search-button

Jul 8, 2023

3 Langkah Cara Downgrade MIUI 14 ke Versi Sebelumnya

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara downgrade MIUI 14 ke versi sebelumnya, cara downgrade MIUI 14 ke 13. MIUI 14 adalah versi terbaru dari Xiaomi dan banyak pengguna ponsel Xiaomi sudah menggunakan pembaruan baru ini di perangkat mereka. Tetapi setelah memperbarui ke versi terbaru MIUI 14, banyak pengguna menghadapi begitu banyak masalah pada perangkat mereka seperti pengurasan baterai, penurunan kinerja, atau masalah kompatibilitas dengan aplikasi favorit yang sering digunakan.

Dan karena masalah-masalah terbut, tidk sedikit yang ingin melakukan Rollback atau Downgrade MIUI 14 ke MIUI 13. Jika kamu salah satunya dan ingin kembali ke versi terakhir MIUI 13, maka artikel ini akan memandu kamu melalui proses rollback ke versi MIUI sebelumnya 13. Tapi sebelum ke langkah-langkah cara downgrade MIUI 14 ke versi sebelumnya, sebelumnya kamu harus tahu dulu ya resiko downgrade MIUI.


Cara Downgrade MIUI 14 ke Versi Sebelumnya


Cara Downgrade MIUI 14

Langkah Pertama

Pertama, pastikan ponsel kamu terisi penuh dan baterai di atas 70%. Selanjutnya, kamu harus mengunduh file-file yang dibutuhkan, termasuk ROM Fastboot MIUI 13 dan MIUI 14 yang sesuai dengan perangkat Xiaomi yang kamu butuhkan. Selanjutnya, simpan file di tempat yang aman di perangkat Xiaomi kamu dan pastikan kamu menyimpannya di folder yang kamu namai khusus agar mudah ditemukan. Kemudian, buka Settings atau Pengaturan di perangkat kamu.

Langkah Kedua

Di Pengaturan, pilih menu About Phone atau Tentang Telepon. Selanjutnya, klik MIUI Version atau Versi MIUI. Setelah ini, klik tombol More yang biasnaya punya ikon tiga titik bertumpuk di kanan atas. Nah di halaman baru yang muncul, kamu harus memilih Choose update package atau Pilih paket pembaruan. Pilih recovery ROM yang tadi kamu unduh, dan klik Recovery ROM MIUI 14. Tunggu hingga prosses selesai.

Langkah Ketiga

Klik tombol Home ketika proses selesai dan muncul tombol update, lalu copy nama berkas recovery ROM MIUI 14 terbaru dan ubah namanya. Sekarang paste-kan nama yang di-copy ke file Recovery MIUI 13, lalu kemba,ilah ke halaman update di Pengaturan tadi. Terakhir, klik tombol Reboot and update. Ketika menu MIUI Recovery muncul, langsung pilih Wipe Datan . Wipe All Data > Confirm > Back to Main Menu > Reboot > Reboot to System. Setelah itu, tunggu hingga perangkat memulai ulang dan menyala kembali.


Gengs! Sebelum melakukan langkah-langkah ini, pastikan kamu telah mencadangkan semua file yang kamu simpan di perangkat kamu. Karena proses ini, kemungkinan besar akan menghapus semua file termasuk daftar kontak telepon, hingga aplikasi-aplikasi yang kamu pasang di perangkat tersebut. Ok, sekian panduan cara downgrade MIUI 14 ke versi sebelumnya ini, have a nice day!