search-button

Apr 16, 2019

10 Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Semua Model

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara - cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model. Ada kalanya kamu harus mengetahui apakah HP Xiaomi mu berfungsi dengan baik atau mungkin ada software maupun hardware yang tidak berfungsi. Apalagi jika HP Xiaomi mu baru saja secara tidak sengaja terjatuh ke tanah atau terkena tumpahan air atau ketika kamu akan membeli Xiaomi second, tentu kamu harus memastikan kondisinya yakan...

Nah, jika benar kamu ingin mengetahui kondisi HP Xiaomi mu itu tapi kamu tidak tau caranya, maka kami telah membuka panduan yang tepat. Jadi, disini kamu akan mempelajari berbagai cara untuk mengetahui apabila ada kerusakan pada HP Xiaomi mu sendiri, yups ! gak perlu dibawa ke tukang reparasi dulu. Langsung saja, inilah cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model.

Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Semua Model

Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Semua Model


1. Settings

Cara mengecek kerusakan HP yang pertama ini bisa jadi cara cek HP Xiaomi Redmi 3 dan juga tipe lainnya. Kamu bisa mengecek kondisinya lewat menu Settings atau Pengaturan, kemudian klik ‘Tentang ponsel’ dan ketuk empat kali pada Versi Kernel. Kamu akan mendapatkan prompt bahwa kamu memasuki area 'CIT'. Setelah berada di zona 'CIT' atau pengujian, kamu dapat mulai menguji area perangkat keras yang tepat yang ingin kamu periksa fungsinya.

Jika kamu mulai dari awal, setiap tes akan membawa kamu ke tes berikutnya sampai selesai. Jika ada kesalahan di area tersebut, kamu dapat melihat bahwa perangkat akan menandainya sebagai kesalahan atau kerusakan. Setelah pengujian lengkap, kamu dapat menyimpan hasilnya atau mengirimkannya ke tim Xiaomi Dev untuk dianalisis atau sebagai laporan bug.

2. Fisik HP

Dengan mengecek fisik atau body HP, bisa menjadi cara cek HP Xiaomi 4x dan tipe lainnya juga. Cara ini merupakan cara paling simple dan bisa dilakukan oleh semua orang. So, ketika mungkin kamu akan membeli HP Xiaomi second, kamu harus memeriksa setiap bagian luar maupun dalam body-nya dengan seksama. Meski kerusakan pada body luar tidak banyak yang menghiraukan, tapi kerusakan itu berpotensi menyebar ke bagian lain HP. Sebagai acuan, kami akan memberitau mu bagian mana saja yang wajib kamu periksa.

Pertama bagian LCD, pastikan bagian ini mulus dan touchscreennya masih normal atau responsive. Kedua, Body HP harus bebas dari retak atau pecah, jika ada lecet itu masih wajar. Ketiga tombol keras HP (jika ada), bagian ini juga harus normal ketika ditekan, tidak terlalu keras atau hampir copot. Terakhir adalah bagian kamera, kamu harus memastikan lensa kamera tidak ada lecet, ataupun retak.

3. Jaringan

Cara untuk mengecek kerusakan pada Xiaomi ini, bisa menjadi cara cek HP Xiaomi 4a juga Xiaomi tipe lainnya. Kamu bisa mengecek jaringan dengan cara manual atau langsung, untuk mengeceknya ada 4 hal yang perlu diperhatikan yaitu kartu SIM, Wifi, sinyal dan IMEI. Kamu harus memastikan kedua slot kartu SIM masih terbaca, memastikan Wifi masih bisa dipakai dengan menyambungkannya ke hotspot dari HP lain.

Dan kamu juga harus memastikan sinyal pada HP muncul, stabil dan tidak lemah. Yang terakhir, kamu harus memeriksa nomor IMEI-nya, nomor tersebut harus terbaca dengan baik. Sebagai tambahan, kamu bisa mengecek jaringan dengan menjalankan browser, melakukan panggilan telepon atau mengirim SMS.

