search-button

Oct 3, 2019

10 Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot Agar Internet Cepat

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Gengs ! begini cara mengatasi Wifi Indihome lemot agar internet cepat. Kecepatan internet dari WiFi telah menjadi andalan semua orang, setiap gadget tersambung ke internet dengan lancar dan streaming tanpa hambatan. Tapi, ada kalanya WiFi mengalami perlambatan. Ada banyak alasan kenapa WiFi melambat atau lemot, diantaranya disebabkan oleh kemacetan sinyal, masalah bandwidth, dan keterbatasan perangkat keras.


Selain penyebab diatas, melambatnya kecepatan WiFi juga disebabkan karena kesalahan konfigurasi router broadband, gangguan nirkabel, atau masalah teknis lainnya. Yups, itu mempengaruhi kecepatan dan stabilitas koneksi internet WiFi mu. Apa pun penyebab WiFi mu menjadi lemot, kamu bisa mendiagnosis dan memperbaiki penyebabnya sendiri, sebelum menghubungi teknis ahli yang mahal. Berikut adalah cara mengatasi Wifi Indihome lemot agar internet cepat lagi.

Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot Agar Internet Cepat

Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot Agar Internet Cepat


1. Gunakan Network Extender

Penyebab kecepatan WiFi melambat salah satunya adalah karena banyaknya perangkat terpasang ke jaringan yang sama. Kamu mungkin pernah mendengar "network extender", ini adalah perangkat murah yang akan membantu mu memperluas jangkauan Wi-Fi. So, jika kamu ingin mempercepat atau memperbaiki kecepatan WiFi, kamu harus membeli dan memasang Network Extender tersebut. Kamu bisa membelinya secara online gengs !

2. Periksa Pengaturan Router

Sebagai pusat dari suatu jaringan, router broadband bertanggung jawab atas koneksi internet yang lambat jika tidak dikonfigurasi dengan benar. Misalnya, pengaturan MTU router yang tidak benar menyebabkan masalah kinerja jika disetel terlalu tinggi atau rendah. Jadi ketika indihome lemot 2019, kamu bisa memastikan pengaturan router tetap sama dengan pabrikan dan rekomendasi penyedia layanan internet. Ingat setiap perubahan konfigurasi router agar nanti dapat diubah lagi jika perlu.

3. Aktifkan Mode Jaringan Tamu dan Sesuaikan QoS

Metode atau cara mengatasi Wifi Indihome lemot paling sederhana adalah dengan mengatur router WiFi terpisah, atau kamu dapat mengaktifkan opsi "Jaringan Tamu" di router. Jaringan tamu dirancang untuk memberikan pengunjung akses terbatas ke jaringan WiFi sehingga kecepatan WiFi yang kamu gunakan tidak melambat, ini juga memberikan kemampuan untuk melindungi perangkat utama dari serangan berbasis web tertentu. Terakhir, sesuaikan pengaturan QoS router mu.

4. Hindari Gangguan Sinyal

Wi-Fi indihome tidak stabil itu disebabkan karena gangguan sinyal, yang mengharuskan komputer untuk terus mengirim ulang pesan untuk mengatasi tumpang tindih sinyal. Peralatan rumah tangga, objek besar dan padat dapat memblokir sinyal WiFi. Meski perangkat dekat dengan router, tapi diblokir oleh penghalang, mungkin itu tidak akan berhasil terhubung. Nah, cara untuk mengatasi Wifi Indihome lemot karena ini agar internet cepat lagi adalah dengan mengubah posisi router dan mengubah no salurannya.

5. Perbarui Software Router


Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot Agar Internet Cepat

Ini bukan hanya cara mengatasi Wifi Indihome lemot tetapi juga tetapi juga cara mempercepat koneksi internet indihome. Caranya adalah dengan memperbarui firmware router, ini juga dapat membuat Wi-Fi lebih efisien dan juga melindungi dari pelanggaran keamanan yang baru ditemukan. Untuk memperbaruinya ketikkan alamat IP router mu di browser untuk mengunjungi halaman administrator router dan periksa jika ada pembaruan. Mesukkan nama pengguna dan kata sandi juga untuk login.

