search-button

Sep 10, 2019

Cara Ekstrak File ZIP Atau Rar Ke APK Di Android

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com - Cara ekstrak dan merubah file zip atau rar menjadi apk sebelum di install di Android dapat kamu lakukan dengan mudah. Bagi yang sering download game atau aplikasi selain dari play store, pastinya kamu pernah mengalami hal ini. Yang saya maksud adalah, game dan aplikasi tersebut telah didownload tetapi pada saat akan menginstall, ternyata file tersebut berformat rar atau zip. Tentu saja kamu sangat kebingugan dan timbul pertanyaan bagaimana cara menginstall aplikasi Android dari file rar atau zip?

Jawabannya adalah tidak akan bisa. Android hanya dapat memasang aplikasi dan game dari format Apk saja. Lalu apakah file yang yang sudah kamu unduh tersebut tidak berguna? Pada saat pertama kali saya mengalami ini, saya langsung menghapusnya kembali. Tetapi tunggu dulu, sebenarnya yang harus dilakukan adalah mengubah file zip atau rar menjadi Apk agar bisa diinstal di Android. Lalu kembali timbul pertanyaan, bagaimana cara mengekstrak file rar ke apk? Simak langkahnya berikut ini.

Cara Extract File Rar atau ZIP ke Apk Sebelum Di Install

Saya akan berkesimpulan bahwa saat ini kamu telah memiliki file berformat zip atau rar dari yang ingin dirubah ke Apk. Yang akan kita lakukan adalah mengubah format atau ekstensinya agar dapat install game dan aplikasi dari file zip di Android.

  1. Buka aplikasi file manager kemudian masuk kedalam folder tempat file tersebut disimpan.
    Cara Ekstrak File Zip dan Rar ke Apk
  2. Tap file tersebut selama 2 detik maka akan muncul pilihan.
  3. Pilih rename atau ganti nama.
    Cara Merubah File Rar ke Apk di Android
  4. Setelah muncul editor tersebut, ganti ekstensi .rar atau .zip menjadi .apk (perhatikan titik tersebut)
  5. Setelah berhasil, maka kamu pun dapat langsung memasangnya.

Cara merubah format dan ekstrak file zip atau rar ke apk tersebut dapat kamu lakukan di Android yang telah di root atau pun belum di root. Sebagai tips tambahan, jika muncul keterangan “App not installed” atau “Apl tidak terpasang”, maka aplikasi atau game tersebut tidak kompatibel dengan kernel atau OS Android kamu.
Baca juga: