search-button

May 17, 2024

5 Langkah Cara Extract File RAR dan ZIP di HP

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara extract file RAR dan ZIP di HP, semudah cara extract file RAR di laptop. File RAR adalah salah satu dari banyak jenis file yang akan banyak kamu temui saat mengunduh file besar melalui internet. File RAR adalah format arsip yang dapat berisi beberapa file terpisah, tetapi tidak seperti file PDF, audio, dan video, kamu tidak dapat langsung membuka file RAR di HP Android.

Jika kamu menggunakan laptop, kamu mungkin saja bisa membuka file RAR, karena biasanya di laptop sudah disediakan program untuk menguraikan file RAR tersbut. Nah, untuk membuka file dalam bentuk RAR ini di HP, kamu memerlukan aplikasi yang dapat membuka arsip agar kamu dapat melihat isinya. Kami akan menunjukkan cara membuka file RAR di ponsel Android kamu. Simak cara extract file RAR dan ZIP di HP berikut ini, yang semudah cara extract file ZIP di laptop.

Cara Extract File RAR dan ZIP di HP

Cara Mengekstrak File ZIP

Untuk membuka file RAR, kamu memerlukan aplikasi manajemen file yang mendukung format tersebut. Dalam tutorial ini, kami telah memilih Solid Explorer File Manager, salah satu pengelola file Android terbaik, yang bisa kamu unduh dan gunakan di HP Android kamu. Untuk membuka file RAR di HP Android menggunakan aplikasi ini, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Unduh dan instal Manajer File Solid Explorer di perangkat Android yang kamu gunakan, kemudian buka aplikasi dan setujui perjanjian pengguna.
  2. Klik pada tombol ‘Berikan’ atau ‘Grant’ lalu aktifkan Izinkan akses untuk mengelola semua file guna memberikan izin aplikasi untuk mengakses file kamu.
  3. Setelah itu, kembali ke aplikasi dan arahkan ke file RAR kamu, dan klik. Solid Explorer akan membuka file tersebut, memberi kamu pratinjau tentang apa yang ada di dalamnya.
  4. Kamu bahkan dapat mengetuk file apa pun di dalam arsip untuk membukanya. Nah, untuk mengekstrak file dari arsip RAR, klik menu tiga titik di kanan atas dan pilih Ekstrak.
  5. Setelah itu, pilih lokasi tujuan isi arsip, lalu klik ‘Pilih’ dari pop-up. Aplikasi ini akan membongkar arsip RAR, dan setelah selesai, kamu akan melihat tombol kanan bawah berubah menjadi hijau.


Gengs! Ketika akan memilih lokasi file RAR setelah diekstrak atau diuraikan, di simpan, kamu hanya perlu mengarahkan ke lokasi yang kamu pilih untuk menyimpan konten arsip untuk melihat file. Karena dukungan arsipnya yang komprehensif, kamu juga dapat membuka file ZIP di Android menggunakan Solid Explorer. FYI, ini juga mendukung format arsip 7ZIP dan TAR loh! Ok, sekian panduan cara extract file RAR dan ZIP di HP ini, have a blast!