search-button

Sep 10, 2019

10 Cara Menghemat Baterai HP ADVAN Agar Awet dan Tahan Lama (🔥UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Inilah tips paling jitu cara menghemat baterai hp advan agar tidak boros dan tahan lama. Smartphone advan, kini memang tengah menjadi incaran para pengguna Android. Selain dikenal memiliki harga yang bersahabat, advan juga menyediakan beragam fitur dan kelebihan yang membuat masyarakat terpikat.

Sayangnya kendala yang paling sering dijumpai para pengguna android adalah baterainya yang boros. Banyak yang mencoba mengakalinya dengan aplikasi baterai tahan lama, tapi tak cukup banyak membantu karena penghematan baterai hanya beberapa persen saja. Bagi para pengguna advan, jangan khawatir karena ada beberapa tips untuk menghemat baterai HP advan berikut ini.

Cara Menghemat Baterai Advan

Cara Menghemat Baterai hp Advan

1. Pemilihan Wallpaper

Ponsel Advan keluaran terbaru, banyak menggunakan layar berjenis AMOLED. Dan ternyata pemilihan wallpaper pada layar jenis ini amat mempengaruhi penggunaan baterai. Layar amoled terdiri dari bahan organik yang akan menghasilkan cahaya ketika ada aliran arus listrik dan akan menerangi bagian yang berwarna saja. Bila memilih walpaper hitam, daya penerangan layar akan lebih sedikit dan baterai menjadi hemat.

2. Mengatur Kecerahan Layar

Mengatur kecerahan layar adalah salah satu cara ampuh menghemat batre advan dan mudah untuk di praktekkan. Lebih baik jangan mengaturnya secara otomatis, karena fitur auto brightness cenderung memberikan cahaya yang lebih terang dari yang dibutuhkan. Akan lebih baik bila kita mengaturnya secara manual dan lebih memilih kecerahan yang paling rendah. Kalian pastinya telah memahami bahwa semakin cerah maka daya yang diperlukan akan semakin banyak, baterai advan-pun menjadi boros.

3. Pemilihan Aplikasi

Cara menghemat baterai hp advan selanjutnya adalah selektif dalam memilih aplikasi. Memiliki banyak aplikasi memang mempermudah dalam berbagai hal dan menyenangkan. Terlebih lagi advan dengan layar lebar yang nyaman untuk bermain game. Akan tetapi perlu diperhatikan bahwa memiliki banyak aplikasi seperti game HD, berbagai media sosial layaknya Facebook, LINE, Whatsapp, Kakaotalk, BBM, editor foto dan berbagai aplikasi lainnya dapat menghisap baterai lebih banyak.
Terlebih lagi bila semua aplikasi ini dalam keadaan on/hidup, maka akan membuat baterai advan boros. Lebih baik menggunakan aplikasi yang penting dan diperlukan saja, atau kalian dapat mematikan aplikasi setelah tidak dipakai kembali. 
Baca juga:

4. Membersihkan File Sampah

Berbicara masalah aplikasi, setiap penggunaannya pasti akan menghasilkan file sampah pada ponsel mereka atau biasa disebut dengan cache. Ternyata file sampah ini juga menjadi pemicu baterai android advan menjadi cepat habis. Salah satu cara atasi boros baterai advan yakni kita harus rajin membersihkan file sampah seperti history browsing, cache, serbaneka atau file sampah yang tidak berguna lainnya. Membersihkan file sampah paling tidak satu minggu sekali menjadi cara membuat baterai android awet.

5. Pengaturan Mode Senyap

Kegunaan smartphone memang lebih banyak dibandingkan ponsel jaman dahulu yang hanya bisa telephone dan sms saja. Sehingga tak jarang smartphone kalian berdering terus menerus karena banyaknya notifikasi atau pemberitahuan. Entah itu notifikasi dari BBM, LINE, Whatsapp, Facebook, atau yang lainnya.
Bunyi dering dan getar tersebut menjadi salah satu alasan kenapa baterai advan boros. Sebenarnya semua merk smartphone ya. Salah satu cara menghemat baterai android advan lebih baik kita mengaturnya pada mode senyap untuk setiap notifikasi, tanpa dering dan getar. Dering maupun getar lebih baik dipergunakan untuk pemberitahuan telephone atau sms saja.

6. Pemberitahuan Kunci Layar

Cara jitu menghemat baterai android tanpa aplikasi yakni menggunakan pemberitahuan layar kunci. Pastinya kita tidak ingin menghabiskan baterai android hanya untuk melihat notifikasi yang tidak penting bukan? Berbekal fitur tersebut sudah pasti kita dapat memantau pemberitahuan yang masuk dengan mudah tanpa membuka kunci layar dan tidak boros baterai.
Bagi para pengguna advan dengan sistem android Lollipop dapat menikmatinya secara mudah, tapi untuk anda pengguna advan dengan sistem operasi android KitKat atau lebih tua dapat menggunakan widget layar kunci yang tersedia di Play Store.

7. Pengaturan Mode Sleep 

Membicarakan masalah layar kunci atau sleep display ternyata pengaturannya juga mempengaruhi baterai advan android. Layar menjadi media penghisap baterai terbesar di android, sehingga semakin lama layar hidup maka akan semakin banyak baterai yang dihisap. Oleh sebab itu tips menghemat baterai android adalah kita harus mengatur sleep display atau waktu tidur android.
Dalam pengaturan, umumnya waktu tidur Android tersaji dalam banyak pilihan, mulai dari yang paling lama 30 menit dan yang tercepat 15 detik. Semua dapat dipilih sesuai selera dan keinginan kalian, tapi sedikit saran ya, cara menghemat baterai hp advan sebaiknya memilih jangka waktu sleep display tercepat seperti 15 detik. Semakin cepat android tidur maka semakin hemat baterai yang digunakan.
Baca juga:

8. Kurangi Widget

Widget memang mempercepat kita mengakses berbagai hal terutama yang berhubungan dengan internet. Namun perlu diketahui bahwa widget seperti ini akan menguras baterai android advan nantinya. Terlebih lagi widget di layar home yang terus tersinkronisasi dan memperbarui pemberitahuan secara berkala seperti cuaca, Gmail, media sosial dan banyak lagi. Solusi untuk mengatasi baterai advan agar tahan lama hanyalah mengurangi widget tersebut dan memilih yang penting saja menurut kalian.

9. Aktifkan Mode Hemat Baterai

Cara menghemat baterai advan selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur bawaan. Smartphone Advan terbaru atau yang telah menggunakan sistem operasi android Lollipop telah memiliki fitur power saved atau mode penghemat baterai.
Ternyata fitur ini dapat diandalkan serta amat menolong pengguna terlebih lagi ketika android advan dalam keadaan low battery. Bila kalian telah mengaktifkan mode ini dalam keadaan low battery, maka secara otomatis android advan akan meredupkan layar, dan mematikan semua aplikasi yang tengah berjalan.

10. Matikan WiFi, Bluetooth, GPS

Ketiga fitur ini memang memudahkan kita dalam berbagi file ataupun data, sayangnya ini juga berdampak pada baterai. Untuk mengehemat baterai hp advan akan lebih baik bila kita mematikan semuanya setelah selesai menggunakan agar baterai lebih tahan lama.
Tips menghemat baterai advan tersebut bisa kamu terapkan pada advan S50G, advan S5E 4G, advan i5E, advan i5C, advan G1 Pro, advan G1 maupun type lainnya.

Itulah beberapa cara menghemat baterai HP advan android yang dapat dilakukan agar baterai tahan lama dan tidak boros. Semoga bermanfaat.