search-button

Sep 26, 2016

Cara Menghapus Aplikasi Terhubung ke Google

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Pada aplikasi yang bisa digunakan secara offline, mungkin tidak memerlukan izin akses. Tetapi beberapa aplikasi pihak ketiga yang dikembangkan membutuhkan hak akses ke akun gmail Anda. Tujuannya yaitu untuk mengintegrasikan antara akun gmail dan akun pada aplikasi itu sendiri. Contohnya ketika Anda bermain Clash Royale, untuk membuat profile maka harus dihubungkan dengan ID play game. Lalu Apa yang terjadi jika kita menghubungkan aplikasi Android dengan akun gmail?

Segala sesuatu yang kita lakukan di Smartphone, akan disimpan sebagai aktivitas didalam akun Google. Dari sini kita dapat mengetahui dan memeriksa aplikasi terhubung di Android apa saja yang telah kita gunakan. Misalnya pada tahun lalu Anda bermain Clash of Clan dan sekarang ingin menghapus akunnya, maka dari sini kita bisa melakukannya.

Menghapus Aplikasi Terhubung Android

Menghapus Aplikasi yang Terhubung ke Akun Google di Android


Ketika Anda memberikan hak akses kepada satu aplikasi, maka ia mendapatkan 3 tingkatan akses ke akun Google. Contohnya seperti hak akses akun penuh yang mana sebuah aplikasi dapat mengubah hampir semua informasi didalam Akun Google. Kecuali mengganti kata sandi, menghapus akun google secara permanen dan melakukan pembayaran. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menghapus aplikasi terhubung ke akun google di Android.
  1. Buka Setelan Google dari apps drawer kemudian pilih Aplikasi yang terhubung.
  2. Jika Anda menggunakan 2 akun gmail pada smartphone tersebut, pilih akun mana yang ingin menghapus data aplikasi.
  3. Disana akan langsung ditampilkan daftar aplikasi yang telah Anda berikan hak akses kedalam akun google. Tap satu yang ingin dihapus.
  4. Disini saya ingin menghapus dan mencabut hak akses dari game Extreme Car Diving Simulator.
  5. Tap tombol Disconnect maka akan muncul tampilan pop up untuk mengkonfirmasi.
  6. Centang Also delete activities untuk menghapus aktivitas yang telah Anda lakukan pada aplikasi tersebut.
  7. Terkhir tap Disconnect.

Kesimpulannya, cara menghapus aplikasi yang terhubung ke akun Google di Android bisa dilakukan dengan langkah diatas. Sekedar tips tambahan, pastikan Anda hanya memberikan akses akun pada aplikasi yang terpercaya atau pengembang yang sudah populer.
Baca juga:
Cara Menghapus Gmail di Perangkat Android Lain
2 Cara Hapus Aplikasi Android yang Tidak Bisa Dihapus
2 Cara Menghapus Penggunaan Data Penuh Android