search-button

Nov 2, 2023

4 Langkah Cara Membuat Foto Menjadi 2 Slide di Instagram

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara membuat foto menjadi 2 slide di Instagram, atau cara membuat 1 foto menjadi 2 slide di Instagram. Sudah beberapa tahun sejak Instagram mengizinkan kamu untuk memposting banyak foto secara bersamaan dalam satu postingan. Perubahan kecil ini memungkinkan banyak pilihan kreatif untuk memosting, dan salah satu favorit semua orang adalah menciptakan panorama mulus hanya dengan membelah foto jadi 2.

Sebelum memulai tutorial ini, kamu memerlukan dua hal, yaitu Adobe Photoshop atau editor foto berbasis piksel lainnya yang memungkinkan kamu bekerja dengan dan pemahaman dasar tentang persyaratan Instagram untuk mengukur foto. Jika keduanya sudah didapat, langsung saja ikuti tutorial singkat dan sederhana tentang cara membuat foto menjadi 2 slide di Instagram, ingat1 ini bukan cara membuat 1 foto menjadi 2 slide di Instagram Android.

Cara Membuat Foto Menjadi 2 Slide di Instagram

Cara Membuat Slide Instagram Nyambung

Langkah 1

Yang pertama kamu harus siapkan file fotot berukuran 2160 x 1350, dengan ukuran itu kamu akan "mengiris" foto menjadi dua bagian. Kamu dapat memberi nama dokumen atau file fotot tersebut dengan nama “Gambar Penuh.” Kemudian siapkan file foto kedua (dari foto yang sama) dengan ukuran 1080 x 1350, yang akan kamu jadikan tempat memasukkan gambar tunggal dan menyiapkannya untuk diekspor. Kamu bisa menamainya dengan kata “Irisan”.

Langkah 2

Buka atau seret gambar kamu ke dokumen pertama “Gambar Penuh”, kemudian buka “View” di bilah menu dan pilih “New Guide Layout.” Lalu atur dua kolom dengan lebar nol dan gutter nol. Jika baris dipilih, batalkan pilihan karena kamu tidak perlu memotong secara horizontal. Setelah itu, akan terlihat garis pirus tepat di tengah-tengah foto kamu. Sebelum kita melanjutkan ke langkah berikutnya, pastikan "Snap to Guide" kamu diaktifkan. Ini akan membuat pengoperasian jauh lebih mudah.

Langkah 3

Pilih alat tenda di sisi kiri layar, atau tekan pintasan tombol “M” dan seret kursor ke paruh pertama foto. Jika Snap To Guide diaktifkan, pilihan kamu akan secara otomatis berpindah ke garis vertikal pirus yang kamu buat sebelumnya. Sekarang setelah kamu memiliki pilihan, cukup salin dan menempelkannya ke layer baru pada dokumen “Irisan”. Setelah itu, kembali ke dokumen “Gambar Penuh” dan ulangi untuk separuh gambar lainnya.

Langkah 4

Sekarang kamu siap untuk mengekspor. Anda dapat mengekspor setiap lapisan sekaligus menggunakan opsi “Layers to Files” di Photoshop, yang berada di bawah “File” > “Export” atau kamu dapat mengekspor setiap lapisan satu per satu. Atau kamu juga bisa menambahkan beberapa lapisan lagi ke dokumen yang sama, untuk mengekspornya secara batch. Jika kamu ingin memeriksa ulang pengaturan ekspor akhir, kamu dapat menggunakan “Save for Web.”


Gengs! Jika kamu menggunakan PC, mungkin cara termudah adalah menyimpan file yang telah dibuat tadi adalah menyimpannya ke layanan cloud, sehingga kamu dapat mengaksesnya dengan mudah menggunakan ponsel. Atau jika kamu menggunakan ekosistem macOS / iOS, cukup kirimkan ekspor kamu melalui Airdrop. Ok, sekian panduan cara membuat foto menjadi 2 slide di Instagram ini, have  a blast!