search-button

Sep 10, 2019

4 Cara Menyambungkan HP Samsung ke TV

   
Advertisements
Advertisements
HEYRIAD.COM – Begini cara menyambungkan HP Samsung ke TV. Samsung telah memuaskan penggunanya dengan memberi layar yang besar pada produk – produknya. Berkat layar yang besar dari produk - produk tersebut pengguna dapat bermain game, menonton video, dan menjelajahi Web dengan lebih nyaman. Tetapi kadang - kadang tampilan layar terpotong, meski pada layar berukuran 5 inci.


Tapi tenang ! ukuran layar tersebut masih bisa diperbesar loh gengs, cara memperbesarnya yaitu dengan menghubungkannya ke TV. Apa kamu sudah tau cara menyambungkan HP Samsung ke TV ? belum ? Its Ok, karena kami akan membantu kamu. Cukup baca dan pelajari saja panduan yang telah kami susun berikut ini.

Cara Menyambungkan HP Samsung ke TV

Cara Menyambungkan HP Samsung ke TV


1. Adaptor MHL

Cara menyambungkan HP Samsung ke TV paling mudah adalah dengan adaptor MHL, yang memungkinkan kamu untuk mencerminkan semua yang kamu lihat di layar ponsel ke televisi. Kamu dapat menggunakan adaptor resmi dari Samsung untuk kemudahan yang lebih, tapi kamu juga bisa menggunakan adpator merk lain yang jauh lebih murah. Keuntungan menggunakan MHL adalah suara stereo yang tajam dan koneksi video yang tidak terputus. Kelemahannya adalah kebanyakan kabel berukuran pendek dan kamu mungkin harus bangun setiap kali ingin mengubah apa yang sedang diputar.
  • Untuk mengaturnya, kamu memerlukan adaptor MHL-ke-HDMI, serta kabel HDMI. Ingat, semakin panjang kabel, semakin panjang juga jangkauan yang kamu miliki dari HP ke televisi,
  • Adaptor MHL dihubungkan ke port micro USB HP, lalu hubungkan charger ponsel kamu ke port di sisi adaptor MHL,
  • Kemudian colokkan charger ke dinding, sambungkan kabel HDMI ke adaptor, dan colokkan ujung lainnya ke porta bebas di TV,
  • Untuk mendapatkan kualitas audio terbaik, tarik menu Pengaturan pada HP, lalu navigasikan ke Perangkat Saya > Aksesori, tekan Output audio, dan pilih Surround.

2. Wireless Hub

Keuntungan terbesar dari menggunakan nirkabel adalah kebebasan untuk bergerak dengan HP sambil tetap terhubung ke TV. Ini sangat membantu jika kamu sedang bermain game, atau ketika hanya sedang menonton video di YouTube. Kelemahannya adalah mungkin video dan audio yang sedang diputar kadang-kadang dapat terpotong, dan audio memiliki kecenderungan untuk tertinggal. Pengaturannya juga jauh lebih mahal jika kamu belum memiliki perangkat yang kompatibel.

Cara termudah untuk menyambungkan lewat nirkabel adalah dengan memiliki Smart TV 2013 atau versi diatasnya yang kompatibel dari Samsung. Kamu juga dapat menggunakan pemutar Blu-ray Samsung dengan AllShare Cast, seperti BD-F7500. Jika tidak memiliki keduanya, kamu dapat membeli AllShare Cast Wireless Hub dari Samsung, yang memungkinkan untuk mengubah HDTV apa pun menjadi tampilan tambahan untuk HP Samsung kamu.

Untuk menghubungkan HP tanpa kabel, buka Pengaturan HP lalu ketuk Koneksi > Pencerminan layar. Nyalakan mirroring, dan HDTV, pemutar Blu-ray, atau AllShare Hub kamu maka yang kompatibel akan muncul di daftar perangkat. Pilih perangkat kamu dan mirroring akan dimulai secara otomatis.

3. Chromecast

Cara menyambungkan HP Samsung ke TV selanjutnya adalah dengan menggunakan Chromecast. Chromcast berbentuk seperti USB flashdisk yang berfungsinya sebagai Wi-Fi atau hotspot. Disini kita akan menggunakan HP Samsung kamu sebagai Hotspot dan TV sebagai Wi-Fi sehingga keduanya dapat dihubungkan tanpa harus menggunakan kabel HDMI. Dibawah ini adalah langkah – langkah bagaimana cara menggunakan Chromecast untuk menyambungkan HP Samsung kamu dengan TV.
  • Siapkan perangkat Chromecast, kamu dapat membelinya secara online atau di toko peralatan TV,
  • Hubungkan Chromecast dengan TV lewat port HDMI yang tersedia, lalu aktifkan hotspot HP Samsung kamu,
  • Buka aplikasi Chromcast lalu buka Pengaturan, aturlah kodenya untuk menyesuaikan perangkat agar tersambung,
  • Cek apakah HP Samsung dan TV sudah sinkron, jika sudah maka HP Samsung kamu sudah terhubung ke TV.

4. Kabel HDMI

Baca juga:
4 Cara Menghubungkan Android Box ke TV
2 Cara Menjadikan Android Sebagai Remote TV
Review 10 Smart TV Murah Terbaik (20 inch, 32 inch, 40 inch)

  • Pastikan HP Samsung dan TV kamu mendukung fitur koneksi HDMI, lalu siapkan adapter HDTV dan sambungkan kabel HDMI dari TV ke adapter HDTV,
  • Sambungkan bagian lebih kecil dari adapter HDTV ke port pengisian daya HP Samsung kamu,
  • Gunakan pengisi daya HP dan sambungkan ke adapter HDTV, ini dilakukan karena adapter membutuhkan daya eksternal untuk menyambungkan TV dan HP. Sambungkan charger ke sebuah port out di adapter HDTV,
  • Buka saluran HDMI TV lalu ubah saluran TV sehingga tampilan dari port adapter HDMI tersambung. Ketika penyambungan berhasil, tampilan home screen HP kamu akan segera ditampilkan di layar TV.


Untuk kamu ketahui, beberapa video atau media mungkin tidak bisa ditampilkan di TV karena pembatasan hak cipta, dan untuk cara menyambungkan HP Samsung ke TV no 3 itu direkomendasikan untuk kamu yang memiliki TV model lama yang belum memiliki fitur mirror ke TV. Kami sarankan juga untuk menggunakan perangkat pendukung asli Samsung, untuk mencegah segala bentuk kerusakan pada HP maupun TV yang mungkin terjadi.