4. Mode Engineering

Selanjutnya adalah cara cek HP Xiaomi 5a dan cara cek Xiaomi tipe lainnya. Setelah kamu mengcek body luar Xiaomi, selanjutnya kamu harus mengecek HP dengan mode Engineering. Dengan metode Enginering ini, kamu bisa mengecek hardware HP Xioami mu. Caranya, buka Dial Pad lalu masukkan kode *#*#64663#*#* tanpa menekan tombol panggil. Setelah itu menu Engineering akan muncul dengan banyak pilihan hardware - hardware yang bisa dicek.

Kamu bisa memilih semuanya untuk dicek jika mau, tapi kami sarankan untuk memilih yang penting - penting saja, seperti Keypad (Tombol Power, Volume Up, Volume Down, Menu, Home dan Back), Backlight layar, LCD, Touchpal (Touchscreen), Led Indicator, Battery, Bluetooth, GPS, Speaker, Proxymity Sensor, Gyro Sensor, MiuiMainCamera, dan terakhir headset.

5. Multimeter (AVOMeter)


Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Semua Model

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan multimeter (AVOMeter), dengan menggunakan  AVOMeter ini bisa menjadi cara cek HP Xiaomi Note 4 juga Xiaomi tipe lainnya. Jadi AVOMeter atau Amphere Volt Ohm Meter ini berfungsi untuk mengukur arus listrik, tegangan, dan hambatan pada listrik. Nah, jika HP Xiaomi mu tidak mennyala karena kemasukan air, mati total karena di charger terlalu lama, mati syok setelah jatuh/terbentur, atau tiba-tiba mati begitu saja, pengecekan dengan AVOMeter ini adalah yang paling benar.


Caranya atur AVOMeter ke 10 volt, lalu hubungkan kutub positif pada AVOMeter dengan kutub positif pada baterai, dan kutub negatif pada AVOMeter dengan kutub negatif pada baterai. Perhatikanlah jarum pada AVOMeter, itu harus menunjukkan minimal 3,7 volt karena voltage standar baterai HP Xiaomi adalah 3,7 volt. Jika voltage kurang dari 3,7 volt maka kamu harus mengejutkan aliran listrik pada baterai menggunakan Power Suplay, setelah itu coba nyalakan HP lagi. Selanjutnya untuk mengcek konektor baterai dengan AVOMeter, kamu harus mengaturnya pada Ohm-Meter X1.

Setelah itu hubungkan kabel warna merah (+) AVOMeter ke konektor baterai kutub positif (+) dan hubungkan kabel warna hitam (-) AVOMeter ke konektor kutub negatif (-). Kamu harus memastikan jarum bergerak naik, jika jarum tidak bergerak artinya terdapat kerusakan di jalur VBatt. Setelah itu cek lagi dengan cara membalik posisi kabel, kabel warna merah (+) AVOMeter ke konektor baterai negatif (-) dan kabel warna hitam (-) AVOMeter ke konekor baterai positif (+). Pastikan jarum tidak bergerak, jika jarum bergerak naik tinggi itu artinya ada komponen HP Xiaomi mu yang rusak, silahkan lakukan pengecekan menggunakan Power Suplay.

6. Pengaturan Brightness

Cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model selanjutnya adalah dengan memanfaatkan pengaturan Brightness. Cara ini dapat membantu kamu untuk mengetahui apabila ada kerusakan screen bleeding pada HP Xiaomi mu. Screen bleeding itu adalah kebocoran layar, jadi panel yang ada di dalam layar HP mengalami kerusakan. Tanda adanya terjadinya screen bleeding adalah adanya titik cahaya dari depan layar HP, tapi itu tidak terlalu terlihat.

