search-button

Feb 1, 2021

6 Cara Menambah Kapasitas RAM di Android

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara menambah kapasitas RAM di Android. Apakah ponsel Android kamu sangat lambat sehingga kamu bahkan tidak dapat menonton YouTube? Ya, itu sering terjadi. Seiring bertambahnya usia ponsel, lebih banyak bloatware dan aplikasi yang tidak diperlukan disimpan di perangkat. Alasan utama perlambatan ini adalah karena aplikasi ini memiliki proses latar belakang yang berjalan bahkan saat tidak sedang digunakan.

 

Jika akhirnya ponsel jadi lambat, tersendat, dan macet, itu berarti ponsel tidak memiliki cukup RAM. Salah satu cara untuk mengatasi ini adalah dengan menambah kapasitas RAM di Android kamu, kamu akan menemukan cara cara menambah kapasitas RAM di Android dalam panduan ini. Disini kamu akan menemukan cara menambah RAM 1GB menjadi 4GB atau cara menambah RAM HP dengan root juga cara tanpa root.

Cara Menambah Kapasitas RAM di Android

Cara Menambah Kapasitas RAM di Android

 

1. Tingkatkan Kapasitas RAM dengan menggunakan Kartu SD

Cara menambah kapasitas RAM di Android yang pertama adalah dengan menggunakan kartu SD, cara menambah RAM Android dengan SD Card ini adalah cara yang gampang – gampang susah. Kamu dapat meningkatkan RAM di ponsel Android menggunakan kartu micro SD, tetapi ponsel kamu harus di-root. Kamu harus mempelajari cara rooting terlebih dahulu jika belum teahu tentang ini.

 

2. Periksa Apakah Perangkat Android Mendukung Swapping

Cara menambah kapasitas RAM di Android selanjutnya adalah dengan menggunakan metode swapping, cara ini juga bisa menjadi cara menambah kapasitas RAM laptop. Sangat penting untuk memeriksa apakah ponsel cerdas atau perangkat Android kamu mendukung Swapping atau tidak. Untuk melakukan ini, kamu dapat menginstal aplikasi bernama MemoryInfo & Swapfile Check.

 

3. Partisi Kartu Micro SD Yang Ada Di Perangkat Android-mu

Cara menambah kapasitas RAM di Android yang ketiga adalah dengan mem-partisi kartu Micro SD yang ada di perngakt mu, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara menambah RAM Hp Samsung dan Hp lainnya. Dengan ini, kartu micro SD akan digunakan sebagai penyimpanan memori sekunder. Untuk mempartisi kartu, kamu memerlukan aplikasi atau alat seperti aplikasi Mini Tool Partition Wizard.

 

4. Tautkan Kartu Micro SD Dengan Perangkat Android

Cara menambah kapasitas RAM di Android selanjutnya adalah dengan menautkan kartu SD dengan Android, cara ini bisa kamu jadikan sebagai cara menambah RAM Hp Xiaomi dan di Hp Android lainnya. Setelah kamu mempartisi Kartu micro SD, langkah selanjutnya adalah menautkannya dengan perangkat yang telah di-root. Untuk melakukan ini, kamu perlu mengunduh Link2SD.

 

5. Tingkatkan RAM di Ponsel Android Dengan Root Swapper

Cara menambah kapasitas RAM di Android yang kelima adalah dengan aplikasi Root Swapper, ini adalah cara menambah RAM Android dengan memori internal. Untuk ini, kamu perlu mengunduh aplikasi Root Swapper. Unduh aplikasi dan pilih peningkatan yang kamu butuhkan. Ini akan membuat file .swp, yang meningkatkan RAM Hp mu. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk melacak penggunaan memori SWAP dan mengubah preferensi penyimpanan.

 

6. Memaksimalkan Kinerja Perangkat Yang Di-Root Dan Tidak

Cara menambah kapasitas RAM di Android terkahir ini adalah tips untu meningkatkan kinerja perangkat dan mempercepat RAM-nya tanpa akses root, kamu butuh aplikasi Smart Booster untuk melakukannya. Ini adalah aplikasi pihak ketiga yang sangat ringan yang berfungsi dengan baik untuk mempercepat perangkat kamu. Silahkan unduh dan instal Smart Booster di perangkat kamu dan gunakan.

 

For your info, RAM adalah kependekan dari Random Access Memory. Pada dasarnya, di situlah perangkat kamu menyimpan informasi yang dibutuhkan dan akan dibutuhkan. Sederhananya, itu adalah memori yang memungkinkan kamu menjalankan aplikasi di perangkat. Semakin banyak RAM yang ponsel miliki, semakin cepat kinerja perangkat. Sekian panduan cara menambah kapasitas RAM di Android ini, have a nice day!