search-button

Jan 14, 2023

8 Cara Scan Barcode dan Kode QR di Handphone Samsung

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara scan barcode dan Kode QR di handphone Samsung, scan QR code Samsung. Barcode atau yang sejenisnya seperti kode QR, juga dikenal sebagai Kode Respon Cepat ini adalah sebuah inovasi teknologi yang  membawa informasi yang hanya dapat didekodekan oleh pemindai. Untuk memindai barcode atau kode QR ini, kita membutuhkan perangkat yang memiliki fitur pemindaian atau pembaca barcode dan kode QR.

Dan sekarang ini, ponsel cerdas dan tablet yang diprosuksi oleh banyak produsen, sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat membaca kode QR tanpa menginstal perangkat lunak tambahan apa pun, misalnya produsen Samsung. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup mengarahkan kamera ke kode tersebut dan pengguna akan dialihkan ke informasi yang dibawa kode QR atay barcode tersebut. Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara-cara scan barcode dan Kode QR di handphone Samsung atau cara melihat kode qr di hp samsung.

Cara Scan Barcode dan Kode QR di Handphone Samsung

Cara Scan Barcode di Hp Samsung

Cara Pertama

Cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara scan barcode di Hp Samsung J2 Prime dan tipe lainnya, yaitu dengan menggunakan kamera perangkat. Jadi, pertama buka aplikasi Kamera, kemudian arahkan kamera ke kode QR yang ingin kamu pindai. Setelah ini, kode QR akan terbaca secara otomatis. Terakhir, kamu tinggal mengetuk pesan pop-up untuk langsung membuka informasi yang ada pada kode QR.

Cara Kedua

Cara kedua ini bisa kamu gunakan sebagai cara scan barcode di hp Samsung A02S dan seri lainnya, untuk ini, tingal geser ke bawah pada layar perangkat Samsung kamu untuk mengakses Pengaturan Cepat perangkat. Di menu ini, ketuk tombol Pindai kode QR. Setelah ini, aplikasi Kamera akan dibuka dan kamu akan dapat memindai Kode QR dengan cara mengarahkan kamera ke kode QR tersebut.

Cara Ketiga

Cara selanjutnya, bisa kamu gunakan sebagai cara scan barcode di hp Samsung A20, yaitu dengan menggunakan Bixby Vision. Ini adalah fitur pencarian gambar yang diinstal secara otomatis di sebagian besar perangkat Samsung. Cukup arahkan kamera ke objek, gambar, atau lokasi dan Bixby Vision akan memberi tahu kamu informasi dari gambar tersebut. Untuk ini, kamu hanya perlu membuka Bixby Vision dan pindai Kode QR atau barcode tersebut.

Cara Keempat

Cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara scan barcode di hp Samsung A12 dan dari perangkat lainnya, jika sebelumnya kamu sudah mengambil gambar atau memoto barcode atau kode QR tersebut. Untuk ini, buka aplikasi Galeri di perangkat Samsung kamu. Kemudian pilih gambar Kode QR atau bardcode yang sudah kamu ambil, lalu klik tombol Bixby Vision. Setelah itu, perangkat akan membaca atau memindai gambar tersebut.

Cara Kelima

Cara kelima ini bisa kamu gunakan sebagai cara scan barcode di hp Samsung J7 Prime, yaitu dengan mengaktifkan pemindai kode QR di aplikasi internet. Untuk ini buka aplikasi Internet Samsung, lalu akses menu dengan mengetuk ikon 3 baris di kanan bawah layar. Di sini, klik Pengaturan > Tata Letak dan menu > Sesuaikan menu, lalu seret tombol pemindai kode QR ke menu. Kembali ke jendela browser normal, dan kamu dapat membuka pemindai kode QR dari menu di kanan bawah layar.

Cara Keenam

Jika kamu bingung letak kode qr di hp Samsung J2 Prime itu di mana, kamu bisa menggunakan cara ini ya. Pertama, luncurkan Asisten Google di ponsel Samsung Galaxy kamu dengan mengucapkan Ok Google atau geser ke arah tengah dari sudut kanan bawah atau kiri perangkat. Setelah Asisten Google diaktifkan, ucapkan 'Buka Lensa Google'. Klik tombol Cari atau Search dengan kamera kamu untuk memindai gambar atau pilih gambar dari ponsel kamu.

Cara Ketujuh

Jika kamu memasang dan menggunakan aplikasi Foto Google di ponsel Samsung Galaxy kamu, maka kamu dapat menggunakannya untuk memindai kode QR dari gambar di Galeri perangkat kamu. Cukup buka foto yang berisi kode QR di aplikasi Foto Google dan tekan tombol Google Lens. Fitur ini akan membaca kode QR atau barcode dari gambar yang kamu simpan sebelumnya di galeri perangkat.

Cara kedelapan

Jika kamu menemukan kode QR menggunakan Google Penelusuran atau di internet ketika kamu browsing, kamu tidak perlu mengambil tangkapan layar untuk memindainya. Tinggal tekan saja ikon Google Lens pada gambar kode QR dan itu akan memindai kode QR yang ada di halaman tersebut. Harap dicatat bahwa kamu dapat menggunakan metode ini di ponsel Android apa pun, bukan hanya Samsung.


Kode QR dan barcode, sangat umum di dunia saat ini. Kamu mungkin pernah melihatnya di mal, restoran, portal belanja online, dan toko-toko offline. Banyak media sosial dan platform perpesanan seperti WhatsApp dan Discord juga menggunakan kode QR untuk membantu pengguna masuk dengan cepat ke akunnya di desktop. Jadi dengan tahu banyak cara untuk meindai kode QR atau barcode di atas, akan sangat membantu kamu. Ok, sekian panduan cara scan barcode dan Kode QR di handphone Samsung ini, have a nice day!