search-button

Nov 17, 2017

10 Tips & Trik Cara Menggunakan Kamera Gopro

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.comTips dan Trik Cara Menggunakan Kamera Gopro bagi pemula ketika sedang mengambil foto dan merekam video. Apabila Anda memiliki hobi berfoto, mungkin Anda tidak asing dengan kamera GoPro, saat ini banyak orang yang memanfaatkan kamera jenis ini karena mampu membantu untuk mendapatkan gambar yang maksimal, dengan menggunakan salah satu jenis kamera GoPro Anda dapat merekam video yang hingga resolusi 4K atau 3840 x 216 pixel.

Action camera GoPro sudah menjadi salah satu barang yang wajib dimiliki terutama bagi mereka yang sering berlibur atau hobi olah raga yang sedikit ekstrem. Setiap foto dan video yang dihasilkannya, mampu memberikan hasil yang baik.  Dalam artikel ini, saya akan seidkit menjelaskan Tips dan Trik Cara Menggunakan Kamera Gopro agar nanti hasil foto dan video yang telah Anda ambil lebih maksimal lagi.
Cara Menggunakan Kamera Gopro

Cara Memakai Kamera Gopro HERO

GoPro, Inc telah berdiri sejak tahun 2002 dan hingga saat ini mereka telah membuat banyak produk seperti Drone GoPro Karma dan Action Camera GoPro Hero. Tips cara mengambil foto dan merekam video menggunakan kamera GoPro ini, bisa kamu terapkan ke setiap serinya. Seperti Gopro Hero 2, Hero 3, Hero 4, Hero 5 bahkan produk yang akan segera mereka luncurkan sekalipun yakni GoPro 6.

1. Memilih Sudut Pandang Foto yang Tepat

Ketika Anda ingin mengambil foto dengan menggunakan kamera GoPro maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari posisi foto yang tepat untuk menghasilkan gambar yang Anda inginkan, selain itu juga Anda perlu memperhatikan pada komposisi subjek foto dan pemilihan background yang tepat, sehingga dengan begitu hasil gambar yang Anda hasilkan akan memuaskan karena terkonsep dengan baik.

2. Atur Format Pengambilan Gambar

Pada umumnya orang mengambil gambar pada posisi horizontal, posisi tersebut umum dilakukan dan hasilnya juga begitu saja, untuk itu tidak ada salahnya Anda mencoba mengambil gambar pada posisi vertikal. Mengambil posisi yang berbeda akan mendapatkan gambar yang berbeda pula.

3. Tetap Pendek dan Tajam

Apabila Anda ingin merekam video dengan menggunakan kamera GoPro maka sebaiknya gunakan durasi pendek dengan mempertajam objek yang dituju, karena dikhawatirkan apabila Anda membuat video yang berdurasi panjang maka akan membuat orang yang melihatnya merasa bosan.
Baca juga:

4. Gunakan Aplikasi Antix - GoPro Video Editor

Tips menggunakan kamera GoPro selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi editing maka Anda tidak akan direpotkan untuk melakukan pengeditan ulang, karena dengan menggunakan aplikasi tersebut akan secara otomatis mengambil gerakan-gerakan objek foto yang mengesankan dan menggabungkan menjadi satu video. Proses editing pun akan menjadi semakin lebih mudah, Anda dapat download apliaksi Antix GoPro dari Play store.
Cara Menggunakan GoPro

5. Hubungkan GoPro Dengan Smartphone

Untuk mempermudah Anda melihat sudut pandang yang paling tepat sebelum mengambil gambar adalah dengan cara menghubungkan kamera GoPro dengan Smartphone, sehingga dengan begitu Anda akan menemukan posisi yang tepat dan untuk menghubungkannya Anda dapat menggunakan koneksi Wi-Fi.

6. Atur Pengaturan Minimum di 25 fps/30 fps

Tips cara memakai kamera GoPro yang tidak kalah penting yaitu pada pengaturan yang paling optimal ketika merekam menggunakan GoPro adalah 1080p dengan 30 frame per detik. Jadi apabila Anda menginginkan gambar yang maksimal maka perlu pengaturan terlebih dahulu. Settingan 30 fps tersebut cocok untuk view daerah tropis seperti di Indonesia.

7. Pilih Memori Card yang Compatible Dengan Kamera GoPro

Apabila Anda salah dalam memilih memori card maka itu akan membuat kamera GoPro bermasalah, seperti jika kecepatan writing pada memori berkapasitas kecil maka gambar akan tersendat kemudian apabila buffer GoPro habis maka recording otomatis akan berhenti. Sehingga keadaan tersebut akan membuat memori lambat dalam melakukan proses writing. Tips memilih memori yang bagus untuk kamera gopro, pilihlah Class 10.
Baca juga:

8. Update Firmware GoPro Dengan Baterai yang Penuh

Sebelum Anda melakukan update terhadap firmware GoPro, sebaiknya perhatikan kondisi baterai pada kamera GoPro, karena jika firmware update tiba-tiba berhenti maka kamera GoPro akan mengalami kerusakan. Jadi perhatikan hal-hal kecil seperti itu, karena tidak jarang orang menggampangkan hal tersebut khususnya pada baterai, karena apabila Anda tidak memperhatikannya maka masalah yang akan terjadi pada kamera GoPro cukup besar yaitu kerusakan.

9. Segera Hapus Command Script di Memory Card

Tips Cara Menggunakan Kamera Gopro selanjutnya yang perlu Anda perhatikan setelah Anda melakukan update firmware maka segera hapus command script pada memory card karena apabila Anda tidak menghapusnya maka ketika Anda menghidupkan kamera GoPro, proses update firmware akan terus berlanjut, dan itu akan menghabiskan daya baterai, kemudian ketika baterai mati sebelum proses update selesai maka itu akan membuat kamera GoPro mengalami kerusakan.

10. Jangan Asal Menggunakan USB Charger

Tips cara memakai kamera GoPro yang terakhir yaitu sebaiknya gunakan USB Charger yang berasal dari PC yang sudah terjamin mutunya, karena koneksi langsung dengan PC untuk charger membutuhkan handshake yang akan membuat virus masuk sehingga mengakibatkan firmware GoPro Corrupted, atau Anda juga bisa menggunakan charger external yang cara kerjanya tidak berhubungan langsung dengan kamera. Dan jangan lupa format memori card bekas di PC, karena file-file yang tersembunyi bisa merusak firmware.
Saat menggunakan kamera GoPro seri tertentu, pastikan Anda mengetahui fitur yang dibekalinya dengan baik. Karena pada dasarnya, dari sinilah kita bisa mendapatkan foto dan video yang bagus.