search-button

Jun 27, 2019

10 Cara Menghemat Kuota Internet di HP Xiaomi

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Gengs ! Inilah panduan cara - cara menghemat kuota internet di HP Xiaomi. Dalam beberapa tahun terakhir, penggunaan data seluler telah meroket. Banyak aplikasi semakin lapar data dan terus-menerus mendorong pengguna untuk melakukan pembaruan ke versi baru. Sebelumnya, web surfing atau internetan itu sebagian besar digunakan dalam teks, jadi tidak terllau memakan banyak data seluler.

Sekarang, layanan streaming video telah mendapatkan popularitas luas, dan platform media sosial seperti Facebook dan Instagram juga telah mengintegrasikan layanan video sebagai daya tarik utama. Semakin sulit untuk mengurangi penggunaan data di Android termasuk pengguna Xiaomi. Karena itu di sini kami telah mengumpulkan beberapa cara menghemat kuota internet di HP Xiaomi paling efektif untuk menyimpan data.

Cara Menghemat Kuota Internet di HP Xiaomi

Cara Menghemat Kuota Internet di HP Xiaomi


1. Ditch Aplikasi Facebook

Aplikasi Facebook adalah salah satu konsumen data terbesar, karena itu cara menghemat kuota internet di HP Xiaomi yang pertama adalah dengan mengelola aplikasi Fcaebook itu. Ada dua cara menggunakan facebook agar tetap hemat data. Pertama dengan Stock aplikasi MIUI Browser dan yang kedua adalah dengan aplikasi google chrome. Yups lebih baik menggunakan browser daripada aplikasinya secara langsung jika kamu ingin benar – benar menghemat data internet. Kamu bisa menyimpan halaman faceboook mu sebagai bookmark di browser mu.

2. Batasi Penggunaan Data di Pengaturan

Selanjutnya adalah cara menghemat kuota di HP Xiaomi Note 5A, sebenarnya ini adalah cara menghemat kuota internet di HP Xiaomi tipe lainnya juga. Menetapkan batas penggunaan data bulanan mu adalah hal termudah yang dapat kamu lakukan untuk menghindari menggunakan jumlah data yang melebihi tanpa sepengetahuan mu. Kamu dapat membatasi penggunaan data seluler di Xioami mu melalui aplikasi Pengaturan.

Buka Pengaturan dan ketuk batas DataUsageBilling CycleData dan siklus penagihan. Di sana kamu dapat mengatur jumlah maksimum data yang ingin kamu gunakan dalam sebulan. Selain itu, kamu juga dapat memilih pemutusan otomatis dari jaringan apabila penggunaan melebihi batas data yang telah ditentukan.

3. Aktifkan Penghemat Data di Setiap Browser

Cara menghemat kuota internet di HP Xiaomi selanjutnya adalah dengan mengaktifkan penghemat data di browser. Banyak orang yang mungkin memiliki lebih dari satu browser di HP Xiaominya, dan jika kamu termasuk juga yang memiliki browser lebih dari satu, sebaiknya kamu mengaktifkan fitur penghemat data di browser – browser tersebut (jika ada). Untuk Browser MIUI Stock caranya buka Browser MIUI Stock > Browser > Opsi > Penghemat Data. Untuk browser lainnya seperti UC, Mozila atau Chrome caranta hampir sama, seuaikan saja ya.

4. Batasi Data Latar Belakang Aplikasi

Beberapa aplikasi tetap mengonsumsi data seluler bahkan saat HP Xiaomi mu sedang tidak digunakan. Data latar belakang memungkinkan kamu untuk menjaga aplikasi mu tetap on dan memberi mu notifikasi apabila ada pembaruan di aplikasi bahkan saat layar mati. Tetapi setiap aplikasi tidak perlu menggunakan data latar belakang setiap saat kan.

So, cara menghemat kuota internet di HP Xiaomi selanjutnya adalah dengan membatasi data latar belakang aplikasi. Ini juga adalah cara menghemat kuota di Hp Xiaomi Redmi 4X, jadi tinggal buka Pengaturan Penggunaan Data dan lihatlah statistik aplikasi mana yang mengkonsumsi berapa banyak data.

5. Gunakan Kompresi Data di Chrome


Cara Menghemat Kuota Internet di HP Xiaomi

Google Chrome adalah salah satu browser paling populer, Chrome memiliki fitur bawaan yang dapat secara signifikan mengurangi konsumsi data di Xiaomi mu. Saat kompresi data dihidupkan, semua lalu lintas atau aktivitas online mu dilewatkan melalui proxy yang dijalankan oleh Google. Data mu dikompresi dan dioptimalkan sebelum dikirim ke HP. Cara menghemat kuota di Xiaomi Redmi 5A ini menghasilkan konsumsi data yang lebih rendah dan juga mempercepat pemuatan halaman tanpa ada perubahan signifikan dalam konten web.


Nah untuk menggunakan cara menghemat kuota internet di HP Xiaomi dengan mengompresi data ini, silahkan buka Chrome, klik pada menu 3-titik di sudut kanan atas, Klik Pengaturan dan gulir ke bawah ke Penghemat Data. Di sana kamu klik di sudut kanan atas untuk mengaktifkan Penghemat Data. FYI, mengaktifkan penghemat data juga secara otomatis menerapkan Sistem Penjelajahan Aman Chrome untuk mendeteksi halaman berbahaya dan melindungi mu dari malware dan konten berbahaya.

