search-button

Sep 2, 2021

12 Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara mengatasi sinyal Smartfren hilang, efektif selama tidak ‘Smartfren gangguan hari ini 2021’. Jika tiba-tiba sinyal HP yang menggunakan kartu Smartfren hilang, itu pasti sangat mengesalkan. Sinyal Smartfren pada HP adalah salah satu faktor penting agar semua aktivitas kamu di dunia maya atau di HP bisa berjalan dengan lancar. Sinyal Smartfren yang hilang akan membuat kamu tidak bisa berkomunikasi lewat HP.


Ada banyak hal yang bisa menyebabkan sinyal Smartfren hilang, misalnya karena perangkat berada di luar jangkauan area jaringan, cuaca yang seadng buruk, receiver perangkat bermasalah, atau karena hal lainnya. Nah! Dalam panduan ini, kamu akan mengetahui cara- cara mengatasi sinyal Smartfren hilang, cara ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi sinyal smartfren hilang di Xiaomi dan di perangkat lainnya.

Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang

Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang


1. Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang dengan Restart Ponsel

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi sinyal yang tiba-tiba hilang adalah dengan restart ponsel kamu, cara ini adalah yang paling mudah dan praktis untuk mengatasi penyebab kenapa volte tidak muncul. Ponsel kamu akan memulai semua proses dari awal dan mencari jaringan baru secara otomatis saat hidup kembali. Proses restart ini berbeda – beda, tergantu ponsel yang kamu gunakan.


2. Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang dengan Mengaktifkan Sementara Mode Pesawat

Jika sinyal smartfren tiba – tiba hilang atau sinyal Smartfren tidak stabil, kamu bisa mencoba untuk mengaktifkan mode pesawat pada ponsel. Aktifkan mode pesawat tersebut selama beberapa menit, minimal 3 menitan. Setelah itu, silakan matikan mode pesawat lalu lihat apakah sinyal Smartfren sudah kembali normal. Jika belum, silakan coba cara selanjutnya di daftar ini.


3. Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang dengan Memperbaiki Posisi Kartu

Jika kamu sedang mencari tahu cara mengaktifkan kartu Smartfren, karena sinyal-nya tidak ada, kami sarankan untuk menggunakan cara ini terlebih dahulu. Silakan buka tempat kartu Smartfren di perangkat kamu, dan cek posisi kartu. Bisa jadi, sinyal Smartfren yang hilang itu karena kamu tidak memasangkan kartu dengan benar di ponsel. Jika iya, silakan perbaiki posisi kartu tersebut.


4. Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang dengan Mencari Sinyal Secara Manual

Jika smartfren no service di iPhone atau di perangkat kamu yang lain, mungkin karena kesalahan pada sistem. Untuk ini, kamu bisa membantu sistem untuk mencari sinyal dengan manual. Langsung saja, buka menu setting di ponsel kamu, lalu klik opsi Networks. Sekarang klik opsi Connections, lalu klik Mobile Network. Setelah itu, pilih operator dan klik opsi pilih secara otomatis. Sekarang, ponsel akan mencari sinyal secara manual.


5. Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang dengan Memperbaiki Sinyal Radio Yang Buruk

Sinyal Smartfren yang hilang juga bisa disebabkan oleh perangkat yang tidak memancarkan sinyal radio dengan baik. Untuk mengatasinya, kamu bisa memasukkan kode tertentu ke dial pad ponlsemu. Setelah itu, pilih opsi Phone Information dari menu yang muncul. Setelah itu, klik Run Ping Test, lalu scroll ke bawah dan pilih opsi LTE/GSM auto (PRL). Terakhir tombol Matikan Radio.


6. Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang dengan Beralih Mode Jaringan


Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang


Jika sinyal Smartfren lemah atau hilang di area tertentu, kamu dapat meningkatkan sinyal di ponsel dengan beralih mode jaringan. Jika mode jaringan yang kamu gunakan adalah 5G, silakan coba ke mode jaringan 4G. jika yang digunakan 4G, silakan gunakan 3G dan seterusnya. Namun, ini mungkin menyebabkan kelambatan dalam kecepatan Internet, tetapi sinyal akan diperkuat, cukup untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan.


7. Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang dengan Glass tumbler

Solusi yang tidak biasa namun bermanfaat ini dapat membantu meningkatkan penerimaan sinyal ponsel kamu di area konektivitas rendah atau katakanlah, tidak ada sinyal sama sekali. Kami menyarankan kamu untuk mencari gelas kaca, kemudian masukkan saja ponsel kamu ke dalam gelas dan voila! kemungkinan besar kamu akan menemukan beberapa sinyal di ponsel kamu.


8. Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang dengan Menginstal Booster

Banyak dari pengguna smartfren yang tidak dapat terhubung dengan benar ke jaringan di lingkungan sehari-hari seperti kantor atau rumah. Hal ini terjadi karena material seperti beton bertulang dan wire mesh digunakan dalam konstruksi bangunan, yang menghalangi sinyal ponsel. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan booster yang dapat memperkuat sinyal smartfren.


9. Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang dengan Mengubah Cara Memegang Ponsel

Ingat "Antennagate" yang terjadi pada Apple setelah peluncuran iPhone 4 dan pengguna mengeluhkan tentang sinyal yang buruk? Ya, cara memegang ponsel dengan mencengkeram ponsel dengan erat akan menyulitkan ponsel untuk mengirim dan menerima sinyal. Meskipun masalah ini mungkin tidak berlaku untuk semua telepon dan kartu apa pun yang digunakan, tetap disarankan untuk memegang ponsel dengan ringan sehingga antena di dalamnya tidak terhalang.


10. Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang dengan Mengeluarkan kartu SIM Sebentar

Langkah pemecahan masalah lain untuk dicoba adalah melepas dan kemudian menempatkan kembali kartu SIM Smartfren kamu di ponsel. Untuk ini, kamu memerlukan ejector atau alat penjepit kertas yang tidak dilipat untuk mengeluarkan baki SIM dari ponsel kamu. Silakan keluarkan kartu SIM Smartfren kamu, lalu biarkan diluar beberapa saat. Setelah itu, silakan masukkan kembali kartu.


11. Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang untuk iPhone

Cara khusus untuk pengguna iPhone yang memakai Smartfren sebagai provider-nya. Gengs, pembaruan pengaturan operator pada iPhone dapat membantu iPhone mengoptimalkan konektivitas. Untuk ‘memaksa; iPhone kamu memeriksa pembaruan pengaturan operator, buka Pengaturan> Umum> Tentang. Jika pembaruan tersedia, kamu akan diminta untuk menginstalnya. 


12. Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang dengan Mengganti Kartu


Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang


Jika ponsel dengan kartu Smartfren kamu masih gagal menerima sinyal, kami sarankan kamu untuk meneruskan panggilan ke nomor lain yang berfungsi dengan baik di lingkungan yang sama atau ganti kartu Smartfren kamu. Sinyal yang hilang mungkin terjadi karena kartu smartfren tidak cocok dengan lingkungan kamu. Kamu juga dapat mempertimbangkan untuk meneruskan panggilan (jika sangat perlu) ke telepon rumah kamu.


Gengs! Jika tidak ada satu pun cara dari kumpulan cara mengatasi sinyal Smartfren hilang di atas yang berhasil, penyebabnya mungkin adalah kartu Smartfren yang kamu gunakan sudah rusak secara fisik. Sinyal yang hilang pada Smartfren juga bisa disebabkan karena masa aktif kartu Smartfren kamu sudah habis, dalam istilah lain kartu sudah hangus. Jika memang begitu, solusi terakhir adalah yang terbaik. Have a nice day!