search-button

Sep 10, 2019

4 Cara Menyembunyikan Notifikasi Aplikasi Android (UPDATED)

   
Advertisements
Advertisements
HeyRiad.com – Solusi jitu Cara Menyembunyikan Notifikasi Aplikasi Android secara individu agar tidak ketahuan ada pemberitahuan yang masuk ke smartphone Anda. Setiap aplikasi yang terpasang didalam smartphone Android, secara default bisa memberitahukan kepada pengguna tentang aktivitas yang terjadi di aplikasi tersebut. Misalnya saja pada aplikasi BBM atau Instagram, jika ada chat masuk atau ada orang yang mengomentari foto kita maka akan muncul pemberitahuan di status bar.

Tapi kadang pengguna merasa terganggu dengan notifikasi Android yang terus berbunyi atau bergetar. Terutama dalam situasi atau waktu tertentu misalnya sedang rapat. Cara Menyembunyikan Notifikasi Aplikasi Android pun sudah diberikan didalam fitur sistem operasi ini sehingga mempermudah pengguna mengatur kapan dan dimana kita bisa mendapat pemberitahuan dari aplikasi tertentu.

Cara Menyembunyikan Notifikasi Aplikasi Android

Cara Menyembunyikan Notifikasi Aplikasi Android

Push notifications adalah fitur yang dimiliki oleh setiap aplikasi yang terpasang. Pada dasarnya, push notification ini akan mengingatkan Anda jika ada pesan masuk atau aktivitas yang berkaitan dengan akun Anda. Meskipun kita tidak sedang membuka aplikasi tersebut, tetapi push notification ini akan berjalan pada latar dan memberi notifikasi berupa icon atau pesan yang muncul di status bar. Lalu bagaimana cara menghilangkan notifikasi Android jika kita tidak menginginkannya?

1.Menyembunyikan Notifikasi Aplikasi Android Dari Fitur Bawaan Smartphone.
Solusi pertama untuk menyembunyikan pemberitahuan dari aplikasi tertentu adalah melalui fitur Info Aplikasi yang ada didalam pengaturan. Contohnya disini saya ingin menyembunyikan pemberitahuan bbm maka caranya tap Pengaturan » Manager Aplikasi » BBM kemudian jangan centang “Tampilkan notifikasi” supaya nonaktif.

2. Menghilangkan Notifikasi Aplikasi Android Dari Pengaturan Aplikasi Tersebut.
Solusi yang kedua ini akan memberikan kita opsi agar notifikasi aplikasi tertentu tidak muncul di status bar. Misalnya, saya hanya ingin mendapatkan notifikasi jika ada orang yang mengomentari foto di instagram saja. Sementara jika ada yang menyukai foto, tidak ingin ditampilkan pemberitahuan. Contoh disini pada aplikasi BBM caranya buka aplikasi tersebut, masuk kedalam Pengaturan selanjutnya pilih Notifikasi. Silahkan atur sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda.
Baca juga:

3. Menghilangkan Suara Notifikasi Aplikasi Android Dengan Mode “Do Not Disturb”.
Cara Menyembunyikan Pemberitahuan Android
Setiap merk smartphone entah itu dari Xiaomi, ASUS, Samsung Galaxy, Oppo, LG, Nexus, Lenovo, Advan, Vivo, Smartfren Andromax dan yang lainnya memiliki fitur mode atau profil tertentu. Tetapi letak atau namanya mungkin saja akan berbeda. Namun pada intinya, mode atau profil ini bisa menyembunyikan semua notifikasi aplikasi Android. Contohnya pada Samsung Galaxy, tap Pengaturan » Suara dan notifikasi » pilih aktifkan “Jangan diganggu”. Tujuan dari mode ini adalah untuk mematikan setiap suara notifikasi yang masuk

4. Menyembunyikan Notifikasi Aplikasi Android Menggunakan Aplikasi Clean Master.
Cara Menghilangkan Pemberitahuan Masuk Android
Didalam fitur aplikasi Clean Master, ada fitur yang saya sukai yakni Notification Cleaner. Fitur ini bertujuan untuk mendiamkan (muted) setiap notifikasi yang akan masuk sehingga tidak akan muncul di status bar.

Kesimpulannya, Cara Menyembunyikan Notifikasi Aplikasi Android bisa dilakukan melalui beberapa langkah. Misalnya hanya ingin menghilangkan notifikasi dari satu aplikasi tertentu, atau menghilangkan notifikasi untuk semua pemberitahuan.
Baca juga: