search-button

Mar 23, 2017

2 Cara Menghapus Penggunaan Data Penuh Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Munculnya peringatan penggunaan data penuh di Android, menandakan penggunan data yang telah kita atur sebelumnya telah menyentuh garis batas. Tak jarang, hal ini membuat kita merasa terganggu karena jika tidak diatur kembali, peringatan yang biasanya muncul di notifikasi bar ini tidak akan bisa hilang. Bahkan tak sedikit, pengguna yang ingin tahu bagaimana cara menghapus data yang sudah penuh ini.

Fitur data usage, akan bekerja dan menghitung dengan menampilkan grafik dari data seluler yang telah kita gunakan. Baik itu pada saat kita sedang chatting maupun aplikasi yang berjalan pada latar. Data dihitung dan digambarkan dengan grafik yang akan terus bertambah dengan seiringnya siklus atau waktu yang telah kita atur. Menurut saya sendiri, fitur ini sangatlah berguna karena kita bisa mengontrol agar tidak boros dalam pemakaian data internet. Lalu adakah cara menghapus penggunaan data seluler Android tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Menghapus Penggunan Data Penuh Android

Cara Menghapus Penggunaan Data Android Secara Permanen

Beberapa waktu lalu, saya pernah membuat cara mengatasinya dengan mengatur ulang siklus penggunaan. Tetapi hal tersebut hanyalah untuk mengatasi agar tidak ada lagi peringatan yang muncul pada notifikasi. Dan sekarang, saya akan menjelaskan cara menghapus penggunaan serta riwayat yang masih ditampilkan.

  1. Menghapus File Didalam Root.
    Untuk menghapus penggunaan data android secara permanen, Anda harus bisa mengakses kedalam sistem root. Tentu saja yang harus Anda lakukan adalah melakukan root terlebih dahulu terhadap smartphone itu sendiri. Kemudian gunakan aplikasi explorer seperti ES File Explorer. Cari dan masuk kedalam /data/system/netstats, hapus semua file dalam folder tersebut kemudian reboot Android Anda. Setelah itu periksa pengaturan data usage maka semua history pun akan kembali kosong.
  2. Lakukan Factory Reset.
    Salah satu kelebihan mengembalikan smartpohone Android ke data pabrik, adalah ia bisa menghapus penggunaan data Android secara permanen. Artinya, semua data dari akun Anda saat ini akan dibersihkan dari smartphone kemudian memasang aplikasi kembali. Tetapi ingat, pastikan Anda mengetahui semua akun untuk log in dari masing-masing aplikasi yang sering Anda gunakan.

Kesimpulnnya, cara menghapus penggunaan data di Android secara permanen tidak bisa dilakukan melalui pengaturan didalam data usage itu sendiri. Pilihannya adalah dengan menghapus file didalam sistem root atau dengan factory reset.
Baca juga: