search-button

Sep 10, 2019

Cara Backup Data Android Sebelum Factory Reset

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Backup Data Android. Backup data, file dan Aplikasi yang sudah terinstall di Android sebelum factory reset sebenarnya sangat mudah. Tetapi akan berbeda cerita jika Anda adalah pengguna baru Smartphone dan Tablet Adroid yang belum mengetahui pasti cara tersebut atau masih belum yakin dengan cara yang sudah Anda ketahui. Tidak terbatas, untuk melakukan backup data pada Android bisa dilakukan pada produk dari Samsung, Sony Xperia, LG, Lenovo, Oppo, Asus Zenfone, Smartfren Andromax, Advan dan produk lainnya.
Factory reset terhadap Smartphone dan Tablet Android dilakukan jika ternya Android kita sudah tidak lagi secepat dahulu, sering terjadi error, boros baterai, susah membuka aplikasi atau karena ingin menghapus akun google yang sudah ada secara keseluruhan dengan akun google baru.
Kenapa data Android harus di backup sebelum factory reset? Tentu saja tujuan utamanya adalah untuk mengembalikan atau restore ulang data, aplikasi, pengaturan yang sebelumnya pernah kita lakukan. Bukankah untuk melakukan kostumisasi tersebut memakan waktu? Untuk itulah kita butuh backup untuk mengembalikannya agar waktu yang telah kita habiskan sebelumnya tidak terbuang percuma. Dengan kata lain agar kita bisa menerapkan kembali setelah Android tersebut berhasil di factory reset.

2 Cara Backup Data Android Sebelum Di Root atau Factory Reset

Saya akan beramsusi bahwa diantara anda mungkin ada yang ingin membackup data Android sebelum di factory reset dan di root. Karena pada initinya cara yang akan saya jelaskan sama saja untuk kedua tujuan tersebut. Dan mohon dicatat bahwa kedua cara ini dilakukan untuk Android yang belum di root.
Backup Data Android Sebelum Factory Reset
  1. Backup data Android dengan menggunakan akun google.
    Ini merupakan fitur yang tersedia disemua versi Android baik itu Android ICS, Jelly Bean, Kitkat maupun Lollipop. Akun google yang saat ini digunakan pada Smartphone dan tablet Android akan menyimpan data terhadap aplikasi apa saja yang telah terinstall. Dan jika setelah kita melakukan factory reset lalu log in kembali dengan akun yang sama maka akan secara otomatis Folder dan Aplikasi tersebut terinstall ulang. Untuk backup data dengan menggunakan akun google caranya Tap Settings > Accounts > pilih Google account > kemudian centang semua yang ingin disinkronkan. Tunggu beberapa menit sampai semua data kita berhasil diupload ke server Google. Setelah itu tap Settings > Backup & reset > kemudian centang Back up my data dan Automatic restore.
  2. Backup data Android dengan menggunakan aplikasi Helium.
    Aplikasi luar biasa ini akan membackup data, file, pengaturan, hinga data game dan data aplikasi yang sudah ada tanpa harus melakukan root. Caranya
    • Pasang Helium dari play store di Smartphone dan Tablet Android yang ingin dibackup.
    • Download dan Install Helium untuk PC.
    • Aktifkan mode USB Debugging di Android.
    • Koneksikan Android ke PC dengan menggunakan kabel USB.
    • Jalankan Helium yang sudah terinstall di PC.
    • Pada layar Android akan muncul "Allow USB debugging?" kemudian munsul RSA key, tap OK.
    • Selanjutnya akan ada keterangan “Helium has been enabled on your Android” yang artinya proses backup siap dimulai dan ikuti saja perintahnya.
Baca juga :
Sebagai tips tambahan, cabut memori eksternal sebelum melakukan factory reset. Setelah Anda berhasil melakukan factory reset, log in kembali dengan akun yang sama jika mengikuti cara ke satu. Itulah cara mudah backup data dan aplikasi Android sebelum factory reset terhadap Smartphjone dan Tablet.