search-button

Jan 7, 2017

3 Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi/Error

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Berhasil, Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi dan Error bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah berikut ini. Fitur fingerprint scanner yang ada pada smartphone saat ini menjadi salah satu fitur keamanan yang dianggap cukup kuat dan terlihat canggih. Termasuk pada beberapa seri smartphone yang dibuat oleh Xiaomi. Tapi pada kenyataanya, ada saja masalah yang dihadapi pengguna seperti pemindai sidik jari error atau tidak berfungsi.

Penyebab fingerprint xiaomi tidak berfungsi bisa dikarenakan beberapa faktor. Misalnya jika fingerprint xiaomi redmi note 3 rusak, maka tidak menutup kemungkinan akar permasalahnnya karena versi MIUI yang terpasang tidak stabil untuk fitur ini dan harus di update. Tetapi bagaimana kita tahu jika masalahnya dari hal tersebut? Dalam tutorial kali ini, saya akan menjelaskan beberapa solusi cara mengatasi fingerprint error pada Xiaomi semua versi.

Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Fingerprint Xiaomi Tidak Berfungsi atau Error

Untuk memperbaiki fitur pemindai sidiik jari error pada smartphone Xiaomi, saya akan memberikan beberapa solusi yang bisa anda coba satu-persatu. Solusi cara mengatasi fingerprint xiaomi tidak berfungsi ini bisa Anda terapkan ke beberapa seri yang memang sudah dibekali dengan fitur tersebut. Seperti Xiaomi Redmi Note 3, Xiaomi Redmi 4, Xiaomi Redmi Note 4, Xiaomi Mi 5, Xiaomi Mi Mix, Xiaomi Redmi Pro dan yang lainnya.

1. Reset Ulang Smartphone Xiaomi

Sebelum saya menunjukkan cara yang lebih advanced, cobalah untuk mereset smartphone Xiaomi ke pengaturan pabrik. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki sistem yang error dan menjadi penyebab fingerprint tidak berfungsi.
  • Tap “Setting » Backup & Reset”. Pastikan tombol backup tercentang agar nanti mudah untuk merestore data.
  • Tap tombol “Factory data reset » Reset Phone”.
  • Tunggu prosesnya hingga selesai.

Baca juga:

2. Update MIUI ke Versi Terbaru

Jika saat ini smartphone yang Anda gunakan terpasang MIUI versi 7, cobalah untuk memperbaruinya ke versi terbaru. Misalnya update Xiaomi ke versi MIUI 8. Caranya buka aplikasi “Updater” kemudian tap tombol “Check for Updates”. Jika muncul keterangan tidak ada update, Anda bisa mendownload ROM secara manual kemudian ikuti langkah mudahnya ini.
  • Download Global ROM sesuai dengan seri smartphone dari MIUI Download.
  • Simpan ROM hasil download di memori internal dan ganti namanya menjadi “update.zip”.
  • Buka aplikasi “Updater” kemudian tap menu 3 titik disudut atas dan pilih “Choose update package”.
  • Sekarang cari file yang sudah didownload dan perbarui.

3. Flash ke ROM Global Stable Menggunakan SP Flash Tool

Cara mengatasi fingerprint xiaomi tidak berfungsi yang terakhir adalah dengan metode flashing rom. Jika Anda menggunakan ROM China atau ROM bawaan distributor yang tidak stabil, flash smartphone xiaomi ke ROM Global menggunakan SP Flash Tool via PC. Ini adalah cara yang lebih advanced jadi harus teliti dan hati-hati ketika melakukannya. Salah satu panduan yang berhasil memperbaiki fingerprint xiaomi redmi note 3 melalui metode ini bisa mengikuti panduan yang terdapat di forum thread MIUI ini.

Itulah beberapa cara mengatasi fingerprint xiaomi tidak berfungsi atau error yang bsia Anda lakukan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.
Baca juga: