search-button

Oct 4, 2016

7 Cara Mengatasi Getar Android Hilang Tidak Berfungsi

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi jitu Cara Mengatasi Getar Android Hilang Tidak Berfungsi bisa diperbaiki dengan tips mudah berikut ini. Fitur getar yang ada didalam smartphone Android, digunakan untuk beberapa kebutuhan atau tasking yang sedang kita lakukan. Seperti bergetar saat ada notifikasi, getar saat panggilan telpon masuk, bergetar saat mengetik hingga ketika bermain game. Tetapi bagaimana bila getar hp android tidak berfungsi?

Sebagai pengguna, kita bisa mengatur vibrate smartphone sesuai dengan yang kita inginkan. Opsinya pun sudah ada didalam pengaturan smartphone atau dari settings aplikasi secara individu. Pada saat getar hp tidak berfungsi, pengguna biasanya kurang begitu memperhatikan hingga akhirnya sadar bahwa ada masalah dengan smartphone mereka yakni getar Android hilang. Lalu apa saja penyebabnya?

Cara Mengatasi Getar Android Yang Hilang

Penyebab Getar Android Tidak Berfungsi

Sebelum saya menjelaskan Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Getar, ada baiknya Anda mengetahui alasan kenapa masalah ini bisa terjadi. Dalam beberapa kasus yang biasa saya temukan, fitur getar android tidak berfungsi ini terjadi setelah saya melakukan root atau mengganti ROM bawaan dengan custom rom. Tapi disisi lain, penyebab getar Android hilang pun dapat terjadi karena ada kerusakan pada sitem operasi atau hardware smartphone itu sendiri.

Cara Mengatasi Getar Android Hilang

Jika saat ini Anda menggunkan smartphone Android dari merk Samsung galaxy, Xiaomi, Lenovo, LG, Oppo, Smartfren Andromax, Nexus, ASUS Zenfone, Vivo, Sony Xperia dan beberapa merk lainnya, bisa mengikuti beberapa metode cara mengatasi hp android tidak bisa getar berikut ini.

Getar Android Tidak Berfungsi
1. Test Getar Android Melalui Kode Rahasia.
Untuk memastikan kenapa getar Android hilang, lakukan test terhadap fitur getar menggunakan kode rahasia. Pada tutorial ini saya mempraktekkannya melalui Samsung galaxy yakni dengan kode *#7353# maka akan muncul pilihan vibrate, tekan tombol tersebut hingga aktif berwarna biru dan smartphone pun bergetar. Jika Anda menggunakan merk smartphone lain, silahkan cari kodenya.
2. Pastikan Fitur Getar Aktif.
Sebelum kita melanjutkan ke metode lain, pastikan fitur getar sedang Anda aktifkan pada mode profil apapun. Misalnya pada mode berdering atau silent. Caranya tap Pengaturan > Suara dan notifikasi > Getar saat dering.
3. Bersihkan Cache dan History Smartphone.
Tidak ada salahnya, Anda mencurigai riwayat serta cache yang sudah menumpuk akibat tidak pernah dibersihkan. Gunakan aplikasi clean master untuk menghapus semua history yang telah Anda lakukan di smartphone.
4. Matikan Smartphone dan Lepaskan Baterai.
Salah satu cara mengatasi getar android hilang yang paling mudah adalah dengan mematikan hp. Kemudian lepaskan baterai, sim card dan microSD. Biarakn terlepas selama beberapa detik kemudian pasang dan hidupkan kembali. Tujuannya adalah untuk memulai ulang proses pemuatan sistem saat reboot.
5. Update Android OS.
Versi Android terbaru akan memperbaiki bugs, meningkatkan keamanan dan penambahan fitur. Dengan memperbarui sistem operasi Android ke versi terakhir, hal ini diharapkan dapat mengembalikan getar Android yang hilang. Update lah OS Android jika sudah tersedia untuk smartphone Anda.
6. Factory Reset.
Salah satu fungsi dari factor reset yang mungkin saja belum Anda ketahui adalah untuk memperbaiki berbagai kesalahan dan error yang selama ini terjadi. Ketika kita meresetnya, maka perubahan settings yang selama ini kita terapkan akan dikembalikan lagi seperti saat pertama kali Anda membeli smartphone tersebut.
7. Perbaiki ke Service Center.
Solusi terakhir untuk memperbaiki getar android tidak berfungsi adalah dengan memperbaikinya ke service center. Tapi sebelum Anda memutuskan untuk membawanya, pastikan sudah mempraktekkan cara ke satu yakni menguji getar melalui kode rahasia. Karena dari sana pun bisa diketahui apakah komponen smartphone yang rusak atau hanya sistemnya saja yang error.

Kesimpulannya, fitur getar memang sangat kita butuhkan untuk digunakan dalam situasi tertentu ketika kita tidak ingin Android berbunyi. Dengan Cara Mengatasi Getar Android Hilang Tidak Berfungsi diatas, semoga bisa memperbaiki getar dan kembali normal. Jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan berkomentar.
Baca juga: