search-button

Dec 24, 2020

11 Cara Mengatasi Kamera Error di Android

   
Advertisements
Advertisements

HEYRIAD.COM – Inilah panduan Cara Mengatasi Kamera Error di Android. Apakah kamu sedang menghadapi masalah error pada kamera di ponsel Android mu, seperti error tidak dapat terhubung ke kamera atau error lainnya seperti munculnya pesan pemberitahuan "kamera berhenti" dan pesan pemberitahuan "tidak dapat terhubung ke kamera" saat membuka aplikasi kamera di smartphone android mu?

 

Jika iya, maka kamu membuka panduan yang sangat tepat! Kamu dapat memperbaiki masalah ini sendiri dengan menggunakan beberapa teknik atau cara yang akan kamu pelajari dari panduan ini. Cara – cara ini bisa kamu gunakan untuk memperbaiki kamera belakang Vivo Y91 tidak berfungsi juga kamera belakang tidak berfungsi pada ponsel dari brand – brand lainnya. Simak, Cara Mengatasi Kamera Error di Android berikut ini.

Cara Mengatasi Kamera Error di Android

Cara Mengatasi Kamera Error di Android

 

1. Kunjungi Pusat Perbaikan

Cara mengatasi kamera error di Android pertama adalah dengan membawa ponsel kamu ke pusat perbaikan, ini adalah tindakan paling praktis untuk mengatasi kamera belakang tidak berfungsi atau masalah lainnya. Kamu bisa membawanya ke service center resmi atau kamu juga bisa memperbaikinya di service center umum, jangan lupa untuk membawa kartu garansi jika masih ada dan berlaku.

 

2. Nyalakan Ulang Perangkat

Cara mengatasi kamera error di Android yang kedua adalah dengan menyalakan ulang perangkat Android mu, cara ini juga bisa kamu gunakan sebagai cara memperbaiki kamera Android yang tidak bisa dibuka. Setelah kamu menyadari ada masalah pada kamera ponsel Android mu, yang ditandai dengan pesan kesalahan "kamera tidak berfungsi", jangan ragu untuk memulai ulang atau merestrat perangkat.

 

3. Lakukan Reset Pabrik

Cara mengatasi kamera error di Android selanjutnya adalah melakukan reset pabrik, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara memperbaiki kamera android yang tidak terhubung juga. Tindakan ini akan mengembalikan ponsel Android ke konfigurasi awalnya, tindakan ini juga akan menghapus sepenuhnya semua data, file, dan aplikasi yang diinstal. Silahkan, buat cadangan semuanya sebelum melakukan proses ini.

 

4. Matikan Perangkat

Cara mengatasi kamera error di Android yang ke empat adalah dengan mematikan perangkat Android mu, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara memperbaiki kamera Android yang tidak terhubung. Ketika sebuah aplikasi gagal berfungsi atau error, termasuk kamera, waktunya untuk menghentikan semua aktivitas dan Matikan perangkat mu. Biarkan mati selama 10 hingga 15 menit, lalu silahkan nyalakan lagi.

 

5. Periksa Pembaruan Sistem

Cara mengatasi kamera error di Android selanjutnya adalah dengan memerikasa pembaruan sistem, sistem yang tertinggal bisa jadi penyebab kamera belakang tidak berfungsi. Pembaruan Sistem dikirim untuk meningkatkan kinerja perangkat, melalui cara inilah aplikasi inti di Android mu diperbarui. Jika kamera Android error, kamu dapat mencoba untuk memeriksa pembaruan. Buka Settings > System > System Update > Online Update dan jika ada, silahkan perbarui.

 

6. Isi Ulang Baterai Perangkat Jika Lemah

Cara mengatasi kamera error di Android ke enam adalah dengan mengisi ulang baterai ponsel Android mu, jika layar kamera gelap maka kamu harus memeriksa seberapa besar sisa daya yang dimiliki ponsel mu. Fyi, daya baterai yang kurang bisa jadi penyebab kamera tidak berfungsi dengan baik pada Android, itu juga bisa jadi penyebab kamera belakang iPhone tidak berfungsi. Jadi, silahkan isi ulang baterai ponsel mu.

 

7. Hapus Semua Aplikasi Kamera Pihak Ketiga

Cara mengatasi kamera error di Android selanjutnya adalah dengan menghapus semua aplikasi kamera pihak ketiga yang ada di ponsel, cara ini bisa kamu gunakan sebagai cara memperbaiki kamera Android yang tidak terhubung. Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu hapus instalan semua aplikasi Kamera hasil donwload-an mu. Karena satu atau lebih dari alternatif aplikasi tersebut dapat mencegah kamera sistem berfungsi sebagaimana mestinya.

 

8. Hapus Data Aplikasi

Cara mengatasi kamera error di Android ke delapan adalah dengan menghapus data pada aplikasi kamera, cara ini bisa kamu jadikan juga sebagai cara memperbaiki kamera Android yang tidak bisa dibuka. Tindakan ini secara otomatis Mereset sistem aplikasi kamera dan semua datanya akan terhapus, jadi silahkan cadangkan foto dan video ke penyimpanan lain. Untuk ini, buka Pengaturan  > Aplikasi & Pemberitahuan > Kamera> Penyimpanan > Hapus Data.

 

9. Paksa Berhenti Aplikasi Kamera

Cara mengatasi kamera error di Android selanjutnya adalah dengan memaksa berhenti aplikasi kamera, ini bisa jadai cara memeperbaiki kamera lainnya rusak tidak dapat beralih Vivo dan ponsel Android lainnya. Untuk ini, silahkan buka Pengaturan > Aplikasi & Pemberitahuan > Kamera > Paksa Berhenti lalu klik OK. Arahkan kembali ke Layar Beranda Anda, dan luncurkan aplikasi Kamera lagi untuk mengeceknya.

 

10. Periksa Apakah Aplikasi Lain Secara Aktif Menggunakan Kamera

Cara mengatasi kamera error di Android ke sepuluh adalah dengan memeriksa apakah aplikasi lain sedang menggunakan kamera atau tidak, ini biasanya ditandai dengan adanya pesan pemberitahuan "aplikasi lain menggunakan kamera". Selain pada Android, ini juga bisa menjadi penyebab kamera belakang iPhone tidak berfungsi. Untuk ini, silahkan klik ikon Aplikasi Terbaru ponsel dan tutup semua aplikasi yang terbuka.

 

11. Periksa Izin Aplikasi Kamera

Cara mengatasi kamera error di Android terakhir adalah dengan memeriksa izin aplikasi kamera, cara ini bisa menjadi cara mengaktifkan kamera depan juga. Aplikasi yang diunduh ke Android pasti meminta akses atau Izin ke fungsi inti sistem ponsel, jadi jika terjadi error pada aplikasi termasuk kamera, kamu perlu memeriksa aplikasi yang sebelumnya kamu beri Izin dan cabut akses tersebut.

 

Itulah cara – cara mengatasi kamera error di Android yang bisa kamu lakukan, cara – cara yang kami cantumkan bisa kamu gunakan pada berbagai ponsel dari berbagai brand termasuk memperbaiki kamera belakang Vivo Y91 tidak berfungsi atau kamera ponsel lainnya. Beberapa cara juga bisa kamu gunakan sebagai cara mengatasi kamera laptop Lenovo tidak bisa dibuka. Sekian! Have a good day!