Karena itu, kamu bisa menggunakan pengaturan brightness layar untuk melihat apakah layar HP Xiaomi mu mengalami screen bleeding atau tidak. Ok ! pertama, kamu harus membuka gambar berwaran solid hitam atau putih, kemudian atur brightness pada tingkat maksimal. Ketika itulah akan terlihat jelas jika layar HP mu bermasalah.

7. Aplikasi Pihak Ketiga

Cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model selanjutnya masih berhubungan dengan screen bleeding, kali ini kamu akan bisa mengetahui apakah terjadi screen bleeding pada HP Xiaomi mu dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu unduh di Play Store.  Banyak aplikasi yang memiliki fungsi untuk itu, tapi disini kamu sarankan untuk menggunakan Screen Test dari Amberfog. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi Screen Test dari Amberfog di Play Store, memasangnya di HP Xiaomi mu kemudian tinggal jalankan dan ikuti intruksinya.

8. Kode

Masih berhubungan dengan pengecekan kerusakan pada layar HP Xiaomi mu, kali ini kita tidak hanya akan mengecek apakah terjadi screen bleeding pada layar tetapi juga mengecek kerusakan lainnya yang mungkin terjadi pada layar HP Xiaomi. Untuk caranya, kamu hanya perlu membuka aplikasi Telepon kemudian buka dial pad, disana ketikkan kode ####1111# atau *#*#0*#*#* secara otomatis akan muncul banyak pilihan item untuk di cek, kamu hanya perlu memilih satu atau semuanya jika ingin mengecek semuanya.

9. Kode Lain

Untuk cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model selanjutnya, kita masih menggunakan kode. Seperti biasa, silahkan akses aplikasi Telepon kemudian beralih ke dialpad dan ketikan kode *#*#4636#*#* lalu klik tombol call). Setelah itu HP Xiaomi mu akan masuk ke menu tersembunyi, disana terdapat beberapa informasi, diantaranya Phone Information untuk setiap SIM Card yang digunakan, Battery Information dan lainnya.

Jadi kamu tinggal memilih mana yang ingin kamu ketahui kondisinya, katakanlah disini kamu memilih opsi Battery Information. Ketika kamu memilih itu secara otomatis akan ditampilkan informasi kondisi baterai, jika disana tertulis kata Good maka itu artinya kondisi baterai HP bagus atau sehat.
Baca juga:
12 Cara Cek Xiaomi Asli atau Palsu 100% Akurat
20 Gadget Xiaomi Canggih Selain HP 2019
10 Cara Memperbaiki Tombol Navigasi Home Xiaomi Tidak Berfungsi

10. QC Test


Cara Cek Kerusakan HP Xiaomi Semua Model

Cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model yang terakhir adalah dengan menggunakan QC Test. Kamu tidak perlu mendownload QC Test ini, karena QC Test ini sudah ada di HP cuma kamu tidak menyadarinya saja. Untuk mengakses QC Test kamu hanya perlu menekan tombol dial *#*#6484#*#* , secara otomatis akan muncul sekitar 35 menu. Menu - menu tersebut adalah menu untuk pengecekan, kamu tinggal memilih satu menu untuk melakukan pengecekan atau jika kamu mau, kamu bisa mengecek semuanya secara otomatis.

Caranya, buka pengecekan nomor satu dahulu kemudian ikuti langkah selanjutnya hingga pengecekan berakhir. Perlu diperhatikan, ketika pengecekan berlangsung kamu harus membaca intruksi pada layar sebelah atas dengan seksama. Lakukan intruksi ketika kamu sudah paham, agar mendapatkan hasil maksimal.


Itulah cara - cara cek kerusakan HP Xiaomi semua model yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah, diantara cara – cara pengecekan diatas, ada cara yang bisa menjadi cara cek Xiaomi asli dengan kode, cara cek sensor HP Xiaomi dengan mode engineering, juga cara cek spek HP Xiaomi. Setelah ini, kamu akan mengetahui sendiri kondisi HP Xiaomi mu. Have a fun testing !