search-button

Nov 30, 2016

5 Cara Mengatasi “Sayangnya Maps Telah Berhenti”

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi jitu Cara Mengatasi “Sayangnya Maps Telah Berhenti” di smartphone Android dapat diperbaiki dengan tips berikut ini. Aplikasi Google Maps yang terpasang di hp kita terkadang menampilkan beberapa kesalah dan error. Seperti adanya pemberitahuan unfortunately, maps has stopped, force close, maps terhenti dan lain sebagainya. Pada akhirnya, kita selalu keluar sendiri dan sulit untuk menggunaknnya.

Berbagai fitur dan fungsi yang dimiliki aplikasi google maps, akan bekerja jika kita terkoneksi ke internet lalu memberikan ijin kepadanya untuk mengakses fitur GPS yang ada di smartphone. Ketika pengguna mengaktifkan fitur gps, maka kita bisa dengan mudah mencari berbagai alamat, peta dan melihat lokasi yang ingin dituju. Pada saat digunakan inilah biasanya akan muncul kesalahan “Sayangnya Maps Telah Berhenti” kemudian aplikasi ini menutup sendiri.

Cara Mengatasi Sayangnya Maps Telah Berhenti

Penyebab Aplikasi Maps Telah Berhenti

Kenapa aplikasi google maps tidak bisa dibuka di Android? Ada beberapa alasan yang biasanya saya temukan ketika aplikasi ini error. Diantaranya Anda sedang mengakifkan fitur mock location yang menyebabkan lokasi tidak akurat, kapasitas RAM smartphone Anda sedang penuh karena membuka banyak aplikasi hingga error pada aplikasi itu sendiri. Yang akhinya selalu ada kesalahan “Sayangnya Maps Telah Berhenti” meskipun kita sedang tidak membukanya.

Cara Mengatasi “Sayangnya Maps Telah Berhenti” di Android

Beberapa kesalahan ini bisa terjadi terhadap berbagai merk smartphone seperti LG, Oppo, Xiaomi, Samsung Galaxy, Nexus, ASUS, Lenovo, Sony Xperia, Smartfren Andromax, Vivo dan yang lainnya. Untuk memperbaiki aplikasi maps Android tidak bisa dibuka, Anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut ini.
1. Force Stop dan Clear Data.
Aplikasi google maps, akan mencatat setiap tempat atau jalan yang kita kunjungi karena ia berjalan pada latar. Untuk itu kita harus memaksanya berhenti kemudian membersihkan data yang tersimpan didalamnya. Caranya tap Settings » Application manager » All kemudian cari Maps. Tap tombol force close dan force stop.
2. Bersihkan History dan Cache Android.
Dengan membersihkan riwayat dan cache dari tasking yang telah kita lakukan, maka akan membuat smartphone kembali bersih dari file sampah yang menyebabkan sulitnya pemuatan aplikasi Maps. Gunakan aplikasi Clean Master untuk melakukan ini.
3. Update Aplikasi Google Maps.
Aplikasi Google Maps adalah salah satu aplikasi default atau bawaan. Ia tidak bisa dihapus kecuali pada hp Android yang telah di root. Untuk Mengatasi “Sayangnya Maps Telah Berhenti”, perbaruilah aplikasinya melalui Play store.
4. Matikan Smartphone dan Reboot.
Matikan Android Anda kemudian lepaskan kartu SIM, MicroSD dan baterai dari slot. Diamkan selama beberapa saat kemudian pasangkan dan hidupkan kembali. Tujuan dari ini adalah untuk memuat ulang kembali pemuatan sistem operasi Android saat dihidupkan.
5. Factory Reset.
Manfaat dari factory reset salah satunya adalah untuk memperbaiki sistem operasi Android yang telah rusak. Termasuk memperbaiki aplikasi google maps di Android.

Kesimpulannya, Cara Mengatasi “Sayangnya Maps Telah Berhenti” di Android bisa dengan langkah diatas. Solusi tersebut biasa saya gunakan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahn tersebut.
Baca juga: