search-button

Apr 8, 2021

3 Cara Membagi Layar Laptop di Windows 10

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara membagi layar laptop di Windows 10, cara membuat layar laptop menjadi 2 bagian. Layar terpisah atau terbagi adalah program perangkat lunak, atau fitur yang memungkinkan pengguna membagi jendela atau layar mereka secara horizontal atau vertikal. Layar terpisah memungkinkan pengguna untuk melihat beberapa bagian dari dokumen yang sama atau beberapa file sekaligus.

 

Kamu dapat melihat satu aplikasi di satu bagian layar dan dokumen word di bagian lain, misalnya. Windows 10 memiliki fitur yang disebut "Snap Assist" yang memungkinkan kamu untuk menarik dan melepas jendela ke bagian layar yang kamu inginkan.  Jika kamu membagi layar laptop kamu, jangan berpikir caranya sama dengan cara membagi layar laptop dengan monitor, simak cara membagi layar laptop di Windows 10.

Cara Membagi Layar Laptop di Windows 10

Split Screen Windows 10

 

1. Cara mengaktifkan fitur Snap Assist di Windows 10

Ingat, ini hanya bisa dilakukan di Windows 10, ini bukan cara membagi layar laptop menjadi 2 Windows 7. Langsung saja, luncurkan Pengaturan Windows 10 dengan menekan pintasan keyboard Tombol Windows + I. Klik pada Sistem dan kemudian Multitasking dari daftar, kamu dapat melihat opsi Snap di sisi kanan layar. Silahkan aktifkan itu dengan menggeser tombol slider, setelah ini fitur Snap sudah diaktifkan di Windows 10 kamu.

 

2. Pilih salah satu opsi Snap Assist

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, cara ini berbeda dengan cara membagi layar laptop dengan 1 monitor atau cara membuat 4 monitor dalam 1 PC. Back to topic, selanjutnya kamu harus memilih salah satu opsi di Snap assist. Silahkan atur jendela secara otomatis dengan menyeretnya ke samping atau sudut layar, kamu juga bisa memilih di antara tiga opsi yang disediakan.

 

3. Cara Membagi Layar di Windows 10

Pengaturan ini tentu berbeda dengan setting dual monitor satu PC, untuk membagi layar di Windows 10 itu lebih mudah. Pertama, bukalah dua atau lebih jendela atau aplikasi di perangkat kamu lalu tempatkan mouse di area kosong di bagian atas salah satu jendela. Tahan tombol kiri mouse dan seret jendela ke sisi kiri layar, sekarang pindahkan sepenuhnya, sejauh yang kamu bisa, sampai mouse tidak bisa bergerak lagi.

Kemudian lepaskan mouse untuk menjepret jendela itu ke sisi kiri layar, sekarang jendela tersebut seharusnya sudah mengisi setengah layar, atau mengisi bagian sudut jika kamu berhasil menyeretnya ke sana. Selanjutnya pilih salah satu jendela lain yang sekarang terbuka di sisi kanan untuk memasangnya ke sisi kanan layar, sekarang kedua layar berada di samping satu sama lain, seret garis pemisah yang memisahkannya untuk mengubah ukuran kedua jendela secara bersamaan.

 

Bagaiaman ? apakah cara – cara di atas mudah diikuti? Semoga mudah. Kami sarankan untuk melihat panduan ini sambil langsung menerapkannya, karean jika hanya dibaca, mungkin itu akan sedikit membingungkan. Kami ingatkan sekali lagi, cara mebagi layar atau split screen ini hanya bisa dilakukan pada perangkat Windows 10 atau perangkat yang mendukung. Untuk split screen Windows 7 dengan cara ini mungkin akan sulit, kecuali kamu menggunakan program lain. Sekian panduan cara membagi layar laptop di Windows 10 ini, have a nice day!