search-button

Apr 15, 2019

5 Cara Menghubungkan HP ke TV Apapun

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara - cara menghubungkan HP ke TV apapun. Teknologi ponsel atau HP terus berevolusi, banyak yang mengemas power komputer ke dalam bentuk seluler ini. Dengan demikian, smartphone menawarkan kemampuan multitasking yang spektakuler. Dari streaming video ke permainan dan mendengarkan musik, semuanya dimungkinkan dari perangkat portabel ini.

Sementara itu, meski layar internal ponsel sangat ideal untuk digunakan dan memberikan kenyamanan, banyak yang ingin menghubungkan HP-nya ke TV. Nah ! pada artikel ini, jika kamu yang termasuk ingin menghubunfkan HP-nya ke TV, maka kamu bisa pelajari cara - cara menghubungkan HP ke TV apapun berikut ini.

Cara Menghubungkan HP ke TV Apapun

Cara Menghubungkan HP ke TV Apapun


1. Kabel HDMI

Cara ini bisa menjadi cara menyambungkan HP ke Tv Polytron dan juga jenis Tv lainnya. Ok, pertama kamu harus menyiapkan sebuah kabel HDMI to HDMI yang kompatibel dengan smartphone juga Tv kamu. Setelah siap, silahkan matikan Tv kemudian hubungkan smartphone Android mu dengan Tv menggunakan kabel HDMI tadi.

Ujung kabel yang kecil untuk port smartphone, dan ujung kabel yang besar untuk socket Tv yang bertuliskan HDMI. Apabila proses pemasangan kabel telah selesai, saatnya menyalakan Tv kembali, lalu pindahkan saluran Tv ke menu HDMI. Aktifkan juga menu HDMI Connection di smartphone atau HP mu dengan menandai centang pada opsi tersebut. Selesai !

2. Chromecast


Untuk cara menghubungkan HP ke Tv biasa, mungkin kamu bisa menggunakan cara diatas saja. Cara yang satu ini diperuntukan untuk HP Android sekelasnya, sebelum ke langkah – langkahnya baiknya kita tahu dulu apa itu chromecast, jadi chromecast adalah sebuah perangkat Google yang berfungsi untuk menghubungkan HP Android ke Tv.

Ok, pertama kamu harus punya perangkat Chromecast dan Smart Tv tentunya. Selanjutnya kamu harus mengunduh aplikasi Chromecast di Google Play Store, setelah memasangnya di HP mu buka aplikasi tersebut. Kemudian silahkan pindahkan channel Tv ke HDMI Mode, setelah itu masukkan kode yang muncul di layar Tv pada aplikasi chromecast. Seleseai !

3. Screen Mirroring

Cara ini bisa menjadi cara menyambungkan HP OPPO ke Tv, juga cara menyambungkan HP Samsung ke Tv dan merk HP lainnya ke Tv. Nah, khusus untuk pengguna Smartphone atau HP dan Tv Samsung, dapat dipastikan, untuk menghubungkan HP-nya ke Tv, kamu cukup mengaktifkan fitur screen mirroring pada HP mu.

Fitur ini tersedia pada HP Samsung seri Galaxy termasuk S5, S6, S7 juga S8, fitur screen mirroring ini juga tersedia pada beberapa seri dari HP OPPO. Setelah mengaktifkannya di HP, klik tombol ‘source’ pada remote Tv Samsung kemudian pilih ‘screen mirroring’. Selesai !

4. All Share

Alih – alih menggunakan cara menghubungkan HP ke Tv dengan kabel data, kamu bisa menggunakan aplikasi bernama Allshare. Fungsi aplikasi ini sama dengan fungsi yang diberikan oleh Chromecast dari Google atau airplay dari Apple. Untuk menggunakan cara ini, HP kamu haruslah HP Samsung dari Galaxy series dan kamu harus memiliki perangkat Cast Allshare.

Ok, pertama hubungkan perangkat Cast Allshare ke Tv dengan kabel HDMI. Pindah ke HP Samsung mu, sambungkanlah ke jaringan internet lalu pada layar awal, geser dengan dua jari ke arah bawah. Buka Panel Pengaturan Cepat, lalu buka Screen Mirroring, setelah itu HP akan mendeteksi perangkat disekitar. Ketika terdeteksi, pilih dongle AllShare Cast dan input PIN yang ada. Selesai !
Baca juga:
3 Cara Menjadikan Xiaomi Sebagai Modem Wifi
5 Cara Screenshot Vivo V15 Dengan Cepat
10 Cara Mengatasi Launcher Telah Berhenti di Android

5. AirPlay


Cara Menghubungkan HP ke TV Apapun

Cara selanjutnya ini tidak bisa menjadi cara menyambungkan HP Xiaomi ke Tv,  cara menyambungkan HP ke Tv Sharp Aquos ataupun cara menyambungkan HP ke Tv Polytron Cinemax. Cara ini, dikhususkan untuk kamu yang menggunakan Tv Apple dan tentu HP dari Apple juga. Jika kamu ingin menyambungkan HP Xiaomi atau yang lainnya pada Tv Sharp Aquos, Polytron Cinemax atau yang lainnya, kamu bisa menggunkan cara – cara sebelum ini.

Dan untuk langkah - langkah menghubungkan HP Apple mu ke Tv Apple mu itu sama persisi dengan cara menghubungkan HP Android mu ke Tv dengan perangkat Chromcast, so tinggal lihat saja keatas untuk langkah – langkah lengkapnya dan jangan lupa untuk terhubung dengan jaringan internet.


Demikianlah cara - cara menghubungkan HP ke TV apapun, diantara cara – cara diatas pasti ada cara menyambungkan HP ke Tv Panasonic juga yang mungkin sedang kamu cari. So ! silahkan pilih cara yang paling kamu pahami dan yang paling mungkin kamu lakukan dirumah, tentunya dengan peralatan yang telah tersedia. Have a great day !