search-button

Sep 10, 2019

Cara Mengaktifkan & Menggunakan NFC Samsung Galaxy

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Panduan lengkap Cara Mengaktifkan NFC di Samsung Galaxy untuk mengirim dan menerima file maupun data. Apa itu NFC? Near Field Communication atau NFC adalah sebuah teknologi yang memungkinkan dua buah smartphone Android untuk saling terhubung dan berbagi file hanya dengan mendekatkannya saja. Dengan adanya fitur NFC yang sudah tersedia didalam beberapa seri samsung galaxy memudahkan penggunanya untuk transfer file dengan cukup cepat.

Adapun beberapa seri smartphone samsung yang sudah menyediakan fitur NFC ini diantaranya adalah Samsung Galaxy J5, Glaxy J5 2015, J5 Prime, Galaxy J7, Galaxy J7 Prime dan beberapa seri lainyya.Sebelum Anda bisa menggunakan fitur nfc di samsung galaxy pada seri tersebut, Anda juga harus memastikan bahwa smartphone yang lainnya pun telah tersedia fitur ini.

Cara Mengaktifkan NFC di Samsung Galaxy

Cara Mengaktifkan NFC di Samsung Galaxy

Tak jauh berbeda seperti koneksi lain seperti wifi dan bluetooth, fitur NFC Samsung ini pada dasarnya bekerja dengan memanfaatkan gelombang radio untuk mengirim data. Sebenarnya tak hanya untuk transfer data seperti gam,bar dan video saja, bahkan teknologi NFC Samsung ini bisa digunakan untuk melakukan pembayaran. Dan berikut adalah cara mengaktifkan nfc di samsung j7, samsung j5 dan seri lainnya.

  • Masuk ke “Pengaturan » NFC dan pembayaran” kemudian geserkan tombol hingga aktif berwarna hijau.
  • Pastikan bahwa Android Beam pun aktif.
Baca juga:

Cara Menggunakan NFC di Samsung Galaxy

Setelah smartphone pertama aktif, pastikan Anda juga melakukan hal yang sama terhadap perangkat kedua sesuai dengan merk smartphone tersebut misalnya Sony Xperia. Jika sudah, sekarang saatnya saya menjelaskan cara transfer file menggunakan NFC di samsung galaxy ini.
  • Pastikan smartphone kedua tidak dalam keadaan terkunci atau layar mati.
  • Pilihlah file foto atau video yang ingin Anda transfer.
  • Selanjutnya, tempelkan kedua smartphone tersebut maka akan muncul opsi untuk “menyentuhnya”.
  • Jika benar file tersbeut yang akan Anda bagikna, tap saja.
  • Jika sudah, tunggu beberapa detik hingga prosesnya selelsai.
Itulah panduan Cara Mengaktifkan dan Menggunakan NFC di Samsung Galaxy, tetapi jika saat Anda mengirim file namun gagal dan nfc tidak berfungsi, cobalah untuk mereboot smartphone tersebut.