search-button

Sep 10, 2019

4 Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp Hilang di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Sebagai pengguna aplikasi WhatsApp, mungkin Anda akan menemukan masalah yang muncul yakni kontak whatsapp hilang. Saya sendiri pernah mengalami hal ini beberapa kali dan sempat bingung bagaimana cara mengatasinya. Dan yang sudah kita ketahui, daftar kontak yang ada didalam smartphone bisa secara otomatis ditambahkan ke daftar kontak aplikasi WhatsApp.

Jika berbicara mengenai penyebab kontak whatsapp tiba-tiba hilang, hal yang sering saya alami terjadi setelah melakukan restart atau reboot pada smartphone itu sendiri. Yang pada akhirnya, pada saat kita membuka aplikasi tersebut, kontak whatsapp tidak muncul atau tidak ditampilkan. Pada tutorial kali ini, saya akan coba menjelaskan cara mengembalikan kontak whatsapp yg hilang di Android dengan beberapa trik yang berbeda.

Mengembalikan Kontak Whatsapp yang Hilang Agar Kembali Muncul

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, setiap nomor telpon yang berada didalam kontak SIM dan sudah didaftarkan ke whatsaap maka secara otomatis akan ditampilkan. Tetapi bagi Anda yang aplikasi whatsapp tidak membaca kontak, bisa mengikuti beberapa langkah ini. 

1. Paksa Berhenti dan Bersihkan Cache Aplikasi WhatsApp.
Cara Mengembalikan Kontak WhatsApp Hilang
Pada dasarnya, sistem operasi Android memiliki fitur untuk membersihkan cache, data atau file sementara dari aplikasi secara individu. Kita bisa memanfaatkan fitur ini untuk memunculkan kembali kontak WhatsApp yang hilang dengan masuk ke Pengaturan » Aplikasi kemudian cari dan pilih WhatsApp. Setelah muncul tampilan Info Aplikasi seperti pada gambar, tap tombol “Paksa Berhenti” dan tombol “Hapus Cache”. Selanjutnya restart smartphne Anda.

2. Ijinkan WhatsApp Untuk Mengakses Kontak.
Pada beberapa merk smartphone seperti Oppo dan Xiaomi atau smartphone dengan sistem operasi Android Marsmallow 6.0, pengguna bisa mengatur ijin akses yang diminta oleh aplikasi apapun secara individu. Dalam hal ini, kita harus mengijinkan aplikasi WhatsApp mengakses nomor telpon atau kontak yang sudah tersimpan didalam kartu SIM. Caranya tap Settings » Apps » WhatsApp kemudian tap App Permissions dan aktifkan opsi Contacts dengan menggeserkan tombol hingga berwarna hijau dan aktif.

3. Tampilkan Semua Kontak Dari pengaturan WhatsApp.
Kontak Whatsapp Tidak Muncul
Didalam aplikasi WhatsApp, telah tersedia opsi untuk para pengguna apakah ingin menampilkan kontak dari daftar nomor telpon SIM pengguna atau tidak. Caranya buka aplikasi WhatsApp » Setelan » Kontak. Selanjutnya ceklis opsi “Tampilkan semua kontak”.

4. Hapus dan Install Ulang Aplikasi WhatsApp.
Jika cara diatas tidak berhasil dan kontak whatsapp tidak terbaca, maka sebagai pilihan terakhir adalah dengan menghapus lalu memasangnya kembali. Pastikan aplikasi WhatsApp yang akan dipasang didownload dari play store.

Kesimpulannya, untuk mengatasi kontak whatsapp tidak muncul di Android, Anda bisa mengikuti beberapa tips diatas. Setiap perbedaan merk smartphone yang Anda gunakan, maka membutuhkan trik yang berbeda pula untuk mengembalikan kontak whatsapp yang hilang tersebut.
Baca juga: