search-button

Sep 10, 2019

10 Cara Mengatasi Baterai di Charge Malah Berkurang Tidak Bisa Penuh

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Jika Anda mengalami masalah saat sedang mengisi daya seperti baterai hp dicas tidak penuh, tentu hal ini akan memakan banyak waktu karena kita harus menunggu lama. Bukannya jadi full yang ada malah batre berkurang saat dicas. Disisi lain, Anda pun akan beraktivitas tetapi perlu membawa smartphone. Yap, ini ada pilhan yang sulit. Antara menunggu sambil bengong atau memilih pergi meninggalkan smartphone yang dicas tapi malah berkurang.

Memang benar, Anda bisa membeli powerbank dan hanya perlu diselipkan saja kedalam tas semuanya jadi beres. Tetapi jika baterai tidak bertambah saat di charge ini dibiarkan saja, pemasalahannya tidak akan terselelsaikan. Powerbank hanyalah sebuah alternatif saja, bukan sebagai sebuah solusi untuk mengatasi baterai hp dicas tapi tidak bisa penuh. Lalu hal apa yang dapat menyebabkan hal ini terjadi?
Baterai Android Dicas Malah Berkurang

Penyebab HP Dicas Tidak Bisa Penuh

Sebagai pengguna, kita mengetahui jika bateria smartphone yang sudah penuh adalah dengan memeriksa indikator baterai sampai 100%. Penyebab baterai berkurang saat di charge bisa diakibatan oleh beberap alasan misalnya port USB di hp retak, charger yang tidak sesuai, sumber listrik yang bukan tempatnya hingga indikator baterai android error.

Cara Mengatasi Baterai HP Android yang Tidak Bisa Penuh

Untuk memperbaiki baterai yang tidak terisi saat dicas, Anda bisa menerapkan beberapa solusi yang biasa saya lakukan seperti dibawah ini.

1. Pastikan Anda Menghubungkan USB Port Dengan Benar.
USB port yang ada di smartphone bisa rusak atau patah akibat tidak berhati-hati saat menghubungkannya. Jangan sampai bengkok, yang lurus ya.
2. Charger yang Tidak Sesuai.
Jangan asal ngecas hp, charger itu ada ukuran dayanya. Misalnya smartphone Anda adalah Samsung Galaxy S7 tapi di charging menggunakan charger Smartfren Andromax. Selain tidak sesuai hal ini juga memungkinkan baterai smartphone akan cepat rusak. Jadi gunakan aksesoris asli saja.
3. Ganti Kebel USB.
Sudah sering saya mengalami masalah yang diakibatkan oleh kabel USB yang bocor atau putus dari dalam. Hal ini diakibatkan sering menggulungkan kabel ke kepala charger dengan sangat kuat hingga susah untuk diluruskan kembali.
4. Ganti Baterai Smartphone.
Salah satu penyebab baterai tidak terisi saat dicas atau malah berkurang adalah karena rusaknya pada baterai itu sendiri. Coba Anda lihat apakah baterai tersebut menggembung atau mengempis?
5. Charging Dari Sumber yang Benar.
Nah ini salah satu kebiasaan yang sering dilakukan meskipun sedang tidak dalam mode darurat adalah ngecas dari laptop. Jangan heran kenapa baterai android tidak bisa full karena sumbernya sendiri asal saja.
Baca juga:
6. Custom ROM Tidak Cocok.
Bagi yang suka mengkostumisasi smartphone Android dengan custom ROM, kejadian ini sudah biasa. Indikator pada baterai terkadang jadi error dengan menampilkan daya 100% padahal hanya bertahan 15 menit saja. Untuk itu, kembalikan lagi ke ROM asli adtau bawaan.
7. Update atau Downgrade Android OS.
Pembaruan sistem yang diberikan biasanya akan memperbaiki bugs namun tidak menutup kemungkinan juga malah akan menimbulkan bugs baru yang menimpa baterai smartphone. Jika baterai hp dicas tidak bisa penuh setelah di update, lakukan downgrade dan sebaliknya.
8. Lihat Kecepatan Charger Sebelum Diganti.
Cara Mengatasi Baterai HP Tidak Bisa Penuh

Aplikasi Ampere dapat memperlihatkan kepada kita performa charger saat mengisi daya. Download aplikasinya di Play store kemudian cas smartphona Anda. Nantinya aplikasi ini akan menampilkan statistik dari charger tersebut.
9. Matikan dan Reboot.
Salah satu solusi mengatasi baterai hp yang tidak bisa penuh adlah dengan memuatnya ulang saat reboot. Matikan smartphone Anda kemudian cabut baterai, kartu SIM dan MicroSD. Diamkan selama beberap detik kemudian pasang dan hidupkan kembali.
10. Factory Reset.
Banyak pengguna yang lebih sering menuduh masalah ini diakibatkan oleh baterai yang sudah drop atau charger yang sudah rusak. Padahal Anda pun harus melihat masalah ini dari sisi lain, bisa saja indikator baterai error dan membohongi Anda. Salah satu cara untu memperbaiki error adalah dengan melakukan factory reset.

Itulah beberapa cara mengatasi baterai di charge malah berkurang dan tidak bisa penuh. Jika Anda mempunyai solusi lain, silahkan masukkan dihalaman komentar.
Baca juga: