search-button

Oct 27, 2016

Cara Mengaktifkan Fingerprint di Android Marshmallow

   
Advertisements
Advertisements
Heyriad.comCara Mengaktifkan Fingerprint di Android Marshmallow untuk membuka kunci smartphone agar lebih aman bisa dilakukan dengan langkah ini.  Android 6.0 marshmallow merupakan Android OS pertama yang secara resmi telah mendukung terhadap sistem kemanan sidik jari. Berbagai merk smartphone terbaru seperti dari Samsung, LG Nexus, Huawei Nexus, Google Pixel, Xiaomi, dan yang lainnya yang mengadopsi tingkatan OS ini pun tentunya bisa menggunakan fitur sidik jari ini.

Pada dasarnya fitur fingerprint secara default dinonaktifkan atau disabled. Pengguna bisa mengaktifkan fitur sidik jari secara spesifik baik itu untuk membuka kunci, pembayaran di google play, membuka aplikasi, kamera dan lain sebagainya. Tetapi pada tutorial kali ini, saya akan menjelaskan cara mengaktifkan fingerprint di Android Marsmallow untuk membuka kunci sehingga nantinya tidak perlu memakai kata sandi maupun kunci pola.
Cara Mengaktifkan Fingerprint di Android

Cara Mengaktifkan Fingerprint Android Marshmallow

Ada tingkat kemanan lebih yang bisa kita dapatkan jika menggunakan fitur fingerprint. Misalnya, ketika kita mengunci menggunakan kata sandi, maka seseorang bisa saja mempelajari password tersebut atau mencobanya secara berulang-ulang dan mengganti pola atau sandi tersebut. Tetapi jika menggunakan fingerprint untuk membuka kunci, maka ia tidak bisa dirubah. Meskipun sama-sama menggunakan Android marsmallow, tetapi beberapa tampilan pengaturan dari setiap merk smartphone mungkin akan berbeda. Tetapi tujuannya sama saja.
Baca juga:

  1. Tap “Settings” » “Security” atau “Lock screen and security”.
  2. Selanjutnya pilih “Fingerprints” atau “Add fingerprint”.
  3. Kemudian sebuah tampilan baru akan muncul agar Anda membuat password atau PIN sebagai metode cadangan. Tujuannya jika suatu saat fitur ini tidak mengenali sidik jari Anda, maka kita bisa membukanya menggunakan password atau PIN tersebut.
    Cara Menggunakan Fingerprint di Android
  4. Sekarang saatnya untuk mendaftarkan sidik jari. Kita akan melihat sebuah demo untuk menempelkan jari.
  5. Tempelkan jari Anda maka smartphone akan bergetar, selanjutnya angkat dan tempelkan kembali. Lakukan hal ini sebanyak lima kali.
  6. Setelah berhasil, maka akan mucul keterangan “Fingerprint added”. Selanjutnya Anda bisa menambahkan sidik jari kedua dengan memilih “Add Another”.
    Cara Mengaktifkan Sidik Jari Android Marshmallow
  7. Sekarang, coba kunci smartphone maka kita pun harus membukanya dengan sidik jari.
  8. Jika tidak terbuka, gunakan PIN yang telah kita buat dilangkah nomor 3.

Kesimpulannya, Cara Mengaktifkan Fingerprint di Android Marshmallow bisa dilakukan dengan mengikuti langkah diatas. Dengan begitu, kemanan smartphone jadi lebih kuat. Jika tampilan smartphone Anda berbeda dan mengalami kesulitan, silahkan berkomentar.
Baca juga: