search-button

Mar 3, 2021

3 Cara Cek Kebenaran Berita di WhatsApp

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara cek kebenaran berita di WhatsApp. WhatsApp adalah salah satu platform perpesanan paling populer di luar sana dan memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif bulanan. Meskipun membantu untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, aplikasi ini juga kerap kali digunakan untuk menyebarkan berita palsu dan rumor yang merugikan banyak pihak.

 

Tidak sedikit pesan berantai atau status mengenai rumor politik dan berita palsu yang meresahkan betebaran di WhatsApp, tidak sedikit pula pengguna WhatsApp yang percaya dan pada akhirnya membagikan ulang hoax tersebut. Agar kamu tidak jadi salah satu korabn hoax di WhatsApp, kamu harus tahu cara cek kebenaran berita di WhatsApp. Selengkapnya, ada di bawah ini.

Cara Cek Kebenaran Berita di WhatsApp

Cara Mengidentifikasi Berita Palsu di WhatsApp

 

1. Gambar dan Video

Cara cek kebenaran berita di WhatsApp pertama adalah lewat gambar dan video. Saat kamu menerima gambar atau video yang menyebutkan insiden tertentu, gunakan Google untuk memeriksa apakah telah terjadi insiden semacam itu. Perlu kamu ketahui, bahawa sebagian besar berita palsu tersebar menggunakan foto dan video yang telah diedit. Kita tahu sendiri, teknologi editing sudah sangat berkembang sekarang ini

 

2. Cari tag 'Diteruskan'/’Forwaded’

Cara cek kebenaran berita di WhatsApp yang kedua adalah dengan menggunakan tag Diteruskan atau Forwaded. WhatsApp telah mulai menambahkan tag 'Diteruskan' ke pesan yang diteruskan dari satu pengguna ke pengguna lain lebih dari lima kali. Meskipun kamu tidak dapat melihat berapa kali pesan telah diteruskan, kamu dapat melihat ikon panah ganda di atas pesan tersebut.

 

3. Cara Memeriksa Berita Palsu di WhatsApp dengan tag 'Diteruskan'/’Forwaded’

Cara cek kebenaran berita di WhatsApp selanjutnya! Perhatikan bahwa tag 'Diteruskan' tidak selalu berarti pesan tersebut salah, karena tag ini ditambahkan ke semua pesan yang dibagikan beberapa kali. Jika kamu menduga bahwa pesan yang diterima menyebarkan berita palsu, kamu dapat langsung mengeceknya di internet. Jangan lupa, gunakan sumber – sumber yang sudah terpercaya.

 

Ok gengs, itulah beberapa kiat atau cara cek kebenaran berita di WhatsApp yang bisa kamu lakukan sebagai upaya agar kamu tidak termakan berita hoax dan juga ikut – ikutan menyebarkan hoax itu. Selain cara – cara diatas, ada banyak cara untuk mengetahui kebenaran tentang berita tersebut. Jika kamu punya tips sendiri, jangan ragu untuk membagikannya. Be a smart reader!