search-button

Sep 29, 2016

10 Cara Jitu Menghemat Kuota Data Internet Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comMenghemat kuota data internet Android perlu dilakukan terutama bagi kamu yang sering jauh dari akses wifi. Hal ini mungkin hanya bagi sebagian pengguna saja seperti pelajar dan mahasiswa yang isi dompetnya juga dibatasi kuota uang jajan. Ya, jika berbicara tentang kuota, pastinya adalah sesuatu yang dibatasi. Termasuk kuota paket data internet yang kamu beli setiap bulan. Enggak sedikit orang yang gagal dalam mengatur dan menghemat kuota data internet Android yang seharusnya bisa cukup untuk satu bulan, ternyata baru seminggu saja sudah habis sampai keakar-akarnya. Menyebalkan bukan?

Khusus untuk pembaca setia dan kamu yang baru saja mendarat disini, kali ini saya akan berbagi trik dan tips hal apa saja yang biasa saya lakukan untuk menghemat kuota data internet Android. Tujuannya agar tidak boros dan lebih bijak dalam menggunakannya tetapi tetap membantu aktifitas harian kamu.

Tips dan Cara Menghemat Kuota Data Internet Android

  1. Memblokir Akses Internet Yang Diminta Aplikasi Apapun
    Cara Menghemat Internet Android
    Opera Max adalah aplikasi favorit yang sudah lama saya gunakan dan terpasang semenjak ia diluncurkan. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat memblokir permintaan akses internet yang diminta oleh aplikasi apapun. Termasuk aplikasi bawaan (bloatware). Sebagai contoh, kamu dapat memblokir akses internet yang diminta oleh aplikasi Line agar ia tidak bisa menerima pesan chat untuk sementara waktu.

  2. Membatasi Penggunaan Paket Data
    Menghemat Kuota Android
    Menghemat kuota data internet Android dengan mengaktifkan fitu bawaan yang telah tersedia didalam pengaturan. Artinya, setelah kamu menyentuh batas penggunaan data yang telah kamu tentukan sendiri, maka smartphone kamu akan memberikan notifikasi berupa peringatan. Buka Pengaturan kemudian tap Penggunaan data.

  3. Mengatur Auto Update Aplikasi Play Store Hanya Melalui Wi-Fi
    Tips Menghemat Internet Android
    Aplikasi yang selalu up-to-date itu sangat penting karena dapat meningkatkan keamanan dan kinerja aplikasi yang telah terpasang. Tetapi menghemat kuota data internet Android pun lebih penting dan pastikan kamu memperbaharuinya hanya melalui sambungan wi-fi saja. Buka aplikasi play store kemudian masuk kedalam Setelan.

  4. Non-aktifkan Sinkronisasi Data Otomatis
    Agar Internet Android Tidak Boros
    Fitur sinkronisasi bekerja secara realtime dengan mengambil banyak kuota internet Android. Misalnya ketika ada email masuk, maka kamu akan menerima notifikasinya dari aplikasi Gmail. Atau ketika kamu menambahkan kontak maka akan langsung di upload saat itu juga. Dalam fitur ini, sebaiknya kamu mengatur akun apa yang sangat penting untuk di sinkronisasi. Masuk kedalam Pengaturan kemudian tap Akun.

  5. Non-aktifkan Fitur Lokasi
    Menghemat Paket Data Internet Android
    Sekali kamu mengaktifkan fitur Lokasi maka setiap pergerakan dan lokasi saat ini akan dicatat dan diupload ke server menggunakan paket data dari kuota internet Android kamu. Data tersebut contohnya digunakan oleh aplikasi Google Maps dan Google Location History. Tetapi tidak menutup kemungkinan, aplikasi diluar Google Apps pun akan menggunakan fitur lokasi ini. Pastikan kamu menggunakannya hanya ketika perlu saja. Masuk kedalam Pengaturan lalu tap Lokasi.

  6. Aktifkan Fitur Penghemat Data Browser Google Chrome
    Cara Menghemat Kuota Android
    Jika kamu adalah pengguna setia peramban Google Chrome, aktifkan fitur penghemat data atau data saver. Fitur ini dapat melakukan kompresi terhadap setiap web yang kamu kunjungi. Selain hal ini merupakan cara menghemat kuota data internet Android, ia pun akan bekerja lebih cepat dari biasanya.

  7. Simpan Video Youtube Offline Hanya Melalui Wi-Fi
    Hemat Internet Android
    Semua pengguna smartphone Android membutuhkan referensi dan video hiburan yang ditonton melalui aplikasi YouTube. Agar tidak boros paket data Android, pastikan kamu mengatur hanya akses wi-fi saja yang bisa digunakan untuk menyimpan video youtube secara offline. Buka aplikasi youtube kemudian masuk kedalam Setelan lalu tap Offline.

  8. Install Game dan Aplikasi Offline
    Ada banyak game dan aplikasi yang dikembangkan di Play store. Sebagai pengguna, kamu harus pintar memilih aplikasi mana yang dapat bekerja secara offline tetapi memiliki kualitas aplikasi online. Dengan menggunakan aplikasi tanpa koneksi internet, hal ini tidak akan membuat kamu boros data internet Android.

  9. Install Data Google Apps Agar Bisa Digunakan Secara Offline
    Google Apps telah menghadirkan fitur offline terhadap aplikasi Android yang mereka kembangkan. Seperti menggunakan gps offline, video youtube offline atau google translate offline. Kamu pun dapat melihat tutorial terbaru yang saya buat yakni menggunakan aplikasi google voice search offline.

  10. Backup Aplikasi Android
    Clean Master adalah aplikasi yang dapat membackup aplikasi yang telah terpasang. Ia akan menyimpannya sebagai file apk. Tujuan dari cara menghemat kuota data internet Android ini adalah agar kamu tidak mengunduh aplikasi yang sama ketika telah dihapus dan ingin di install kembali.

Itulah beberapa cara menghemat kuota data internet Android yang biasa saya lakukan agar penggunaanya tidak boros. Selamat mencoba.
Baca juga :