search-button

Mar 2, 2024

7 Alasan Memori Internal HP Penuh Aplikasi Sedikit

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Alasan Memori Internal HP Penuh Aplikasi Sedikit, file sudah dihapus tapi memori masih penuh. Tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada mendapatkan pemberitahuan penyimpanan penuh di ponsel kamu, karena ketika ini terjadi, kamu mungkin tidak dapat mengambil foto atau video dan menginstal aplikasi seperti biasa. Bahkan beberapa aplikasi yang ada, tidak akan berjalan dengan sewajarnya.

Keadaan ini bisa diperparah, jika kamu tidak tahu apa yang membuat memori di ponsel kamu jadi penuh. Jika mungkin kamu memeriksa jumlah aplikasi yang terinstall di ponsel, itu hanya sedikit. Lalu apa yang membuat penyimpanan ponsel kamu jadi penuh? Nah, di panduan kali ini, kita akan bahas tentang itu. Di panduan ini kamu akan mengetahui kenapa hp xiaomi memori penuh padahal aplikasi sedikit. Ok, langsung saja simak Alasan Memori Internal HP Penuh Aplikasi Sedikit, berikut ini.

Alasan Memori Internal HP Penuh Aplikasi Sedikit

Bagaimana Cara Mengatasi Memori Penuh Padahal Aplikasi Sedikit

1. Lagu Lama, Podcast, dan Video

Jika kamu bertanya kenapa memori internal penuh padahal tidak ada isinya, kamu mingkin menggunakan aplikasi media dan layanan streaming seperti Spotify dan YouTube yang memungkinkan kamu mendownload lagu, podcast, atau video, kamu mungkin memiliki file lama yang tidak lagi digunakan tetapi menghabiskan ruang. Saat itu, kamu mengunduh media versi lokal dan offline ke ponsel, sehingga menghabiskan kapasitas penyimpanan.

2. Galeri

Banyak dari kita mengambil foto dan video yang akhirnya tidak kita inginkan tetapi lupa untuk menghapusnya. Baik itu tangkapan layar lama, gambar buram, atau media duplikat, cara mengatasi memori internal penuh karena ini, adalah dengan mengosongkan banyak ruang dengan membersihkan galeri ponsel yang berantakan. Kamu dapat melakukan ini paling efektif dengan menelusuri album tertentu.

3. Konten yang Diunduh Secara Otomatis

Ini adalah cara mengatasi memori penuh di hp oppo dan di semua hp lainnya. Jadi, beberapa aplikasi media sosial cenderung secara otomatis mengunduh media apa pun yang dikirimkan, ke penyimpanan internal ponsel. Misalnya, jika seseorang mengirimi video di WhatsApp, ponsel akan secara otomatis mengunduhnya ke galeri, jika pengaturan mengizinkannya. Untuk menghindari hal ini, matikan pengaturan Visibilitas media.

4. Cache

Cache bisa jadi penyebab memori internal penuh padahal masih kosong xiaomi, cashe ini dapat berbentuk perangkat keras atau perangkat lunak, dan fungsinya untuk menyimpan data sehingga permintaan data tersebut di masa mendatang dapat diproses dan disediakan dengan lebih efisien. Namun cache juga dapat menampung data yang tidak lagi diperlukan dan menghabiskan ruang penyimpanan tanpa disadari.

5. Periksa File Miscellanous

File Miscellanous ini dapat hadir dalam berbagai bentuk di penyimpanan internal ponsel. File tersebut dapat berhubungan dengan berbagai aspek ponsel, termasuk aplikasi atau sistem operasi. Oleh karena itu, kamu tidak boleh menghapus semuanya. Sebaliknya, cara mengatasi ruang penyimpanan penuh karena ini adalah dengan memeriksa file-file ini dan pilih secara manual file-file yang tidak lagi diperlukan.

6. File yang Dihapus

File yang telah kamu hapus, biasanya tidak akan langusng hilamg dari ponsel, tetapi akan berpindah ke folder "Sampah" atau "Keranjang Sampah": Tergantung pada sistem operasi ponsel kamu dan sistem manajemen file, file yang terhapus dan dipindahkan ke folder "Sampah" ini akan menumpuk dan membuat penyimpanan ponsel jadi penuh. Karena itu, kamu harus menghapusnya.

7. Kesalahan Sistem

Alasan terakhir kenapa bisa penyimpanan ponsel kamu bisa penuh, padahal aplikasi dan file-file yang kamu simpan di sana sedikit, adalah karena kesahalan sistem. Kesalah sistem ini mungkin terjadi karena ponsel rusak atau dimasuki virus, yang membuatnya memucnulkan peringatan penyimpanan penuh, padahal sebenarnya tidak. Untuk ini, kamu bisa coba memulai ulang ponsel, atau hubungi profesional.


Gengs! Untuk mengetahui dengan pasti apa yang membuat penyimpanan ponsel kamu jadi penuh, kamu bisa melihat detailnya di pengaturan ponsel. Langsung saja buka pengaturan ponsel kamu, kemduian cari menu Penyimpanan, kemudian kamu akan melihat presentasi apa-apa saja yang memnuhi penyimpanan ponsel. Ok, sekian panduan Memori Internal HP Penuh Aplikasi Sedikit ini, have a blast!