search-button

Jun 27, 2022

Cara Mencegah Layar Burn In di Panel OLED

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mencegah layar burn in di panel OLED, semudah atasi burn in amoled. Dulu, masalah yang disebut 'burn in' atau 'screen burn' dengan TV OLED adalah masalah yang dianggap sangat besar. Seperti TV plasma sebelumnya, beberapa pemilik TV OLED sering panik, ketika melihat tampilan self-emissive TV OLED dan menghasilkan bayangan hantu dari elemen statis tersebut yang muncul secara permanen di gambar.


Untungnya, sekarang ini ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah layar butn ini pada panel tv OLED kamu. Cara ini akan sangat mengurangi kemungkinan layar terbakar atau burn in yang mengenai pemilik TV OLED juga. Kamu bisa menggunakan cara ini di berbagai merk TV OLED yang mungkin kamu gunakan. Ok, simak selengkapnya cara mencegah layar burn in di panel OLED berikut ini.

Cara Mencegah Layar Burn In di Panel OLED

Cara Mencegah Layar Burn In di Panel OLED


Selain menyediakan berbagai fitur untuk membantu mencegah pembakaran OLED, produsen TV biasanya memberikan panduan kepada pemilik TV OLED tentang cara menggunakan perangkat. Secara khusus, kamu disarankan untuk menghindari menampilkan gambar yang dapat menyebabkan retensi gambar. Seperti pada, gambar dengan elemen statis cerah. Burn in juga dapat dihindari dengan penggunaan TV yang 'benar', yang disarankan oleh produsen.

Cara mencegah burn in pada layar TV OLED juga bisa dilakukan dengan menghindari paparan yang terlalu lama ke elemen gambar statis yang cerah dan berwarna-warni untuk 100 jam pertama atau lebih dari penggunaan TV OLED baru. Hal lain yang sangat penting yang dapat dilakukan pengguna TV OLED untuk meningkatkan umur panjang TV adalah mengubah cara memeatikan TV menjadi siaga daripada selalu mematikannya sepenuhnya saat dicolokkan.

Cara terakhir yang dapat dilakukan oleh pengguna OLED adalah dengan mengurangi intensitas gambar secara manual, dengan mengurangi kontras, kecerahan, dan bahkan mungkin saturasi warna. Hal ini sering dapat dicapai hanya dengan beralih dari preset gambar Dinamis/Vivid atau Standar/Normal ke preset gambar agresi yang relatif rendah, seperti mode Eco LG, atau sebagian besar preset film/bioskop TV.


Gengs! Meskipun saran pengguna OLED ini jelas sangat membantu dan bisa dilakukan, tapi tidak ideal dari perspektif pengguna. Pengguna harus sangat berhati-hati tentang bagaimana ia menggunakan TV-nya dan apa yang ditonton di dalamnya. Tapi untungnya, sekarang ini layar OLED yang lebih baru bekerja jauh lebih baik dalam banyak cara berbeda untuk menghindari layar burn in. Sekian panduan cara mencegah layar burn in di panel OLED ini Have a nice day!