search-button

Jan 26, 2021

8 Cara Melaporkan Penipuan Online Shop di Instagram

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan cara melaporkan penipuan online shop di Instagram. Banyak orang ditipu oleh iklan di platform media sosial seperti Instagram. Beberapa produk tidak pernah sampai ke pembelinya, dan ada banyak produk yang ternyata berbeda dari yang diiklankan. Hampir semua iklan yang dimaksud berasal dari perusahaan atau online shop yang belum pernah kamu dengar sebelumnya.

 

Sulit untuk membedakan antara bisnis kecil yang mencoba menarik pelanggan baru dan penipu yang mencoba menghasilkan uang dengan cepat di Instagram. Dalam panduan kali ini, kami memuat beberapa tips atau cara dari Instagram tentang apa yang harus dilakukan ketika kamu mencurigai adanya penipuan berbentuk online shop dan juga ketika kamu sudah mengalami penipuan di Instagram, berikut cara melaporkan penipuan online shop di Instagram .

Cara Melaporkan Penipuan Online Shop di Instagram

Apa Yang Harus Dilakukan Ketika Mengalami Penipuan Di Instagram

 

1. Pencegahan\

Sebelum ke cara melaporkan penipuan online shop di Instagram, ada baiknya kamu tahu bagaiamana cara menghindari penipuan ini. Kami sarankan untuk tidak langsung percaya pada online shop di Instagram yang katanyanya menawarkan barang bagus dengan harga yang miring, apalagi dengan harga yang jauh sekali dari harga aslinya. Jangan tergiur dengan harga murah, mari berpikir secara logis.

 

2. Pencagahan II

Di panduan cara melaporkan penipuan online shop di Instagram poin kedua, masih tentang pencegahan. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang akun online shop yang kamu curigai, silahkan buka profilnya. Klik menu lalu pilih "Tentang Akun Ini", di sana kamu dapat melihat tanggal akun tersebut bergabung dengan Instagram, negara tempatnya berada, pengikut bersama, dan perubahan nama pengguna, juga semua iklan yang sedang dijalankan akun.

 

3. Pelaporan Iklan Penipuan

Jika kamu terlanjur ditipu iklan, kamu bisa melaporkan iklan tersebut ke pihak Instagram. Kamu selalu dapat melaporkan akun, iklan, atau kiriman yang menurut kamu mencurigakan atau memang kamu tahu dengan pasti itu iklan penipuan. Untuk melaporkan iklan, klik "..." di kanan atas iklan dan klik Laporkan Iklan. Ikuti petunjuk di layar perangkat kamu dan pilih "Ini scam atau menyesatkan."

 

4. Pelaporan Unggahan Penipuan

Cara melaporkan penipuan online shop di Instagram selanjutnya adalah cara melaporkan unggahan penipuan, untuk ini silahkan temukan unggahan atau postingan yang akan kamu laporkan. Jika sudah ketemu, silahkan klik Menu Lainnya yang ada di pojok kanan atas unggahan, klik pada opsi Report dari beberpa opsi yang disediakan. Sekarang, silahakn pilih alasan laporan. Selesai!

 

5. Pelaporan Komentar Penipuan

Cara melaporkan penipuan online shop di Instagram selanjutnya adalah cara melaporkan komentar penipuan, untuk ini silahkan cari komentar yang ingin kamu laporakan. Setelah itu, klik dan tahan komentar yang akan kamu laporkan itu. Sekarang, tekan tombol dengan ikon tanda tanya dalam kolom obrolan. Selanjutnya, pilih opsi Report this comment. Pilih juga alasan pelaporan It’s spam dan isi pernyataan kejelasannya.

 

6. Pelaporan DM Penipuan

Cara melaporkan penipuan online shop di Instagram selanjutnya adalah cara melaporkan DM penipuan atau pesan yang dikirimkan jalur pesan pribadi sebagai penipuan, untuk ini silahkan buka bagian DM di akun Instagram mu. Setelah itu, buka DM yang ingin kamu laporkan. Sekarang, tekan dan tahan DM tersebut hingga beberapa opsi muncul. Diantara opsi – opsi tersebut, silahkan pilih Report kemudian sertakan juga alasan pelaporan.

 

7. Pelaporan Profil Penipu

Cara melaporkan penipuan online shop di Instagram selanjutnya adalah cara melaprkan profil si penipu, cara ini bisa kamu lakukan jika kamu sudah yakin bahwa pemilih profil ini adalah penipu atau sudah melakukan penipuna. Untuk ini, silahkan buka profil akun penipu yang ingin kamu laporkan. Selanjutnya, klik Menu Lainnya di kanan atas halaman. Kemudian pilih opsi Report dan sertakan alasan pelaporan.

 

8. Pelaporan Penipu Instagram Tanpa Akun Pribadi

Cara melaporkan penipuan online shop di Instagram yang terakhir adalah cara melaporakn penipu di Instagram tanpa akun pribadi, untuk ini silahkan buka Instagram kamu. Setelah itu, bukalah halaman Bantuan Instagram dan klik opsi tidak mempunyai akun. Pilih di mana kamu menemukan penipuan tersebut, lalu pilih opsi membahayakan diri. Sekarang isilah formulir dengan lengkap lalu klik tombol Kirim. Selesai!

 

Itulah cara – cara melaporkan penipuan online shop di Instagram yang bisa kamu upayakan untuk membuat Instagram jadi tempat yang lebih aman. Seperti yang kamu lihat, kamu hanya bisa melaporkan dan membuat penipu tersebut ditindak oleh pihak instagram. Bentuk kerigian yang kamu alami, mungkin tidak bisa kembali. Karena itu, jangan sampai kena tipu di Instagram dengan lebih berhati – hati lagi. Sekian, have a nice day!