode sleep maksimal 1 menit saja. Jadi setelah satu menit, layar akan gelap dan terkunci. Jadi penggunaan cahaya smartphone akan lebih irit. Apalagi jika Anda jarang pegang handphone terus menerus.

5. Mengatur Tingkat Kecerahan

Cara menghemat baterai sony xperia android selanjutnya adalah mengatur tingkat kecerahan. Ternyata kecerahan layar handphone sangat mempengaruhi daya beterai Anda. Semakin tinggi tingkat kecerahan layar, akan semakin banyak memakan daya baterai. Oleh karena itu atur tingkat kecerahan layar pada level paling rendah. Kecuali jika Anda berada di luar ruangan dengan pencahayaan yang tinggi. Jika layar terlalu terang, bisa mengganggu penglihatan mata Anda.

6. Jangan Aktifkan Mode Getar

Supaya ketika ada telepon atau pesan masuk lebih terasa, banyak orang yang mengaktifkan mode getar. Padahal mengaktifkan mode getar bisa membuat baterai semakin boros loh. Fitur getar membuat kinerja smartphone semakin tinggi sehingga daya baterai pun semakin boros. Lebih baik gunakan fitur dering saja tanpa getar. Nonaktifkan fitur ini juga termasuk fitur getar yang ada pada keyboard.

7. Volume Terlalu Keras

Salah satu penyebab sony xperia cepat panas dan habis adalah dari pengaturan suara. Ketika kita mengatur volume handphone terlalu keras membuat speaker bekerja lebih keras. Akhirnya berpengaruh pada penggunaan baterai. Oleh karena itu Anda tak perlu menggunakan volume yang terlalu keras. Cukup gunakan 50% volume suara. Ini juga cukup untuk menghemat baterai Anda. Jika dipaksa, selain membuat baterai cepat habis juga membuat speaker Anda cepat rusak.
Baca juga:

8. Jangan Terlalu Sering Untuk Streaming

Kemudahan jaringan internet, membuat banyak orang suka melakukan streaming di smartphone. Streaming bisa menguras daya baterai sony cepat habis. Bahkan bisa boros sampai 50%. Oleh karena itu jangan terlalu sering streaming. Pada saat streaming, kecerahan layar tidak pernah mati.

Selain membuat baterai cepat habis, juga membuat ram bekerja lebih keras dan akhirnya handphone Anda cepat panas. Apalagi jika Anda streaming sambil mengisi baterai. Ini sangat dilarang bisa membuat handphone meledak.

9. Matikan Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Salah satu cara menghemat baterai sony xperia adalah dengan selalu memonitor aplikasi yang sedang tidak digunakan. Pada saat kita membuka aplikasi, lalu menekan tombol home. Aplikasi tersebut belum benar-benar tertutup. Aplikasi masih berjalan dan memakan ram Anda. Ketika masih berjalan tentunya bisa menghabiskan daya baterai. Apalagi jika Anda membuka aplikasi dalam jumlah banyak.

Untuk menutup aplikasi, pencet tombol home sampai muncul recent aplikasi dan keluarkan. Selain itu uninstal semua aplikasi yang jarang Anda gunakan. Jangan bebankan handphone Anda dengan aplikasi yang terlalu berat.

10. Gunakan Jaringan 2G

Jangan gunakan kedua sim card Anda untuk jaringan 3G atau 4G semua. Ini akan membuat baterai spny xperia cepat habis dan boros. Lebih baik hanya salah satu saja yang digunakan untuk jaringan 3G atau 4G. Untuk sim card yang satunya, gunakan jaringan 2G saja. Ini bisa menghemat baterai Anda sampai 50%. Ketika dua sim menggunakan jaringan yang sama, membuat kedua sim harus bekerja dengan lebih ekstra.

Sebenarnya masih banyak sekali cara untuk menghemat baterai hp sony experia ini ya. Misalnya dengan memakai walpaper yang gelap, jangan gunakan tema yang terlalu collorfull dan banyak widget, matikan sinkronisasi dan masih banyak lainnya. Perawatan handphone sangat berpengaruh dengan pengunanya.

Jika Anda bisa merawat dengan baik, tentunya handphone juga akan semakin awet.pada saat mengisi daya, lebih baik handphone dimatikan. Jangan lupa untuk mengaktifkan mode mati dan nyala sendiri. Sekian artikel tentang cara menghemat baterai sony xperia android. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat.