search-button

Apr 14, 2017

Cara Mengaktifkan USB Debugging Di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Cara mengaktifkan dan enable USB debugging di Android semua versi. Banyak hal bisa kita lakukan untuk melakukan kostumisasi terhadap Android yang digunakan. Salah satunya adalah dengan melakukan root, menguji aplikasi yang telah kita buat sendiri, melakukan transfer, memasukkan perintah (command) atau bahkan memasang custom ROM. Tentu saja untuk mengerjakan hal tersebut Android kita harus terkoneksi dan bisa dibaca oleh PC yaitu dengan mengaktifkan fitur USB Debugging. Tidak semua Tablet dan Smartphone langsung bisa dikoneksikan dengan PC. Jika Anda baru saja membeli Android baru entah itu dari produk Samsung, Motorola, Sony Xperia, Lenovo, Smartfren Andromax, Asus, Advan, Oppo dan produk lainnya harus mengaktifkannya terlebih dahulu.
Apa itu mode USB debugging Android? Mode USB debugging adalah sebuah fitur yang ditujukan terutama untuk mereka para pengembang. Fungsi utama dari mode ini adalah untuk membuka akses secara langsung antara dua perangkat yakni Android dan PC dengan Android SDK (Software Development Kit). Lalu apa itu Android SDK? Ini adalah sebuah perangkat lunak dimana ia digunakan untuk membantu para pengembang dalam mengembangkan atau membuat aplikasi Android.

Cara Enable USB Debugging di Smartphone dan Tablet Android


Pada beberapa produk dan versi Android OS, masing-masing memiliki perbedaaan letak dan konfigurasi agar dapat mengaktifkan mode USB debugging. Diantaranya kita harus mengaktifkan fitur Developer Options terlebih dahulu. Simak penjelasan berikut ini.
Mengaktifkan USB Debugging di Android
  1. Mengaktifkan USB debugging di Android Lollipop (5.0).
    • Tap Settings > About Phone > tap Build number sebanyak 7 kali dengan cepat sampai muncul dan aktif pengaturan Developer Options.
    • Selanjutnya tap Developer Options gulirkan kebawah kemudian centang USB debugging.
  2. Mengaktikan USB debugging di Android KitKat dan Jelly Bean (4.2, 4.3 dan 4.4).
    • Tap Settings > About Phone > tap Build number sebanyak 7 kali dengan cepat sampai muncul dan aktif pengaturan Developer Options.
    • Selanjutnya tap Developer Options gulirkan kebawah kemudian centang USB debugging.
  3. Mengaktifkan USB debugging di Android Jelly Bean dan ICS (4.1 dan 4.0).
    • Tap Settings > Developer Options > USB Debugging.
  4. Mengaktikan USB debugging di Android Gingerbread (2.3).
    • Tap Settings > Applications > Development > USB Debugging.
Baca juga :
Setelah kita mengaktifkan USB debugging di pengaturan Tablet dan Smartphone, kita bisa dengan mudah melakukan transfer atau kegiatan lainnya lewat PC.