search-button

Sep 11, 2021

9 Cara Mengatasi WiFi Putus Nyambung Agar Normal & Stabil

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi WiFi putus nyambung agar normal & stabil, cara mengatasi wifi sering putus di Windows 10 dan di Windows lainnya. Wi-Fi yang tidak stabil sering kali disebabkan oleh kemacetan nirkabel, masalah kemacetan sering terjadi pada WiFi yang ada di kompleks apartemen atau lingkungan padat penduduk. Kita tahu, semakin banyak orang menggunakan internet, semakin besar ketidakstabilan WiFi tersebut.


Ketika banyak orang di area yang sama bekerja dari rumah atau menggunakan WiFi secara bersamaan, konektivitas akan sangat mungkin terganggu. Bagi kamu yang bertanya - tanya bagaimana cara memperbaiki Wi-Fi yang menyebalkan atau tidak stabil itu, artikel ini akan membantu kamu. Cara - cara mengatasi WiFi putus nyambung agar normal & stabil ini, bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi wifi putus nyambung di HP Xiaomi dan HP lainnya.

Cara Mengatasi WiFi Putus Nyambung Agar Normal & Stabil

Cara Mengatasi WiFi Putus Nyambung Agar Normal & Stabil


1. Unduh dan Instal Aplikasi Wi-Fi Analysis


Cara Mengatasi WiFi Putus Nyambung Agar Normal & Stabil


Cara mengatasi WiFi putus nyambung agar normal & stabil yang pertama adalah dengan menggunakan aplikasi Wi-Fi Analysis, cara ini adalah cara mengatasi Wi-Fi putus nyambung di laptop. Di Windows, banyak aplikasi gratis yang dapat menganalisis kualitas saluran nirkabel. Salah satu opsi terbaik tersedia di Microsoft Store adalah Wi-Fi Analyzer. Kami juga merekomendasikan WifiInfoView dari NirSoft atau aplikasi lainnya.


2. Ubah Manajemen Daya

Cara mengatasi WiFi putus nyambung agar normal & stabil selanjutnya adalah dengan mengubah manajemen daya, cara ini juga bisa kamu coba sebagai cara mengatasi wifi mati sendiri di Android. Jika di laptop, klik kanan ikon WiFi di sudut kanan bawah layar dan klik Open Network and Sharing Center. Klik Change adapter settings, lalu klik kanan adaptor WiFi kamu dan klik Properties > Configure > Power Management, lalu hapus centang pada kotak di sebelah ‘Allow the computer to turn off this device to save power’ dan klik Oke.


3. Setel Ulang Layanan Wi-Fi AutoConfig

Cara mengatasi WiFi putus nyambung agar normal & stabil selanjutnya adalah dengan menyetel ulang AutoConfig, cara ini juga bisa kamu coba untuk mengatasi Wi-Fi sering putus di Android. Langsung saja tekan tombol logo Windows dan R secara bersamaan di komputer kamu. Ketik services.msc dan tekan Enter, temukan WLAN AutoConfig dan klik dua kali. Sekarang, ubah jenis Startup menjadi Otomatis. Klik Apply dan OK untuk menyimpan dan keluar.


4. Perbarui Driver Adaptor Jaringan

Cara mengatasi WiFi putus nyambung agar normal & stabil selanjutnya adalah dengan memperbarui driver adaptor jaringan, cara ini bisa mengatasi WiFi IndiHome putus nyambung, Jika cara – cara di atas tidak memperbaiki masalah, kemungkinan WiFi menggunakan driver jaringan yang salah atau rusak. Untuk mengatasi masalah ini, kamu harus mencoba memperbarui pengandar adaptor jaringan nirkabel ke versi terbaru.


5. Pindah Lebih Dekat Ke Hotspot Wifi Atau Router


Cara Mengatasi WiFi Putus Nyambung Agar Normal & Stabil


Cara mengatasi WiFi putus nyambung agar normal & stabil ini sangatlah sederhana, cara paling mudah yang bisa kamu lakukan jika internet putus karena WifI tidak stabil. Ini sangat mudah dilakukan saat di rumah, karena kamu pasti tahu di mana letak Router-nya. Tapi ini juga bisa dengan mudah dilakukan di publik, asalkan kamu tahu dengan pasti di mana letak router yang kamu gunakan.


6. Putuskan Sambungan Beberapa Perangkat

Seperti yang kita bahas sebelumnya di pembukaan, jaringan WiFi yang tidak stabil bisa jadi karena penggunanya terlalu banyak. Jadi cara mengatasi WiFi putus nyambung agar normal & stabil karena ini adalah dengan memutuskan beberapa perangkat yang tersambung ke jaringan WiFi tersebut. Semakin banyak perangkat yang menggunakan jaringan nirkabel sekaligus, semakin sedikit bandwidth yang tersedia untuk digunakan setiap perangkat. Cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi internet putus nyambung pada Windows 7 dan Windows versi lainnya.


7. Jauhkan Perangkat Nirkabel Yang Berbeda Dari Satu Sama Lain

Cara mengatasi WiFi putus nyambung agar normal & stabil selanjutnya adalah dengan memindahkan dan menjauhkan perangkat WifI yang berdekatan, karena semua perangkat itu pasti mencoba mengirim data melalui udara. Telepon nirkabel, monitor bayi, perangkat Bluetooth seperti speaker nirkabel, mouse, dan jaringan nirkabel tetangga semuanya bersaing dengan jaringan WiFi yang kamu gunakan. Jasi, silakan pindahkan perangkat WiFi dari perangkat transmisi lain, atau matikan peralatan lain saat tidak digunakan.


8. Ubah Saluran WiFi

Cara mengatasi WiFi putus nyambung agar normal & stabil selanjutnya adalah dengan mengubah saluran WiFi yang kamu gunakan, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi WiFi yang sering putus di Windows 10 dan di Windows versi lainnya. Cobalah pengaturan lain untuk jaringan WiFi di router kamu, silakan pelajari terlebih dahulu caranya sesuai brand yang digunakan.


9. Coba Gunakan Speedify


Cara Mengatasi WiFi Putus Nyambung Agar Normal & Stabil


Cara mengatasi WiFi putus nyambung agar normal & stabil selanjutnya adalah dengan menggunakan Speedify, ini adalah salah satu aplikasi yang dapat menggabungkan beberapa sumber internet menjadi satu koneksi super terikat untuk streaming langsung, panggilan video, dan penelusuran web yang lebih stabil dan aman. Aplikasi ini mengambil pendekatan berbeda untuk memecahkan masalah WiFi yang tidak stabil, silakan coba.


Gengs! Silakan coba satu per satu cara yang kami cantumkan di atas, kamu boleh memulainya dari nomor mana saja. Karena memang, kami tidak menyusunnya untuk diikuti secara berurutan. Cobalah dari cara yang paling mudah kamu lakukan, ke cara yang lebih kompleks.  Jika kamu tidak yakin, lebih baik memanggil ahlinya untuk perbaikan. Sekian panduan cara mengatasi WiFi putus nyambung agar normal & stabil ini, have a nice day!