search-button

Sep 17, 2016

2 Cara Mengatasi Penggunaan Data Penuh di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Mengaktifkan fitur penggunaan data di Android memang sangat penting. Dari sana kita dapat mengetahui berapa jumlah GB data yang telah kita habiskan dalam jangka waktu tertentu. Hal ini juga bertujuan untuk mengontrol agar kita bisa lebih hemat dalam mengunakan paket data seluler yng telah kita beli. Tetapi tak sedikit pengguna yang kesulitan bagaimana cara mengatasi penggunaan data penuh di Android.

Pada saat pertama kita mengaktifkan fitur ini, kita bisa mengatur agar Android dapat memperingati ketika data telah menyentuh angka tertentu atau telah berada pada batas penggunaan. Biasanya akan muncul peringatan penggunaan data pada notifikasi bar Android yang mengharuskan kita untuk menyetel ulang. Namun bagi sebagian pengguna baru smartphone Android, akan sangat terganggu dan sedikit khawatir dengan peringatan tersebut. Padahal sesungguhnya, peringatan ini telah Anda atur sendiri sebelumnya. Lalu bagaimana cara mengatasi penggunaan data pada Android yang telah penuh ini?

Mengatasi Penggunaan Data Penuh di Android


Terdapat dua cara yang akan saya tunjukkan untuk mengatasi hal ini. Pertama adalah dengan cara menghilangkan peringatan yang muncul di notifikasi. Dan yang kedua adalah dengan cara menghapus penggunaan data di Android dari siklus tertentu yang sudah terhitung. Pada gambar dan panduan yang saya jelaskan ini, saya menggunakan smartphone Samsung dengan Android OS 5.1 Lollipop.

  1. Peringatan Penggunaan Data Android Penuh
    Menghilangkan Peringatan dan Batas Penggunaan Data Android.
    Cara pertama ini terbilang sangat mudah dan cepat. Ketika muncul peringatan penggunaan data di pemberitahuan, Anda dapat langsung melakukan cara ini.
    • Tap peringatan yang muncul pada notifikasi.
    • Anda akan dibawa kedalam tampilan penggunaan data yang memperlihatkan grafik dengan dua garis pengaturan yang berbeda. Yakni garis peringatan berwarna hitam dan garis batas berwarna orange.
    • Geserkan kedua garis tersebut keatas hingga melewati grafik data. Maka peringatan di notifikasi pun akan langsung hilang.

  2. Cara Menghapus Penggunaan Data Android
    Cara Menghapus Penggunaan Data Android Dari Siklus Tertentu.
    Untuk cara kedua ini, saya akan menunjukkan bagaimana cara menghapus penggunaaan data di Android dari waktu tertentu yang telah terhitung. Sehingga nantinya, grafik dari waktu tersebut akan hilang dan digantikan dengan penghitungan grafik yang masih kosong.
    • Buka pengaturan Penggunaan Data.
    • Pastikan data seluler telah aktif dan berwarna hijau.
    • Tap tanggal yang ditampilkan hingga muncul pilihan Ubah Siklus.
    • Selanjutnya, atur dari tanggal 1 – 31 pada bulan tersebut, maka penggunaan data bulan lalu akan terhapus dan digantikan dengan grafik yang masih kosong untuk bulan ini.

Kesimpulannya, cara mengatasi penggunaan data penuh di Android dapat dilakukan dengan dua cara yang berbeda. Pertama dengan menghilangkan peringatan dan kedua adalah dengan menghapus penggunaan data yang telah terhitung kemudian diganti dengan pengaturan siklus baru.
Baca juga: