search-button

Dec 22, 2020

8 Cara Mengatasi “Storage Space Running Out” di Android

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan Cara Mengatasi “Storage Space Running Out” di Android. Jika kamu menggunakan Android, kamu mungkin pernah melihat pesan “Storage Space Running Out”, “Ruang Penyimpanan Hampir Habis - Beberapa fungsi sistem mungkin tidak berfungsi” atau “Kesalahan Mengunduh Aplikasi - Penyimpanan Tidak Cukup” saat mencoba memasang aplikasi baru dari Google Play Store.

 

Kamu mungkin dapat menyelesaikan masalah untuk sementara dengan menghapus beberapa gambar atau video, tapi masalah ini akan kembali dalam beberapa waktu kedepannya. Masalah “Storage Space Running Out” di Android ini adalah masalah yang sangat umum. Di panduan ini kamu akan mengetahui cara - cara mengatasi “Storage Space Running Out” di Android, simak selengkapnya!

Cara Mengatasi “Storage Space Running Out” di Android

Cara Mengatasi “Storage Space Running Out” di Android

 

1. Hapus Aplikasi

Cara mengatasi “Storage Space Running Out” di Android pertama adalah dengan menghapus beberapa aplikasi di ponsel Android kamu, cara ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah storage space running out Samsung atau pada ponsel Android lainnya. Aplikasi – aplikasi yang perlu kamu hapus disini adalah aplikasi – aplikasi yang mungkin tidak kamu gunakan atau yang jarang kamu gunakan.

 

2. Hapus Gambar dan Video

Cara mengatasi “Storage Space Running Out” di Android selanjutnya adalah dengan menghapus gambar atau foto dan video yang ada di penyimpanan ponsel mu, cara ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi storage space running out Xiaomi dan di ponsel Android lainnya.  Kamu bisa memilih gambar dan video yang kurang penting untuk dihapus, seperti gambar – gambar screenshot atau video tidak penting.

 

3. Pindahkan File – File

Cara mengatasi “Storage Space Running Out” di Android ketiga adalah dengan memindahkan file – file yang ada di ponsel Android mu, terlalu banyaknya file yang disimpan bisa jadi sebab storage space running out. File – file yang kami maksud disini termasuk gambar, video, dokumen, musik, rekaman suara dan sebagainya. Kamu bisa memindahkannya ke penyimpanan lain seperti flashdisk atau pindahkan ke PC mu.

 

4. Cadangkan File – File

Cara mengatasi “Storage Space Running Out” di Android selanjutnya adalah dengan mencadangkan semua file yang ada di penyimpanan ponsel Android mu, cara ini bisa dilakukan jika cara membersihkan space di Android nomor dua diatas tidak bisa kamu lakukan. Kamu bisa mencadangkan semuanya ke penyimpanan online seperti Google Drive, Cloud atau penyimpanan online yang lainnya. Setelah itu, kamu dapat menghapusnya di ponsel.

 

5. Gunakan Memori Eksternal

Cara mengatasi “Storage Space Running Out” di Android kelima adalah dengan menggunakan memori eksternal, cara ini merupakan cara mengurangi storage internal. Kamu bisa membeli memori card dan memasangnya di ponsel mu, setelah itu kamu bisa mengatur penyimpanan foto atau video yang diambil dan juga tempat instalasi aplikasi ke memori tersebut. Cara ini bisa dilakukan jika ponsel Android mu punya tempat untuk memori eksternal.

 

6. Membersihkan Cache Aplikasi

Cara mengatasi “Storage Space Running Out” di Android selanjutnya adalah dengan menghapus cache aplikasi – aplikasi yang terpasang, cara ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi Sd Card Is Running Out Of Space Xiaomi dan di ponsel Android lainnya. Untuk melakukannya, buka Pengaturan  > Aplikasi > Kelola Aplikasi. Klik pada aplikasi satu per satu, kamu akan melihat opsi untuk 'Hapus Cache' di semua aplikasi itu. Klik opsi tersebut untuk menghapus cache.

 

7. Aplikasi DiskUsage

Cara mengatasi “Storage Space Running Out” di Android ke tujuh adalah dengan menggunakan aplikasi bernama DiskUsage, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara mengosongkan internal storage. DiskUsage dapat menampilkan peta bagaimana file disimpan di ponsel, ini menampilkan file, direktori dan subdirektori sehingga pengguna dapat dengan mudah melihat direktori atau file mana yang memakan banyak ruang dan menghapusnya.

 

8. Menggunakan SD Maid

Cara mengatasi “Storage Space Running Out” di Android terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi bernama SD Maid, aplikasi ini adalah alat pembersih sistem yang ampuh untuk membersihkan file yang tidak perlu dan file hantu dari ponsel Android mu. Aplikasi ini bisa membantu kamu untuk menghapus data – data yang ditinggalkan aplikasi - aplikasi yang ada juga aplikasi yang telah dihapus.

 

Perlu kamu tau, “Storage Space Running Out” muncul ketika ruang penyimpanan ponsel habis. Masalah ini harus segera diatasi, karena ketika pesan itu muncul, kamu tidak lagi dapat memasang aplikasi baru dari Play Store dan dalam beberapa kasus, kamu bahkan tidak dapat mengambil gambar atau video. Dan terkadang, beberapa aplikasi yang ada tidak bisa terbuka dan ponsel akan sering hang atau melambat. Sekian panduan Cara Mengatasi “Storage Space Running Out” di Android ini! Have a nice day!