6. Waspadai Worm & Malware Lain

Worm internet adalah program software berbahaya yang menyebar dari satu perangkat ke perangkat lainnya melalui jaringan komputer. Jika ada perangkat mu yang terinfeksi oleh worm internet atau malware lain, mereka mungkin secara spontan menghasilkan lalu lintas jaringan tanpa sepengetahuan mu, dan menyebabkan koneksi internet tampak lambat. Cara mengatasi Wifi Indihome lemot karena ini adalah dengan memperbarui anti-virus untuk menangkap dan menghapus worm/malware di perangkat.

7. Hubungi Penyedia Layanan Internet

Kecepatan internet pada akhirnya tergantung pada penyedia layanan, ISP dapat mengubah konfigurasi jaringannya atau mengalami kesulitan teknis yang secara tidak sengaja menyebabkan koneksi internet berjalan lambat. ISP juga dapat dengan sengaja memasang filter atau kontrol pada jaringan yang menurunkan kinerja jaringan.  Cara mengatasi Wifi Indihome lemot karena ini agar internet cepat lagi adalah dengan menghubungi penyedia layanan internet mu.

8. Hentikan Program Latar Belakang yang Mengganggu Bandwidth

Beberapa aplikasi software menjalankan proses latar belakang yang tersembunyi di balik aplikasi lain atau diminimalkan ke baki sistem, di mana mereka diam-diam mengkonsumsi sumber daya jaringan dan membuat indihome lemot. Tidak seperti worm, aplikasi seperti game atau program itu dirancang untuk melakukan pekerjaan yang bermanfaat dan tidak boleh dihapus dari perangkat. Silahkan cek jika ada program yang berjalan di latar belakang, lalu bersihkan. Jangan dihapus !

9. Periksa Kecepatan Jaringan

Sesekali jalankan tes kecepatan untuk memeriksa kualitas koneksi internet mu, tes ini mengungkapkan apakah outbound perangkat terganggu atau tidak. Jika kamu mendapatkan throughput yang layak pada tes kecepatan tetapi koneksi komputer tampaknya lambat, masalahnya mungkin berada di perangkat yang overtax. Untuk memeriksa jika ada komponen lain yang mempengaruhi kinerja jaringan di Windows 10, klik kanan tombol Start > Task Manager > Performance.
Baca juga:
16 Modem Wifi 4G Murah Terbaik dan Tercepat
10 Cara Memperkuat Sinyal Wifi di HP Android Biar Ngebut
7 Cara Mengatasi Wifi Android Tidak Bisa Nyala atau Hidup

10. Pastikan Router & Peralatan Jaringan Lainnya Berfungsi


Cara Mengatasi Wifi Indihome Lemot Agar Internet Cepat

Ketika router, modem, atau kabel tidak berfungsi, mereka tidak mendukung lalu lintas jaringan dengan baik pada kecepatan penuh. Gangguan teknis tertentu pada peralatan jaringan memengaruhi kinerja secara negatif meskipun koneksi masih dapat dibuat. Cara mengatasi Wifi Indihome lemot karena ini agar internet cepat lagi adalah dengan mengatur ulang dan mengkonfigurasi ulang. Coba bypassing  router, tukar kabel, dan uji dengan perangkat lain.

Kesemua cara tersebut bisa kamu lakukan sendiri gemgs, ya… jika kamu benar – benar awam tentang urusan WiFi ini, kamu bisa meminta bantuan teman yang lebih tau tentang hal semacam ini. Setelah menerapkan salah satu solusi diatas, kamu akan mendapati kecepatan WiFi mu jauh lebih baik dari sebelumnya. Ok gengs ! Itulah beberapa cara mengatasi Wifi Indihome lemot agar internet cepat lagi, Happy october !