6. Optimalkan Pengaturan Sinkronisasi Akun

Cara menghemat kuota internet di HP Xiaomi selanjutnya adalah dengan mematikan sinkronisasi akun secara otomatis. Biarkan sinkronisasi otomatis dinonaktifkan untuk aplikasi yang haus data seperti Facebook dan Google+ yang menggunakan layanan sinkronisasi untuk menyinkronkan file seperti foto dan video, itu akan menghabiskan banyak data dalam prosesnya. FYI, Google secara konstan menyinkronkan data mu setiap kali perubahan dilakukan dan sebagian besar layanan sinkronisasi ini mungkin tidak diperlukan.

Layanan sinkronisasi latar belakang ini memengaruhi konsumsi data dan masa pakai baterai mu juga loh. Untuk menyesuaikan pengaturan sinkronisasi mu, silahkan buka Settings > Accounts. Di sana kamu dapat menyempurnakan pengaturan sinkronisasi untuk berbagai aplikasi. Untuk mengoptimalkan sinkronisasi Google, ketuk Google dan matikan opsi yang tidak kamu butuhkan.

7. Gunakan Offline Google Maps

Tahu gak sih gengs, kalau kamu bisa menyimpan peta di aplikasi Google Maps ? Yups, dengan peta Google offline kamu bisa menghemat waktu dan data. Setelah peta diunduh, kamu bahkan dapat bernavigasi saat offline hanya dengan menggunakan GPS. Cara mengatur penggunaan data di Hp Xiaomi ini terbukti berguna untuk perjalanan sehari-hari dan ketika kamu bepergian, apalagi pergi ke tempat yang tidak memiliki jangkauan jaringan.

Sebaiknya unduh peta area rumah mu dan wilayah yang sering kamu kunjungi. Jadi, lain kali ketika kamu menggunakan Wi-Fi, buka Google Maps, buka Menu dan pilih "Offline Maps.". Di sana kamu dapat mengetuk "Pilih peta Anda sendiri" dan memperbesar atau memperkecil untuk memilih area yang kamu inginkan tersedia secara offline.

8. Perbarui Aplikasi Melalui Wi-Fi Saja

Salah satu cara menghemat kuota Hp Xiaomi Redmi 4A paling efektif dan cara menghemat kuota internet di HP Xiaomi tipe lainnya adalah dengan menonaktifkan pembaruan aplikasi otomatis di Play Store. Jadi, silahkan buka Play Store dan klik pada Menu > Settings > Auto-perbarui aplikasi. Pastikan kamu memilih "Perbarui aplikasi secara otomatis hanya melalui Wi-Fi." Atau, kamu dapat memilih "Jangan perbarui aplikasi secara otomatis," tetapi tidak disarankan karena kamu harus mengingat dari waktu ke waktu untuk memperbarui aplikasi secara manual.

9. Awasi Aplikasi – Aplikasi yang ada

Selanjutnya di panduan cara menghemat kuota internet di HP Xiaomi ini, kami juga punya cara menghemat kuota di Hp Xiaomi Redmi 5A. Penggunaan aplikasi yang haus data dapat secara serius mempengaruhi konsumsi data mu saat menggunakan di jaringan seluler. Kamu mungkin tidak menyadari bahwa aplikasi Foto Google mungkin menyinkronkan foto mu di latar belakang setiap kali kamu mengklik. Aplikasi media sosial seperti Facebook dan Instagram mengkonsumsi banyak data. Jadi cobalah untuk menghindari menonton video dan GIF di aplikasi tersebut.

Coba gunakan alternatif untuk beberapa aplikasi yang masih akan melakukan fungsi yang diperlukan tapi mengkonsumsi lebih sedikit data. Misalnya, Facebook Lite sebagai pilihan alternatif yang sangat lite untuk aplikasi Facebook, TweetCaster untuk aplikasi Twitter dan lainnya. Selain itu, cara mengatasi Hp Xiaomi boros kuota ini juga menghemat masa pakai baterai dan penggunaan data.
Baca juga:
10 Cara Menyimpan Hasil Download ke Kartu SD
10 Cara Menghemat Baterai Xiaomi Agar Tidak Cepat Habis
10 Cara Mengembalikan File Terhapus di Xiaomi

10. Batasi Penggunaan Layanan Streaming


Cara Menghemat Kuota Internet di HP Xiaomi

Streaming musik atau video adalah kegiatan yang paling menghabisakan data, serta gambar berkualitas tinggi. Cobalah untuk menghindarinya saat kamu menggunakan data seluler. Kamu dapat memilih untuk menyimpan musik dan video secara lokal di penyimpanan HP Xiaomi mu atau mengunduhnya saat terhubung ke WiFi. Saat streaming dengan data seluler, kamu dapat mengurangi kualitas aliran untuk menurunkan penggunaan data.

Terutama Youtube yang mengkonsumsi banyak data, jadi cara menghemat kuota internet di HP Xiaomi yang terakhir adalah dengan memastikan untuk menurunkan resolusi video saat menggunakan data seluler di Android. Ini juga merupakan metode yang paling efektif sebagai cara menghemat kuota di Xiaomi Redmi 6A.


Itulah cara - cara menghemat kuota internet di HP Xiaomi yang bisa coba kamu lakukan. Sebearnya masih banyak lagi kiat – kiat unutk menghemat kuota mu misalnya dengan mengontrol penggunaan Youtube, atau dengan memulai kebiasaan hanya mengunduh file besar melalui Wi-Fi saja. Semua tergantung kebiasaan sebenarnya. Ok! Have a nice day !