search-button

Sep 10, 2019

4 Cara Menyambungkan HP OPPO ke TV

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Begini cara menyambungkan HP OPPO ke TV. Apakah kamu suka menonton video di YouTube, Netflix, atau menonton rental film terbaru di Google Play store dengan perangkat Android OPPO mu ? Memang, dengan HP kamu bisa menonton dimana pun tapi masalahnya adalah sebagian besar perangkat seperti itu memiliki layar yang tidak terlalu besar untuk menonton film. Apalagi jika kamu suka menonton bersama teman atau keluarga.


Karena sebagian besar rumah memiliki TV besar, kenapa tidak menghubungkan perangkat Android OPPO mu ke TV agar bisa menonton bersama di sana. Cara menghubungkan HP mu ke TV tergantung pada teknologi yang digunakan oleh kedua perangkat, apakah itu wired atau wireless. Di bawah ini kami menuliskan tentang cara menyambungkan HP OPPO ke TV termudah, silahkan simak uraiannya berikut ini.

Cara Menyambungkan HP OPPO ke TV


Cara Menyambungkan HP OPPO ke TV


1. Kabel HDMI


Cara Menyambungkan HP OPPO ke TV

HDMI adalah singkatan dari High-Definition Multimedia Interface yang merupakan salah satu koneksi yang paling populer. Kamu mungkin sudah menggunakannya untuk menghubungkan televisi mu ke set-top box atau konsol game, tetapi untuk perangkat seluler akan sedikit berbeda. Kamu harus tau bahwa HDMI memiliki tiga ukuran yang berbeda yaitu,  Tipe A (ukuran penuh, reguler), Tipe C (Mini) dan Tipe D (Mikro).

Tipe A (ukuran penuh, reguler) digunakan untuk perangkat yang besar seperti konsol, TV dan monitor, Tipe C (Mini) dan Tipe D (Mikro) lebih umum digunakan pada perangkat portabel termasuk tablet, camcorder dan action cam. Kamu dapat membeli Mini HDMI ke HDMI atau kabel Micro HDMI ke HDMI atau adaptor Mini / Micro HDMI secara online. Kamu juga harus memeriksa HP OPPO mu untuk melihat jenis koneksinya sebelum membeli kabel.

Cara menyambungkannya sangat sederhana, kamu tinggal memasukkan kabel ke OPPO dan kemudian menghubungkannya ke port HDMI cadangan di bagian belakang atau samping TV mu. Catat nomor port yang biasanya ditulis sebagai AV1, AV2, dst. Gunakanlah tombol AV remote TV mu untuk memilih input yang benar. Setelah semuanya benar, maka apa pun yang ditampilkan di layar ponsel OPPO mu akan ada pada layar TV.

2. Kabel MHL


Cara Menyambungkan HP OPPO ke TV

Jika HP OPPO mu tidak menyediakan port HDMI, ada kemungkinan HP OPPO mu akan dapat membuat koneksi HDMI melalui Mobile High-Definition Link (MHL) sebagai gantinya. MHL memanfaatkan port USB mikro ponsel yang kamu gunakan untuk mengisi daya, dengan menggunakan kabel yang memiliki koneksi HDMI ukuran penuh di ujungnya. Perbedaan menggunakan MHL dan HDMI adalah bahwa MHL tidak hanya memungkinkan untuk menonton dan mendengarkan media dari HP di TV, tetapi juga mengisi daya perangkat secara bersamaan.

Keuntungan lainnya adalah bahwa kamu akan dapat menggunakan ponsel cerdas atau remote TV untuk bernavigasi di sekitar ponsel dan memutar media. Jika TV kamu tidak mendukung MHL, kamu akan memerlukan adaptor. Karena ada tiga versi MHL yang berbeda, kamu harus memeriksa spesifikasi perangkat mu sebelum membeli adaptor, untuk memastikan kamu memilih kabel MHL yang tepat.

3. Nirkabel Google Chromecast

Cara Menyambungkan HP OPPO ke TV

Google Chromecast sejauh ini merupakan cara termurah dan termudah untuk menghubungkan perangkat Android mu secara nirkabel ke TV. Dengan Google Chromecast apapun yang kamu lakukan tidak akan dicerminkan ke layar selama pemutaran konten ke layar TV, bagus untuk privacy kan. Dengan menghubungkan ‘dongle ke port HDMI di TV mu dan akan menghubungkannya ke jaringan nirkabel. Dan karena semuanya dikendalikan melalui Wi-Fi dari komputer, HP mu, Chromecast dapat terselip di tempat yang tidak terlihat.

Ok untuk caranya, unduh aplikasi Chromecast dari Google Play Store dan kemudian hubungkan HP mu ke jaringan Wi-Fi lokal Chromecast. Setelah terhubung, gunakan aplikasi untuk menghubungkan Chromecast ke jaringan Wi-Fi rumah. Ketika semua pengaturan beres, kamu akan melihat Chromecast menampilkan wallpaper HP di TV mu. Tidak ada antarmuka pengguna, karena Chromecast adalah perangkat tempat mengirim dan mengontrol konten melalui perangkat android, alih-alih memiliki aplikasi bawaannya sendiri.

Chromecast bekerja dengan cara yang mirip dengan Apple TV dan AirPlay. Dari aplikasi yang didukung, klik tombol Chromecast, pilih perangkat Chromecast yang ingin kamu gunakan dan pilih juga konten yang akan diputar di TV. Perlu diingat bahwa kamu sebenarnya tidak streaming dari perangkat kontrol ke Chromecast. Alih-alih, seperti halnya AirPlay, perangkat pengendali mu terkoneksi ke Chromecast dan memberitahukannya dari mana ia dapat mengakses konten tersebut. Chromecast kemudian mengambil alih tugas pemutaran, memungkinkan kamu menggunakan PC, HP, atau tablet mu untuk apa pun.

4. Miracast


Cara Menyambungkan HP OPPO ke TV

Untuk menghubungkan HP OPPO ke TV melalui Miracast, alihkan TV mu ke input Miracast-nya. kadang-kadang Miracast terdaftar sebagai input AV, kadang-kadang juga ada dalam pengaturan, untuk memastikannya, kamu perlu memeriksa buku manual atau searching tentang itu. Setelah miracast aktif pada HP OPPO mu, bukalah Pengaturan, klik Tampilan dan kemudian pilih untuk tampilan Nirkabel.
Baca juga;
Cara Mudah Mengetahui Garansi Resmi OPPO (3 Langkah)
6 Cara Membuka Aplikasi Terkunci di HP OPPO
6 Cara Menyalakan Flashlight/Senter OPPO


Langkah ini mungkin sedikit berbeda untuk masing – masing tipe HP OPPO yang kamu gunakan. Selanjutnya aktifkan fitur tampilan Nirkabel, dan tunggu sebentar ketika perangkat mencari dongle atau TV Miracast mu. Ketika muncul di daftar, pilih untuk terhubung, dan setelah beberapa saat kamu akan melihat perangkat Android OPPO mu dicerminkan di layar TV. Beres !


Itulah cara - cara menyambungkan HP OPPO ke TV yang paling mudah yang bisa kamu praktekan segera di rumah. Untuk cara ketiga dan empat dengan menggunakan jalur nirkabel, kamu harus siap dengan Wi-Fi yang aktif. Jika tidak ada Wi-Fi maka kami sarankan untuk mencoba cara nomor satu atau dua dengan kabel, kamu hanya perlu mengeluarkan sedikit uang untuk membeli kabel yang sesuai. Have a good day !