search-button

Oct 12, 2023

Cara Gunakan Nearby Share Untuk Transfer Antar HP

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilaj panduan cara gunakan Nearby Share untuk transfer antar HP, cara menggunakan nearby share Samsung dan perangkat Android lainnya. Kamu yang menggunakan ponsel atau tablet Android dan ingin berbagi file dengan perangkat lain dapat memanfaatkan fitur praktis yang disebut fitur Nearby Share. Dengan fitur Nearby Share, transfer foto, video, dokumen, file audio, atau seluruh folder bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Dirancang untuk membantu kamu berbagi foto, video, dan file lain seperti AirDrop Apple, fitur ini awalnya hanya mendukung berbagi file dengan perangkat Android lainnya. Namun versi baru untuk Windows, yang baru saja muncul dari versi beta, memungkinkan kamu juga berbagi file dengan PC Windows. Tapi jika kamu belum perlu cara menggunakan nearby sharing windows 10, dan yang kamu butuhkan saat ini adalah cara gunakan Nearby Share untuk transfer antar HP, kamu bisa melihatnya di panduan ini.

Cara Gunakan Nearby Share Untuk Transfer Antar HP

Cara Menggunakan Nearby Sharing

Untuk berbagi file antara dua perangkat Android, keduanya harus menjalankan Nearby Sharing dengan Bluetooth dan layanan lokasi diaktifkan. Pada perangkat Android bawaan, buka Pengaturan > Perangkat Terhubung > Preferensi Koneksi > Nearby Share. Hidupkan sakelar untuk Gunakan Nearby Share. Di ponsel Samsung, buka Setelan > Google > Perangkat & berbagi > Nearby Share. Hidupkan sakelar untuk Gunakan Nearby Share.

Di perangkat apa pun, aktifkan dan klik pengaturan Visibilitas perangkat dan pilih orang dan perangkat mana yang ingin kamu sertakan. Pilihannya adalah sebagai berikut:

Semua Orang: Opsi ini memungkinkan kamu berbagi file dengan siapa pun, baik secara permanen maupun sementara.

Kontak: Opsi ini memungkinkan kamu berbagi file dengan siapa pun di daftar kontak kamu, meskipun kamu dapat menyesuaikannya untuk memilih kontak tertentu saja.

Perangkat Anda: Opsi ini hanya akan berbagi file dengan perangkat lain yang kamu gunakan untuk masuk dengan akun Google kamu.

Kembali ke layar Nearby Share, klik pengaturan Data untuk memilih apakah kamu ingin berbagi file menggunakan Wi-Fi atau data seluler, hanya Wi-Fi, atau tanpa internet yang menggunakan Bluetooth. Klik pengaturan Nama perangkat dan konfirmasikan atau ubah nama yang akan muncul saat berbagi file. Klik tombol Tampilkan pemberitahuan untuk menerima pemberitahuan setiap kali perangkat terdekat ingin berbagi file.

Setelah itu, kamu hanya perlu membuka file yang ingin kamu bagikan kemudian klik Share atau Bagikan, dan pilih Neraby Share.


Gengs! Perlu di ingat, perangkat pernerima juga harus mengaktifkan fitur Nearby Share-nya sehingga, perangkat pengirim milik kamu, bisa menemukan perangkat penerima. Dan perlu kamu ketahui juga, di beberapa perangkat dengan sistem operasi yang baru, kamu bisa saja langsung membuka file dan membagikannya menggunakan Nearby Share, dan secara otomatis, perangkat akan menghidupakan fitur Nearby Share. Ok, sekian panduan cara gunakan Nearby Share untuk transfer antar HP ini, have a blast!