search-button

Jun 26, 2023

5 Langkah Cara Menambahkan Kalender Islam ke Google Calendar

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara menambahkan kalender islam ke Google Calendar, semudah cara menampilkan kalender hijriyah di lockscreen. Mungkin kita mulai sadari, bahwa kita sebagai manusia, mulai tergantung pada pernagkat pembantu untuk segala macam hal. Dan perangkat yang paling sering kita gunakan untuk mengerjakan atau untuk apa pun, adalah ponsel atau tablet, laptop dan teman-temanya. Bahkan untuk hal kecil seacam kalender, sekarang kita sudah menggunakan ponsel.

Berbicara soal kalender, ada banyak sekali aplikasi kalender yang bisa kita gunakan di ponsel. Salah satu yang sudah tersedia di ponsel pintar adalah kalender dari Google. Jika diperhatikan kalender ini hanya menampilkan penanggalan masehi saja, dan bagi muslim, penanggalan islam kita perlukan. Op! tidak usah ganti aplikasi kalender, tinggal munculkan saja penanggan islam ke Google Calendar. Simak cara menambahkan kalender islam ke Google Calendar berikut ini, yang semudah cara menampilkan kalender hijriyah di lockscreen Android.

Cara Menambahkan Kalender Islam ke Google Calendar

Cara Menampilkan Kalender Hijriyah di Google Calendar

  1. Ok, pertama buka aplikasi Google Calendar di perangkat yang kamu gunakan. Setelah berhasil terbuka, klik ikon tiga garis bertumpuk di pojok kiri atas layar.
  2. Setelah itu, gulir ke bawah dan temukan opsi Pengaturan atau Settings di sana. Klik opsi Settings tersebut, dan klik opsi Umum atau General yang ada di bagain paling atas.
  3. Nah! Di sini kamu akan menemukan berbagai opsi pengaturan, cari dan klik pada opsi Alternate calendar atau Kalender alteratif.
  4. Setelah itu akan muncul berbagai pilihan jenis penanggalan atau kalender, tinggal cari saja pilihan kalender Hijri atau Hijriah.
  5. Pilih juga jenis kalender hijriah yang kamu butuhkan, apakah itu hijriah saudi, civil atau yang lainnya. Jika sudah, kembali ke halaman kalender.


Gengs! Kamu akan melihat tanggal hijriah ditempatkan disebelah tanggal masehi, di dalam kurung, dengan data bulan yang berada tepat di bawah bulan masehi.Jika tampilan kalender kamu tidak berubah, tinggal geser saja ke bulan sebelum atau selanjutnya, kemudian kembali lagi ke bulan sekarang. Ok, sekian panduan cara menambahkan kalender islam ke Google Calendar ini, have a nice day!