search-button

Jul 24, 2017

10 Cara Mengatasi Baterai Oppo Cepat Panas & Boros

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comSolusi Cara Mengatasi Baterai HP Oppo Cepat Panas dan Boros. Smartphone erat kaitannya dengan pemakaian baterai yang panas. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya penggunaan aplikasi yang menguras daya baterai. Aplikasi yang membutukan akses jaringan untuk terhubung ke internet. Tidak hanya itu koneksi jaringan pun bisa membuat baterai ponsel Anda cepat panas. Ponsel Android merupakan ponsel yang banyak digunakkan oleh banyak orang, selain harganya yang relatif terjangkau juga memiliki kelebihan dari ponsel yang lainnya.

Yang namanya smartphone, tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi melalui telpon dan sms, tetapi banyak kelebihan lainnya. Misalnya Anda ingin bermain game, membuka sosial media, menonton video dan sebagainya. Nah, karena hal itulah menjadi salah satu penyebab baterai Oppo cepat panas. Dan dalam artikel ini, saya akan coba menjelaskan beberapa tips cara mengatasi baterai Android Oppo yang cepat panas.
Cara Mengatasi Baterai Oppo Cepat Panas

Solusi Cara Mengatasi Baterai Oppo Android Cepat Panas

1. Sinyal Lemah

Sinyal lemah yang ditangkap oleh smartphone memang menjadi salah satu penyebab baterai ponsel cepat panas, dikarenakan ketika sinyal lemah otomatis ponsel akan mencari sinyal secara terus-menerus sehingga mengakibatkan baterai pada ponsel Anda cepat panas. Solusinya adalah dengan menggunakan provider dengan kartu SIM yang sinyalnya kuat didaerah Anda.

2. Menggunakkan Ponsel Ketika Sedang di Charging

Cara yang kedua untuk mengatasi baterai ponsel cepat panas adalah dengan tidak menggunakan ponsel ketika sedang di charging. Bagi sebagian orang, menggunakkan ponsel pada saat di isi daya adalah hal biasa, tetapi hal itu menjadi salah satu penyebab baterai hp Oppo cepat panas. Solusinya adalah simpan ponsel Anda hingga baterai terisi penuh. Maka bisa mengurangi panas pada baterai.

3. Smartphone Selalu Terhubung ke Internet

Jika Anda menjadi salah satu orang yang aktif menggunakan internet di smartphone Android, jangan lupa ketika sedang tidak digunakan sebaiknya mematikkan data seluler misalnya pada saat Anda sedang tidur. Kenapa demikian? Karena pada saat data seluler aktif otomatis aplikasi yang membutuhkan akses internet pun akan terhubung, sehingga jika dibiarkan terlalu lama maka akan mengakibatkan baterai cepat panas. Selain itu akan membuat kuota data cepat habis. Jadi sebaiknya aktifkan ketika akan digunakkan saja.

4. Banyak Aplikasi Yang Terpasang

Banyak menginstal aplikasi tetapi Anda tidak menggunakannya, hal ini bisa menjadi pemicu baterai pada ponsel Anda cepat panas bahkan boros. Karena aplikasi yang diinstal akan berjalan di latar belakang walaupun Anda tidak membukanya, bahkan bisa membuat ponsel Anda menjadi lambat. Saran saya untuk menghindari baterai ponsel Anda cepat panas maka instal aplikasi yang diperlukan saja.

5. Non-aktifkan Fitur-fitur Ketika Tidak Digunakkan

Salah satu cara mengatasi baterai cepat panas adalah dengan menonaktifkan fitur smartphone yang aktif, misalnya bluetooth, Wi-Fi, GPS, dan lain sebagainya. Selain untuk mengurangi panas, hal ini berguna juga untuk menghemat baterai.
Baca juga:

6. Gunakkan Aplikasi Pendingin Smartphone

Penyebab HP Oppo Cepat Panas

Cara selanjutnya untuk mengatasi baterai Oppo yang panas, Anda bisa coba mengatasinya dengan menggunakkan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda download di Play Store. Banyak aplikasi yang ada untuk mendinginkan ponsel dan baterai. Misalnya Greenify yang sudah terbukti membuat daya baterai jadi lebih awet. Download di Play Store.

7. Gunakkan Baterai yang Original

Baterai smartphone original dan KW biasanya berpengaruh terhadap panasnya baterai pada Android ketika digunakan, hal itu karena baterai yang asli pada pembuatannya menggunakkan komponen yang bagus, sedangkan baterai KW menggunakkan komponen yang biasa saja. Jadi akan terlihat perbedaannya baterai yang asli akan lebih awet massa pemakaiannya, selain itu juga dengan menggunakan baterai yang asli akan lebih jarang mengalami kerusakan.

8. Jangan Melakukan Overclocking

Biasanya untuk melakukkan overclock pada ponsel Android, Anda harus me-root terlebih dahulu. Bagi sebagian orang tindakan overclock memang akan membuat ponsel Anda lebih cepat dari sebelumnya, karena ponsel akan dipaksa untuk lebih cepat dalam hal multitasking, bermain game, dan supaya ponsel tidak lag. Namun, ketika ponsel dipaksa untuk lebih responsif hal ini menjadi salah satu penyebab baterai cepat panas. Karena pada prosesnya akan membutuhkan kinerja yang lebih maksimal dibanding sebelumnya. Jika ingin baterai tidak cepat panas maka jangan lakukan lakukan hal ini.

9. Gunakkan Ponsel Sewajarnya

Saat Anda menggunakkan ponsel Android tentu penggunaanya sangat mempengaruhi. Jika digunakkan secara terus menerus akan membuat baterai oppo cepat panas bahkan cepat habis. Kalau bisa gunakkan seperlunya saja, atau dengan mematikkan ponsel tersebut beberapa menit. Hal itu untuk merefresh ponsel sehingga akan membuat baterai dingin kembali.

10. Jangan Melakukan Multitasking Terlalu Banyak

Yang terakhir adalah membuka aplikasi terlalu banyak, memang smartphone Oppo memiliki kelebihan dari ponsel biasa, yaitu bisa digunakkan untuk membuka beberapa aplikasi sekaligus. Namun, hal ini akan menjadi penyebab baterai cepat panas, dikarenakan aplikasi yang dibuka akan memakan ram dan daya. Jadi sebaiknya ketika aplikasi sudah selesai digunakkan tutup kembali. Anda bisa menutupnya melalui recent apps.
Semua Solusi Untuk Mengatasi Baterai Oppo Cepat Panas ini bisa Anda terapkan di berbagai seri. Seperti Oppo A37, Oppo F1, Oppo F1s, Oppo R9, Oppo A5 dan seri lainnya.
Itulah beberapa tips cara mengatasi baterai Oppo yang cepat panas, dengan mengetahui penyebabnya Anda pun secara langsung dapat mencegahnya. Semoga bermanfaat.