search-button

Sep 24, 2022

8 Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi Google Play Store tidak bisa download aplikasi, cara memperbaiki Play Store yang tidak bisa mendownload. Jika Play Store kamu tiba-tiba tidak dapat mengunduh aplikasi atau game dari Google Play Store, dan layar unduhan menunjukkan pesan kesalahan acak saat kita menekan tombol unduh, tenang! Jangan panik! Karena itu adalah salah satu masalah paling umum yang dihadapi oleh pengguna Android.


Jika ini terjadi, pengguna biasanya akan menunggu beberapa menit untuk meihat apakah proses unduhan benar-benar gagal atau hanya tertunda saja, tanpa tahu alasan kenapa tidak bisa mendownload aplikasi di Play Store tertunda. Tapi, kadang-kadang bahkan setelah menunggu beberapa menit atau mungkin berjam-jam, layar unduhan terus menampilkan pesan yang sama. Cukup menjengkelkan, memang. Untuk mengatasinya, ikuti cara-cara mengatasi Google Play Store tidak bisa download aplikasi berikut ini.

Cara Mengatasi Google Play Store Tidak Bisa Download Aplikasi

Cara Mengatasi ownload Tertunda di Play Store


1. Daya Perangkat

Coba cek apakah perangkat kamu memiliki daya cukup atau tidak, karena beberapa perangkat mungkin tidak mengizinkan pengunduhan aplikasi baru hingga daya perangkat terisi atau memiliki lebih dari 15% atau bahkan 30% daya.

2. Koneksi Internet

Cek apakah perangkat kamu memiliki koneksi internet yang stabil atau tidak, jika mungkin kamu menggunakan data seluler, atau terhubung ke WiFi tetapi sinyalnya lemah. Coba jaringan WiFi lain jika memungkinkan.

3. Error Kecil Pada Perangkat

Error kecil terkadang terjadi pada perangkat, dan penyebabnya bisa bermacam-macam. Untuk ini, silakan restart cepat ponsel kamu. Cara ini, sering kali memperbaiki sebagian besar masalah, termasuk masalah dengan Google Play Store.

4. Masalah dari Google

Jika Google Play Store mengalami masalah di seluruh sistem, coba periksa situs web downdetector. Mungkin Google mengalami masalah besar dan kamu hanya perlu menunggu pengembang untuk memperbaiki masalah ini agar Play Store bisa mengunduh kembali.

5. Periksa Ruang Kosong di Penyimpanan

Unduhan bergantung pada ketersediaan ruang penyimpanan di perangkat. Sebagian besar aplikasi hanya berukuran beberapa megabita, tetapi ada juga yang besar. Jadi, silakan cek apakah kamu memiliki cukup ruang penyimpanan di perangkat atau tidak.

6. Bersihkan Cache Google Play Store

Jika perangkat Android Anda tidak mengunduh atau menginstal aplikasi bahkan setelah semua langkah ini, mungkin ada baiknya membersihkan cache Store. Cache adalah penyimpanan sementara di mana Google Play Store menyimpan semua data yang digunakan dan/atau perlu berfungsi. Itu bisa menjadi rusak, jadi perlu diperiksa.

7. Ubah Izin Google Play Store

Permissions atau izin untuk Google Play Store, biasanya diatur secara otomatis. Jadi, kemungkinan sumber masalahnya dari ini memang kecil, tapi kamu bisa cek izin untuk Google Play Store dan coba ubah.

8. Copot pemasangan Pembaruan Google Play

Bukan rahasia lagi bahwa pembaruan perangkat lunak memiliki kecenderungan untuk menimbulkan masalah baru. Jika masalah yang kamu alami dengan Play Store dimulai setelah pembaruan perangkat lunak, kamu dapat menghapus instalan versi terbaru tersebut.


Gengs! Adanya masalah dengan perangkat atau aplikasi-aplikasi di dalamnya memang tidak menyenangkan, terutama ketika kamu tidak dapat menggunakan fitur utama seperti Google Play Store. Kabar buruknya, setelah berhasil menangangi masalah Google Play Store ini, masalah ini mungkin akan kembali lagi nanti. Tapi kamu bisa memperbaikinya lagi dengan cara-cara di atas!