search-button

Sep 10, 2019

7 Cara Memperbaiki Tombol Home VIVO Tidak Berfungsi

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Inilah cara memperbaiki tombol Home VIVO tidak berfungsi. Ketika tombol Home atau tombol beranda ponsel VIVO kamu tidak berfungsi, maka ini akan berakibat pada penggunaan ponsel, Ya ! kamu akan menghadapi banyak kesulitan untuk menggunakan ponsel karena semua fungsi eksternal pada ponsel dilakukan oleh tombol home.


Bingung, mengapa tombol home ponsel VIVO kamu tidak berfungsi? Dan apa penyebab di baliknya? Kami akan jelaskan di sini. Kami juga akan memandu kamu dengan cara - cara memperbaiki tombol Home VIVO tidak berfungsi yang paling sederhana. So, ikuti saja panduan lengkapnya dibawah ini.

Cara Memperbaiki Tombol Home VIVO Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Tombol Home VIVO Tidak Berfungsi


Penyebab Tombol Home Tidak Berfungsi

Tidak ada penyebab khusus yang membuat tombol beranda tidak berfungsi di Android Smart Phone, tetapi kami dapat menebak beberapa masalah yang terjadi pada VIVO kamu, yang menyebabkan tombol Home tidak bekerja. Berikut ini adalah daftar kesalahan atau error yang mungkin terjadi pada VIVO kamu.
  • Kerusakan fisik tombol home
  • Kerusakan koneksi tombol home
  • Firmware tidak berfungsi dengan benar
  • Perangkat keras tidak berfungsi dengan benar

Cara memperbaiki Tombol Home Tidak Berfungsi

1. Bersihkan Tangan

Cara memperbaiki tombol Home VIVO tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan membersihkan tangan kamu sebelum menyentuhnya. Listrik statis, keringat, dan minyak di tangan kamu dapat mengakibatkan ponsel tidak memiliki respons terhadap sentuhan. Jadi, pastikan tangan kamu bersih dan kering serta bebas dari daya statis sebelum menyentuh tombol home lagi.

2. Jauhkan Dari Magnet

Magnet dapat memengaruhi ponsel Vivo kamu dan menyebabkan layar sentuh termasuk tombol Home tidak berfungsi dengan benar. Karena itu, jauhkan ponsel Vivo kamu dari medan magnet yang mungkin terdapat disekitar kamu, misalnya dari speaker aktif, mic atau barang – barang lainnya yang memiliki magnet.

3. Aplikasi Tombol Virtual

Dengan cara memperbaiki tombol Home VIVO tidak berfungsi ini, kamu dapat menggunakan ponsel secara maksimal dan bebas. Meski tombol Home pada ponsel tidak berfungsi. Untuk mengaktifkannya, ikuti tutorial berikut ini…
  • Unduh aplikasi tombol virtual seperti AssitiveTouch, atau kamu bisa memilih salah satu aplikasi di Play Store,
  • Setelah mengunduh, klik untuk menginstalnya lalu klik lagi untuk membukanya,
  • Berikan izin untuk mengakses jika diperlukan, kamu juga dapat melakukan kustomisasi Aplikasi jika mau,
  • Jalankan aplikasi di latar belakang dan jangan pernah menutup aplikasi. Jika kamu menutupnya dari latar belakang maka tombol virtual tidak akan berfungsi, beres !

4. Copot Aplikasi Baru

Cara Memperbaiki Tombol Home VIVO Tidak Berfungsi

Cara memperbaiki tombol Home VIVO tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan mencopot aplikasi yang baru saja kamu pasang. Cara ini bisa kamu gunakan jika VIVO kamu telah diroot, kenapa harus dihapus ? karena ada beberapa aplikasi yang dapat menyebabkan tombol Home tidak berfungsi. Jelasnya, kamu telah melakukan tweak yang menyebabkan perubahan perintah saat pengguna menekan tombol home.

5. Perbaiki Firmware

Cara memperbaiki tombol Home VIVO tidak berfungsi selanjutnya berhubungan dengan firmware. Firmware ponsel yang gagal diperbarui karena terputusnya internet atau masalah lain, mengakibatkan sistem rusak dan menyebabkan tombol Home juga layar tidak bisa digunakan. Dengan demikian, kamu dapat mengunjungi situs web resmi VIVO untuk menemukan firmware pembaruannya, atau meminta langsung firmware dari penjual.

6. Unroot VIVO

Kami sarankan untuk melakukan unroot pada VIVO kamu, jika memang tombol Home tidak berfungsi ketika kamu baru saja melakukan root. Sangat mungkin sekali, tombol home jadi tidak berfungsi karena custom ROM yang tidak cocok dengan VIVO. Sebenaranya kamu bisa mengganti custom ROM nya ke yang lebih cocok, tapi seperti yang kami sarankan sebelumnya lebih baik menggunakan yang original.

7. Factory Reset

Baca juga :
Cara Membuat Folder Baru di VIVO (3 Langkah)
Cara Mudah Unmirror Kamera Depan Vivo (3 Langkah)
2 Cara Menjadikan VIVO Sebagai Modem Wifi

Cara memperbaiki tombol Home VIVO tidak berfungsi selanjutnya adalah dengan melakukan factory reset. Selain dapat memperbaiki tombol Home yang tidak berfungsi, factory reset juga dapat memperbaiki masalah – masalah kecil lainnya pada VIVO. Jika kamu telah memutuskan untuk menggunakan cara ini, kamu harus mencadangkan semua file dan data pada VIVO sebelum memulai factory reset.


Jika tombol Home tidak kembali normal setelah mencoba cara - cara memperbaiki tombol Home VIVO tidak berfungsi di atas, mungkin tombol fisiknya rusak. Kamu dapat membawanya ke pusat layanan untuk memperbaikinya atau hubungi layanan aftersale untuk mendapatkan bantuan. Sebaiknya perbaiki tombol beranda ponsel cerdas VIVO kamu hanya di pusat layanan seluler VIVO resmi. Jika tidak, kamu dapat berisiko membatalkan garansi telepon yang kamu miliki. Sekian, have a good day !